Meningkatkan Praktik Pendidikan Melalui Aplikasi Pembelajaran Daring Sederhana Untuk Guru SMK Abdurrab Pekanbaru
https://doi.org/10.25311/bertuah/Vol1.Iss1.2193
Keywords:
Pembelajaran Daring, Pendidikan Kejuruan, Pemberdayaan Guru, Teknologi PendidikanAbstract
Pengabdian masyarakat ini berfokus pada pengembangan dan implementasi aplikasi pembelajaran daring sederhana yang bertujuan untuk meningkatkan praktik pendidikan bagi guru-guru kejuruan di Sekolah Menengah Kejuruan Abdurrab Pekanbaru. Latar Belakang: Kemajuan teknologi yang pesat di bidang pendidikan mengharuskan adopsi alat digital untuk memfasilitasi proses belajar mengajar yang efektif. Tujuan: Tujuan utama dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan guru-guru SMK dengan platform pembelajaran online yang mudah digunakan yang dapat meningkatkan metode pengajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa. Metode: Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan prinsip-prinsip desain yang berpusat pada pengguna untuk memastikan aplikasi ini memenuhi kebutuhan spesifik para guru. Sesi pelatihan dilakukan untuk membiasakan para guru dengan aplikasi ini, diikuti dengan fase uji coba untuk mengumpulkan umpan balik dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Hasil: Implementasi aplikasi pembelajaran online menghasilkan peningkatan kepuasan guru, peningkatan partisipasi siswa, dan lingkungan belajar yang lebih interaktif. Kesimpulan: Proyek ini menunjukkan bahwa alat digital yang sederhana dan mudah digunakan dapat secara signifikan meningkatkan praktik pendidikan di sekolah kejuruan. Kegiatan pengabdian masyarakat di masa depan harus mengeksplorasi dampak jangka panjang dari aplikasi semacam itu terhadap efektivitas pengajaran dan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.