Analisis Konten Rokok di Situs Web Berbagi Video YouTube: User Engagement Analysis

Penulis

  • Aditya Ramadona Universitas Gadjah Mada
  • Renie Cuyno Mellen
  • Ifa Najiyati
  • Zakiya Ammalia Farahdilla
  • Retna Siwi Padmawati

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol9.Iss3.1569

Kata Kunci:

TAPS, YouTube, digital public health, promosi kesehatan

Abstrak

Penetrasi internet dan media sosial di Indonesia semakin meningkat, dengan persentase pengguna terbesar berasal dari kaum muda. Internet dan media sosial dapat menjadi wahana untuk mempromosikan dan menjual produk kepada kaum muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan video di YouTube yang potensial didapatkan oleh seorang pengguna ketika menggunakan kata kunci "rokok" dalam pencarian. Kami berhipotesis bahwa video terkait rokok di YouTube dapat berisi materi yang mengacu pada kategori (1) tobacco advertising, promotion and sponsorship (TAPS); atau (2) Non-TAPS. Penelusuran YouTube dilakukan pada Oktober 2022, dan kami hanya mempertimbangkan video yang dipublikasikan selama Juni 2022. Kami mengklasifikasikan konten video ke dalam kategori TAPS dan Non-TAPS berdasarkan judul dan deskripsinya. Selanjutnya, Kami menganalisis jumlah yang melihat, menyukai, dan memberi komentar dari setiap video secara deskriptif. Kami memperoleh 210 video dan mengecualikan 24 video yang tidak terkait dengan tujuan studi. Sebagian besar  video masuk dalam kategori  TAPS (84%) dibandingkan dengan Non-TAPS (16%). Pada video Non-TAPS terdapat Iklan Layanan Masyarakat Anti Rokok (3%). Video yang masuk dalam kategori Non-TAPS sebagian besar diterbitkan oleh kanal Berita dan kanal Pemerintah (57%), sedangkan individu, termasuk UMKM dan pengecer, sebagian besar membuat video terkait TAPS (78%). Video terkait TAPS cenderung lebih banyak disukai dan dikomentari oleh pemirsa. YouTube adalah media potensial untuk mempromosikan kesehatan, sayangnya video terkait TAPS jauh lebih mudah ditemukan. Institusi kesehatan masyarakat perlu menghadirkan lebih banyak video terkait promosi kesehatan di YouTube agar mudah dijangkau oleh lebih banyak pemirsa, serta melibatkan kemitraan yang lebih luas untuk mempromosikan materi pendidikan kesehatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

World Health Organization. Statement: World No Tobacco Day 2020. Available link: https:// who.int/indonesia/news/detail/30-05-2020-statement-world-no-tobacco-day-2020

Riskesdas 2018. Riset Kesehatan Dasar, Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. 2018.

World Population Review. Smoking Rates by Country. 2022. Available link: https://worldpopulationreview.com/country-rankings/smoking-rates-by-country.

Tobacco Free Kids. The Toll of Tobacco in Indonesia. 2021. Available link: https:// tobaccofreekids.org/problem/toll-global/asia/indonesia.

Astuti, P. A. S., Assunta, M., and Freeman, B. Why is Tobacco Control Progress in Indonesia Stalled? – a qualitative analysis of interviews with tobacco control experts. BMC Public Health. 2020;527. https://doi.org/10.1186/s12889-020-08640-6.

Cavazos-Rehg, PA., Krauss, MJ., Spitznagel, EL., Grucza, RA., Bierut, LJ. Hazards of new media: youth's exposure to tobacco Ads/promotions. Nicotine Tob Res. 2014; 16(4): 437-44. doi: 10.1093/ntr/ntt168. Epub 2013 Oct 25. PMID: 24163285; PMCID: PMC3954423.

Putra, H. S., Rosemary, R., Yanuar, D., Ahsan, A. The Effect of Cigarette Advertising on Smoking of Students in Banda Aceh City, Indonesia, Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication,. 2020; 36(2): 348-363.

Zhu, J., Li, J., He, Y., Li, N., Xu, G., Yu, J. The Influence and Interaction of Exposure to Pro-Smoking and Anti-Smoking Messaging on Youth Smoking Behaviour and Susceptibility. Tob Induc Dis. 2019;17:86

Utari, O. R. A., Kusumawati, A., Husodo, B. T. Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Merokok Siswa SMP Usia 12-14 Tahun di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2020; 8(2): 298-303.

Republik Indonesia. Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. 2022. Sekretariat Kabinet RI, Deputi Bidang Perekonomian, Jakarta.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 2022. Profil Internet Indonesia 2022. SRA Consulting.

Vital Strategies Indonesia. How Indonesian Youth Are Being Hooked on E-Cigarettes Through social media. 2022. Available link: https:// vitalstrategies.org/how-indonesian-youth-are-being-hooked-on-e-cigarettes-through-social-media/

Freeman, B, and Chapman, S. Is “YouTube” telling or Selling You Something? Tobacco Content on the YouTube Video-sharing Website. Tob Control. 2007;16(3):207-210. doi: 10.1136/tc.2007.020024.

Luo, C., Zheng, X., Zeng, D.D., Leischow S. Portrayal of Electronic Cigarettes on YouTube. BMC Public Health. 2014.; 14: 1028. https://doi.org/10.1186/1471-2458-14-1028.

Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA). Tobacco Advertising, Promotion and Sponsorship Index. 2019. Available link: https://seatca.org/dmdocuments/SEATCA-Tobacco-advertising-promotion-sponsorship-index.pdf

World Health Organization. WHO framework convention on Tobacco Control, Guidelines for implementation of article 13. 2013. Available link: https://fctc.who.int/publications/m/item/tobacco-advertising-promotion-and-sponsorship

Peraturan Pemerintah No. 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Rosemary, R., Susilawati, N., Yanuar, D., Anisah, N, Idtris, M. Perceived Effectiveness of the Anti-Smoking Public Service Advertisement on YouTube (#SuaraTanpaRokok). Communicare. 2021;8(1): p1-9. Available link: https://journal.lspr.edu/index.php/communicare/article/download/235/111/882

Freeman. New Media and Tobacco Control. Tobacco Control. 2012; 21:139-144. http://dx.doi.org/10.1136/tobaccocontrol-2011-050193.

World Health Organization. Tobacco Industry Tactics: to attract younger generations. 2020. Link; https:// who.int/news-room/questions-and-answers/item/tobacco-industry-tactics-to-attract-younger-generations.

Soneji S, Knutzen KE, Moran MB. Reasons for engagement with online tobacco marketing among US adolescents and young adults. Tob Induc Dis. 2019 Jan 10;17:02. doi: 10.18332/tid/99540. PMID: 31582914; PMCID: PMC6751987.

Bigwanto M, Ramadhan FA, Wijayanto XAOnline e-cigarette promotion in IndonesiaTobacco Control Published Online First: 07 November 2022. doi: 10.1136/tc-2022-057568

Freeman, B., Watts, C., Astuti, P. A. S., Global tobacco advertising, promotion and sponsorship regulation: whats old, what’s new and where to next?, Tob Control. 2022; 31:216-221

Unduhan

Telah diserahkan

2023-06-23

diterima

2023-11-29

Diterbitkan

2024-01-16

Cara Mengutip

1.
Ramadona A, Mellen RC, Najiyati I, Farahdilla ZA, Padmawati RS. Analisis Konten Rokok di Situs Web Berbagi Video YouTube: User Engagement Analysis. J Keskom [Internet]. 16 Januari 2024 [dikutip 23 November 2024];9(3):567-76. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1569

Artikel Serupa

<< < 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.