open access

Accreditation Journal

  • agus alamsyah

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

AKREDITASI JURNAL

Jurnal Kesehatan Komunitas sudah terindeks di Portal Garuda, SINTA, Direktory of  Open Access Journals (DOAJ) dan beberapa pengindeks lainnya. Tahun 2019 Jurnal Kesehatan Komunitas merencanakan mengajukan akreditasi berkala ilmiah elektronik ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Menurut Permenristekdikti  No. 20  Tahun 2017 dinyatakan bahwa Jurnal Ilmiah Nasional terakreditasi B dari Kemristekdikti yang diterbitkan dalam salah satu bahasa PBB, terindeks di DOAJ dengan indikator green thick (centang dalam lingkaran hijau)  disetarakan/diakui sebagai jurnal internasional; dan Jurnal Ilmiah Nasional terakreditasi A dari Kemristekdikti yang diterbitkan dalam salah satu bahasa PBB, terindeks di DOAJ dengan indikator green thick (centang dalam lingkaran hijau)  disetarakan/diakui sebagai jurnal internasional bereputasi. Untuk mencapai Jurnal Kesehatan Komunitas terakreditasi minimal B, salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan manajemen jurnal yang baik dengan mengikuti kaidah atau ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kemenristekdikti diantaranya melewati proses peer review.


Adapun persyaratan akreditasi untuk berkala ilmiah elektronik berdasarkan surat edaran kemenristekdikti No 101/E5.2/SE/2018 tentang akreditasi berkala ilmiah elektronik adalah memiliki ISSN dalam versi elektronik (e-ISSN) dan atau cetak (p-ISSN) bila terbitan terbit dalam dua versi, sesuai data di laman http://issn.pdii.lipi.go.id; mencantumkan persyaratan etika publikasi (publication ethics statement) dalam laman website jurnal; terbitan berkala ilmiah harus bersifat ilmiah, artinya memuat artikel yang secara nyata mengandung data dan informasi yang memajukan pengetahuan, ilmu, dan teknologi serta seni; terbitan berkala ilmiah telah terbit paling sedikit 2 tahun berurutan, terhitung mundur mulai tanggal atau bulan pengajuan akreditasi; frekuensi penerbitan berkala ilmiah paling sedikit 2 kali dalam satu tahun secara teratur; jumlah artikel setiap terbit sekurang-kurangnya 5 artikel, kecuali jika berbentuk monograf; dan tercantum dalam salah satu lembaga pengindeks nasional (Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), Portal Garuda, Pustaka Iptek dan/atau yang setara).


Jurnal Kesehatan Komunitas telah memenuhi semua persyaratan tersebut di atas dan penilaian di Science and Technology Index (Sinta), Jurnal Kesehatan Komunitas berada di klaster S4. Berdasarkan hal tersebut, tim redaksi Jurnal Kesehatan Komunitas yakin bahwa akreditasi berkala ilmiah elektronik tersebut bisa dicapai tentunya dengan team work yang solid, baik antara tim redaksi, reviewer, penulis (author), maupun pihak  STIKes Hang Tuah Pekanbaru yang mendukung penerbitan Jurnal Kesehatan Komunitas.

How to Cite
1.
alamsyah agus. Accreditation Journal. KESKOM [Internet]. 27Mar.2018 [cited 23Sep.2018];3(5):164. Available from: http://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/236