Systematic Riview: Permainan Ular Tangga tentang Protokol Kesehatan Covid-19 dan Edukasi Kesehatan Anak Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol8.Iss3.1099Kata Kunci:
permainan ular tangga, Covid-19 protocol, edukasi anak sekolahAbstrak
Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan pandemi yang di akibatkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARSCoV-2)Mahasiswa mampu untuk melaksanakan Evidence Based Practice, merumuskan dan menganalisa jurnal tentang ular tangga dan Covid-19 serta edukasi kesehatan. Metode penelitian ini adalah sistematic review. Dengan mencari jurnal-jurnal sesuai dengan keyword Pengaruh Permainan Ular Tangga Modifikasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Terhadap Protokol Kesehatan Covid-19 dan Edukasi kesehatan pada Anak Sekolah. Artikel di ditelusur melalui Proquest and scholar. Jumlah artikel yang di dapatkan terdapat 449 artikel setelah dipilah menggunakan prisma didapatkan artikel berjumlah 10 artikel. Modifikasi permainan ular tangga dapat memberikan keterikatan pada pemain dengan instruksi melalui konten edukasi tentang protokol kesehatan, keterlibatan pemain telah diuji secara signifikan dengan variabel konten bermain merupakn aspek dominan yang mempengaruhi keterlibatan anak peserta. Ular tangga juga bisa digunakan untuk promosi kesehatan program lain dibidang kesehatan, edukasi nutrisi memakai bahan media ular tangga dapat menghasilkan signifikansi perubahan pengetahuan anak. Media promosi tersebut sangat menarik dan membuat antusias sampai anak-anak menikmati proses edukasi mereka dengan benar. Studi ini diinginkan untuk menjadi bahan referensi untuk perawat ataupun tenaga kesehatan dalam mengembangkan media pembelajaran tentang ular tangga tentang protokol kesehatan COVID-19.
Unduhan
Referensi
Setiawan. Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). 2020;2(1):28–36.
Jawad MJ, Abbas MM, Jawad MJ, Hassan SM, Hadi NR. Mental Health and Psychosocial Considerations Post Covid-19 Outbreak. Wiad Lek. 2021;74(12):3156–9.
Kemenkes. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. 2020;2019.
Pangkahila JA. Pengaturan Pola Hidup dan Aktivitas Fisik Meningkatkan Umur Harapan Hidup. Sport Fit J. 2013;1.
Afandi R. Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Islam Yapita merupakan. 2015;77–89.
Ardiansyah N, Sarwanti S, Tidar U, Artikel H. Abdipraja : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Penanaman Pola Hidup Sehat Pada Anak-Anak Dusun Dowakan Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 ( SARS-. AbdiPrajaJurnal Pengabdi Masy Vol 1, No1, Oktober 2020. 2021;1(1):172–6.
Hasanah A, Sri Lestari A, Rahman AY, Danil YI. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilm Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020 [Internet]. 2020;4–8. Available from: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565
Fadlillah M, Setyowahyudi R. Ultaco Game Development as a Media to Introduce Covid-19 Health Protocol in Early Childhood. AL-ISHLAH J Pendidik. 2021;13(1):485–96.
Seruni, Mulyatna F, Nurrahmah A. PKM Inovasi Pembelajaran Matematika SD / MI Melalui Permainan Ular Tangga. Selaparang J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2019;3(November):75–80.
Ariessanti HD, Gaol FL, Supangkat SH, Ranti B. Snake and digital ladder applications involving the behavior of children applying the health protocols. J Phys Conf Ser. 2021;1869(Ancoset 2020):1–7.
Musta M, Novichasari SI. Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Permainan Ular Tangga. 2021;9–13.
Kurniasih R. Media ular tangga jejak petualang sebagai media. Cakrawala Dini Vol 5 No 2, Novemb 2014. 2014;119–25.
Irawan, Andi MAW. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. J Inov dan Teknol Pembelajaran,. 2016;1(4 April 2016):338–48.
Pramita, Amilia RA. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas Xi Sma Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Unesa J Chem Educ. 2016;5(2):336–44.
Yuningsih E. UTE (Ular Tangga Edukatif ) : Permainan Edukatif Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Menciptakan Penunjang Pembelajaran yang Menyenangkan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Didact Math. 2019;2(1):36.
Yanuarsari DH. Pendekatan Komunikasi SMCR dalam Perancangan Permainan Life-Sized Game Ular Tangga “ Postcov .” 2021;05(01):69–79.
Golchai B, Nazari N, Hassani F, Nasiri E. Snakes and ladders : a new method for increasing of medical students excitement. Procedia - Soc Behav Sci [Internet]. 2012;47:2089–92. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.954
Amin ML, Sulistyorini S. The Increase of Students Science Cognitive using Snake Ladder Media. J Prim Educ 9 68 – 74 [Internet]. 2020;9(1):68–74. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/28754%0AThe
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Kesehatan Komunitas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium