Health Education: "Wisely Playing With Gadgets, Healthy And Happy Children" For School-Age Children In Labuh Baru Timur Village

Pendidikan Kesehatan: “Bijak Bermain Gadget, Anak Sehat Dan Ceria” Pada Anak Usia Sekolah Kelurahan Labuh Baru Timur

Authors

  • Fina Oktavia Universitas Riau
  • Rahmadhani Sahara Universitas Riau
  • Putri Adila Khairiya Universitas Riau
  • Dhea Annisa Savitri Universitas Riau
  • Repika Tri Yurni Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25311/jpkk.Vol5.Iss3.2405

Keywords:

gadget, anak usia sekolah, pendidikan kesehatan, school-age children, health education

Abstract

Technological advancements in the globalization era have caused a rapid increase in gadget usage, including among school-age children. Although gadgets offer benefits in supporting the learning process, excessive usage can negatively impact children's physical, psychosocial, and social health, such as sleep disturbances, decreased concentration, and addiction. This activity aims to increase the knowledge and awareness of school-age children regarding wise gadget usage so they can maintain physical and mental health, as well as form positive behaviors in daily life. The activity was conducted through health education and discussion with PowerPoint and leaflet media. Participants were school-age children (6–12 years old) at MDA Mesjid AlHidayah RW 06 Labuh Baru Timur. The activity was complemented with educational games. The result showed a significant increase in participants' knowledge scores, with an average pre-test score of 7.65 and an average post-test score reaching 9.83. It is expected that similar educational activities can be conducted sustainably by involving the roles of parents and teachers to monitor children's gadget usage, as well as creating an environment that supports the healthy and cheerful growth and development of children.

Abstrak

Kemajuan teknologi di era globalisasi menyebabkan penggunaan gadget meningkat pesat, termasuk di kalangan anak usia sekolah. Meskipun gadget memiliki manfaat dalam mendukung proses belajar, penggunaan berlebihan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik, psikososial, dan sosial anak, seperti gangguan tidur, penurunan konsentrasi, serta kecanduan. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak usia sekolah tentang penggunaan gadget secara bijak agar mereka dapat menjaga kesehatan fisik, mental, serta membentuk perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan dilakukan melalui pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan media PowerPoint dan leaflet dan disertai kegiatan permainan edukatif. Peserta adalah anak usia sekolah (6–12 tahun) di MDA Mesjid Al-Hidayah RW 06 Labuh Baru Timur. Kegiatan dilengkapi dengan permainan edukatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor pengetahuan peserta, dengan rata-rata skor pre-test sebesar 7,65 dan rata-rata skor post-test mencapai 9,83. Diharapkan kegiatan edukasi serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan melibatkan peran orang tua dan guru untuk memantau penggunaan gadget anak, serta menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak yang sehat dan ceria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fetriani, F., Zulyan, Z., Saputra, E., Hasibuan, M., & Lisdayanti, S. (2022). Penyuluhan Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-Anak. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 2(1), 7.

Nahdiyah, A. C. F., Chairy, A., Fitria, N., & Volta, A. S. (2024). Sisi Gelap Layar: Investigasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Psikologi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 1(4), 169– 175.

Tirtayanti, S., Majid, Y. A., & Hajj, A. (2021).Pengaruh Penggunaan Gedget Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Sekolah Dasar: Literature Review. 2(2), 1–7.

Wijayanti, A. E., Nur Anisah, & Andri Purwandari. (2021). Edukasi Smart Gadget pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 1(2), 36–43.

Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, M., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal On Education, 06(01), 307–316.

Magdalena, I., Insyirah, A., Putri, N. A., & Rahma, S. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gedget Pada Rendahnya Pola Pikir Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di SDN Gempol Sari Kabupaten Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3, 166–177.

Prakosha, D., Fashiha, A. A., & Kusumastuti, S. D. (2024). Bahaya Penggunaan Gadget Berlebihan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(1), 211–217.

Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gedget Terhadap Perkembangan Karakter Anak Sekolah Dasar. Indonesian Multidiscipline Of Social Journal, 3(1), 24–31.

Sauri, S., Sulastri, A., Hakim, A. R., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(3), 1167–1173. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3326

Downloads

Submitted

2025-11-18

Accepted

2025-12-02

Published

2025-12-15

How to Cite

Oktavia, F., Sahara, R., Khairiya, P. A., Savitri, D. A., & Yurni, R. T. (2025). Health Education: "Wisely Playing With Gadgets, Healthy And Happy Children" For School-Age Children In Labuh Baru Timur Village: Pendidikan Kesehatan: “Bijak Bermain Gadget, Anak Sehat Dan Ceria” Pada Anak Usia Sekolah Kelurahan Labuh Baru Timur. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 5(3), 103–110. https://doi.org/10.25311/jpkk.Vol5.Iss3.2405

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.