Penerapan Aplikasi Sehati Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa/i SMA NU Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol8.Iss3.1252Abstrak
Pengetahuan yang meningkat dan sikap remaja mengenai kebersihan kesehatan reproduksi salah satu caranya adalah melalui penyampaian materi pendidikan kesehatan berupa aplikasi layanan keperawatan kesehatan reproduksi remaja berbasis android/IOS yang salah satu manfaatnya dapat memberikan pelayanan kesehatan reproduksi remaja (1). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan penilaian penerapan aplikasi sehati terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja (KRR) pada Siswa di SMA NU Kota Palembang . Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awaltes akhir kelompok tunggal). sampel penelitian diperoleh dengan metode Simple Random sampling sebanyak 70 sampel yang berasal dari kelas 10, 11 dan 12. Hasil Uji wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai yang signifikan pada ke 6 variabel (α <0,005 ) dimana semua variabel diperoleh p-value 0,000. Berdasarkan hasil analisis statistik diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil posttest dengan menggunakan Aplikasi SEHATI dalam meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi pada siswa SMA NU Palembang.
Unduhan
Referensi
Indriyani D, Apriyatmoko R, Mawardika T. Peningkatan Akses Remaja Pada Layanan Program Kesehatan Reproduksi Dengan Penerapan Aplikasi Layanan Keperawatan Kesehatan Reproduksi Remaja (Lawan Roma) Di Smp N 2 Bawen Kabupaten Semarang. J Holistics Heal Sci. 2019;1(1):89–98.
Johariyah A, Mariati T. Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Pemberian Modul Terhadap Perubahan Pengetahuan Remaja. J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo. 2018;4(1):38.
Mawardika T, Indriani D, Liyanovitasari. Peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi melalui pendidikan kesehatan berupa aplikasi layanan keperawatan kesehatan reproduksi remaja (lawan roma) di smp wilayah kerja puskesmas bawen kabupaten semarang. 2019;8:99–198.
Muflih. Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Berhubungan Dengan Kepercayaan Diri Remaja Untuk Menghindari Seks Bebas. J Keperawatan [Internet]. 2014;5(1):23–30. Available from: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/1857
Arfan M, Wilopo SA, Wahyuni B. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Melalui E- File Multimdia Materi KRR Dan Tatap Muka Di Kelas Terhadap Peningkatan Effectivnes Of Health Education Through Multimedia E-file And. Ber Kedokt Masy. 2010;26(3):107–14.
Aeni N, Prihatin T, Utanto Y. Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. Innov J Curric Educ Technol. 2017;6(2):27–38.
Hastjarjo TD. Rancangan Eksperimen-Kuasi. Bul Psikol. 2019;27(2):187.
Kumalasari I, Ridawati ID, Jaya H. Efektifitas Pemanfaatan Komik Elektronik dalam Mengenal Penyebab, Tanda, Gejala, Upaya dan Perilaku Pencegahan Keputihan Patologis. J Kesehat Komunitas. 2022;8(1):102–8.
Andhini NA, Farsida. Hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja putri tentang kesehatan reproduksi dengan kejadian dismenore di sman 4 depok tahun 2014. J Kedokt Dan Kesehat [Internet]. 2016;12(1):107–15. Available from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JKK/article/viewFile/1553/1354
Assidiqi MH, Sumarni W. Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Pros Semin Nas Pascasarj [Internet]. 2020;298–303. Available from: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519
Kumalasari I, Jaya H. Penerapan Health Belief Model dalam Tindakan Pencegahan Keputihan Patologis. … (Journal Public Heal Res … [Internet]. 2021;5(3):452–62. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/44227
Aeni N, Yuhandini DS. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Care J Ilm Ilmu Kesehat. 2018;6(2):162.
Safira A, Rohayati R, Amalia AL, Aeini F, Safitri A, Azmi D, et al. Penerapan Aplikasi Berbasis SMS , Game dan Android dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja : Literatur Review. 2022;10(1):78–86.
Amaliyah S, Nuqul FL. Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pendidikan Seks untuk Anak. Psympathic J Ilm Psikol. 2017;4(2):157–66.
Ningsih R, Jaya H, Amin M, Kumalasari I, Kemenkes Palembang P, Selatan S. Perawatan Kesehatan Reproduksi pada Perempuan di Era New Normal Reproductive Health Care Women in the New Normal Era. J Abdikemas [Internet]. 2021;3(2):143–9. Available from: https://doi.org/10.36086/j.abdikemas.v3i1
Novaeni N, Dharminto, Agusyahbana F, Mawarni A. Pengembangan Aplikasi Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi Di Sma Pius Kabupaten Purworejo Tahun 2017. J Kesehat Masy. 2018;6(1):138–47.
Azmi N. Potensi Emosi Remaja dan Perkembangannya. 2015;2(1):36–46. Available from: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/50/49
Sri Madinah, M. Zen Rahfiludin SAN. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Thd Tingkat Pengetahuan Tentang Pendewasaan Usia Perkawinan. J Kesehat Masy. 2017;5(1):332–40.
Montoh A, Sumayku J, Palilingan VR. Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik J Pendidik Teknol Inf dan Komun. 2021;1(2):111–8.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Kesehatan Komunitas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium