Main Article Content

Abstract

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) adalah bangunan air yang berfungsi untuk mengolah air buangan yang berasal dari kegiatan yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan. Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan pengolahan air limbah sempat tidak berjalan sesuai dengan prosedur yang ada, karena adanya suatu kebocoran pada perpipaan IPAL. Tujuan penelitian yaitu diperolehnya informasi yang mendalam tentang analisis unsur manajemen dan fungsi manajemen dalam Pengolahan Air Limbah di RSUD Teluk Kuantan Tahun 2018.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif, dilaksanakan di RSUD Teluk Kuantan dengan jumlah informan sebanyak 5 orang yaitu, Kepala Seksi Sarana Prasarana, Karu IPSRS, Staf manajemen dan Staf IPAL 2 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk validitasi data digunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi data.


Hasil penelitian diperoleh tema-tema penting yaitu : Sumber Daya Manusia yang belum mencukupi (kekurangan 2 tenaga khusus) dan belum sesuai dengan basic ilmu (tidak adanya tenaga sanitasi dan kesehatan lingkungan, perencanaan dari manajemen  terhadap unsur manajemen  dan fungsi manajemen dalam IPAL belum terlaksana keseluruhannya, serta pengorganisasian di Instalasi Pengolahan Air limbah belum dilaksanakan, sehingga terjadi kerja rangkap yang menyebabkan kerugian kurang optimalnya pekerjaan yang dilakukan. Disarankan dalam pengelolaan air limbah agar dilakukan penataan manajemen terhadap unsur manajemen dan fungsi manajemen yang ada. Supaya pengelolaan terhadap air limbah dapat tertata dan berjalan dengan lebih baik.

Keywords

Wastewater Management Management System Wastewater, Management, Management System

Article Details

How to Cite
1.
Tonis M, Djuhaeni H, Arnawilis A. Analysis of Management Systems in Wastewater Processing at Regional Public Hospital in Teluk Kuantan 2018: Analisis Sistem Manajemen Dalam Pengolahan Air Limbah di Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan Tahun 2018. J Keskom [Internet]. 2020May28 [cited 2020Sep.24];6(1):13-8. Available from: http://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/344