Perbedaan Efektivitas Edukasi dengan Metode Demonstrasi dan Video Pijat Bayi terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Ibu

Penulis

  • Bania Mandalin Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Kebidanan Bandung
  • Yulia Ulfah Fatimah Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Kebidanan Bandung
  • Ida Widiawati Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Kebidanan Bandung
  • Suparman Suparman Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Gizi

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol10.Iss3.1850

Abstrak

Di Indonesia, 29,9% kasus stunting tidak terdiagnosis, dan angka ini meningkat hingga 70% di seluruh dunia. Bayi bisa mendapatkan manfaat dari berbagai bentuk rangsangan, termasuk pijat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemanjuran video tutorial pijat bayi dibandingkan metode tradisional dalam mengajarkan perawatan yang tepat kepada ibu baru. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. desain menggunakan dua kelompok perlakuan sebagai pengganti kelompok kontrol. Pada setiap kelompok intervensi, sampel penelitian terdiri dari 33 ibu yang bayinya berusia antara 1 hingga 12 bulan. Proses pengambilan sampel menggunakan probabilitas sampling. Untuk menganalisis data menggunakan metode univariat, kami menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan keterampilan, dan untuk mengetahui perbedaan efektivitas intervensi, kami menggunakan uji Mann Whitney. Tingkat pengetahuan ibu sebelum dan sesudah intervensi ditunjukkan dengan hasil uji Wilcoxon. Keterampilan yang diperoleh serta pengetahuan dan keterampilan kelompok video menunjukkan nilai p sebesar 0,000 < 0,05 setelah intervensi video. Oleh karena itu, pada kelompok yang menjalani demonstrasi, nilai p untuk pengetahuan adalah 0,002 < 0,05 dan untuk keterampilan adalah 0,000 < 0,05. Artinya hasil pengetahuan dan keterampilan pada kelompok tersebut berbeda. Baik metode demonstrasi maupun video pijat bayi tidak berbeda secara signifikan efektivitasnya dalam hal pendidikan ibu, menurut uji Mann-Whitney (nilai P = 0,201). Hasil uji keterampilan untuk kedua intervensi signifikan secara statistik (P = 0,000), yang menunjukkan bahwa metode edukasi video mempunyai dampak yang berbeda terhadap keterampilan ibu dibandingkan metode demonstrasi. Dampak yang didapat dari demonstrasi yaitu pengetahuan ibu meningkat dan ibu dapat memberikan pijat bayi dengan benar. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Umiyah, A., Irwanto, I. & Purnomo, W. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Pengisian Buku Kia Oleh Ibu Terhadap Stimulasi Dan Perkembangan Anak Usi 0-3 Tahun Di Puskesmas Tambak Pulau Bawean-Gresik. Bul. Penelit. Sist. Kesehat. 22, 73–80 (2019).

2. Ariani, A. & Yosoprawoto, M. Usia Anak dan Pendidikan Ibu sebagai Faktor Risiko Gangguan Perkembangan Anak. J. Kedokt. Brawijaya 27, 118–121 (2012).

3. Tama, N. A. & Handayani, H. Determinan Status Perkembangan Bayi Usia 0 – 12 Bulan. J. Mhs. BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia 7, 73 (2021).

4. Puspita, L. & Umar, M. Y. Perkembangan motorik kasar dan motorik halus ditinjau dari pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Wellness Heal. Mag. 2, 121–126 (2020).

5. Dinas Kesehatan Kota Bandung. Profile Kesehatan Kota Bandung Tahun 2020. Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952. 5–24 (2020).

6. Aditya, N. Handbook for NEW MOM. (2018).

7. Maylasari, I. et al. Analisis Perkembangan Anak Usia Dini Indonesia 2018 – Integrasi Susenas dan Riskesdas 2018. Badan Pusat Statistik, Jakarta–Indonesia (2018).

8. Rosidi, I. Y. D. & Purnamasari, L. Sosialisasi dan Simulasi Tentang Pemijatan Bayi Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Bayi. To Maega J. Pengabdi. Masy. 4, 63 (2021).

9. WHO. WHO recommendations on maternal and newborn care for a positive postnatal experience. World Health Organization (2022).

10. Riksani, R. Cara Mudah & Aman Pijat Bayi. (Dunia Sehat, 2012).

11. Reeves, S. et al. Interprofessional education: Effects on professional practice and health care outcomes. Cochrane Database Syst. Rev. (2008). doi:10.1002/14651858.CD002213.PUB2

12. Sari, P. Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Dalam Memilih Media. J. Manaj. Pendidik. 1, 42–57 (2019).

13. Purwono, Joni, dkk. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. J. Teknol. Pendidik. Dan Pembelajaran. 2, 127–144 (2014).

14. Nurfadhillah, S., Ramadan, F. C. T., Afianti, N. A., Huzaemah & Erdian, A. E. Pengembangan Media Video Pada Pelajaran. Pandawa J. Pendidik. dan Dakwah 3, 333–343 (2021).

15. Endayani, T., Rina, C. & Agustina, M. Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya J. Ilm. Pendidik. MI/SD 5, 150–158 (2020).

16. Fince, Ramadhan, A. & Gagaramusu, Y. Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyebab Benda Bergerak di Kelas I SD Kecil Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. J. Kreat. Tadulako Online 3, 1–22 (2015).

17. Siedlecki, S. L. Quasi-Experimental Research Designs. Clin. Nurse Spec. 34, 198–202 (2020).

18. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Alfabeta, 2017).

19. Dutta, S. Teaching of Geography through Dale’s Cone of Experience. Adamas University (2020). Available at: https://adamasuniversity.ac.in/teaching-of-geography-through-dales-cone-of-experience/. (Accessed: 12th May 2023)

20. Riva, A., Kumboyona & Kapti, R. PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA FLIPCHART KARTUN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP CUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KRENCENG. BIMIKI 4, (2016).

21. Nurhaliza, S., Amir, Y. & Nopriadi. Perbandingan Efektifitas Media Audio Visual Dan Modul Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Mahasiswa S1 Keperawatan Dalam Melakukan Alih Baring. Heal. Care J. Kesehat. 10, 69–77 (2021).

22. Anwar, I. M. D., Juniartha, I. G. N. & Suindrayasa, I. M. Perbandingan Efektivitas Penggunaan Video Animasi dengan Video Demonstrasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar Remaja. J. Keperawatan 14, 55–66 (2022).

23. Addiarto, W. Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Audio Visual Dan Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Skill Resusitasi Jantung Paru (Rjp) Pada Mahasiswa Keperawatan. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan) 1, 83–88 (2018).

24. Wardani, R. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Ibu Dalam Memilih Makanan Sehari Hari Dalam Keluarga Di Rt 25 Rw 09 Lingkungan Tirtoudan Kelurahan Tosaren. J. EduHealth 3, 245223 (2013).

25. Asrori. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. (CV.Pena Persada, 2020).

26. Handayani, S., Fiza, Z. N. & Surleni, I. N. Perbedaan Efektivitas Metode Demonstrasi dan Pemutaran Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa SDN 043/XI Koto Renah. J. Sehat Mandiri 17, 37–47 (2022).

27. Purwati, E. Perbedaan Hasil Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Audiovisual dan Demonstrasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Sadari di SMPN 3 Pagedongan Banjarnegara. Proc. Ser. Heal. Med. Sci. 4, 1–9 (2023).

28. Hartutik, S. & Pradani, A. D. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Media Audio Visual ( Video ) Dan Demonstrasi Terhadap Ketrampilan Praktik Sadari. Indones. J. Med. Sci. 7, 20–26 (2020).

29. Yusniawati, Y. N. P., Maharyawan, I. W. A. & Robani, A. Differences in the Effectiveness of the Direct Demonstration Method and Video Screening of First Aid in Traffic Accidents on the Increase in Knowledge of Senior High School Students. Nurse Heal. J. Keperawatan 9, 133–138 (2020).

30. Yudianto, A. Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Semin. Nas. Pendidik. 2017 234–237 (2017).

31. Susilawati, S. Perbandingan Efektifitas Metode Demonstrasi dan Video Terhadap Peningkatan Motivasi Remaja Dalam Praktik Metode Sadari. (2019).

32. Andriyani, R. & Sari, R. B. Relationship Of Mother Attitude About Infant Massage With Mother Behavior In Baby Massage At Posyandu Sidomulyo Health Center Area, Pekanbaru. J. Kesehat. Komunitas 2, 270–273 (2015).

Unduhan

Telah diserahkan

2024-05-08

diterima

2024-12-06

Diterbitkan

2025-02-15

Cara Mengutip

1.
Mandalin B, Fatimah YU, Widiawati I, Suparman S. Perbedaan Efektivitas Edukasi dengan Metode Demonstrasi dan Video Pijat Bayi terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Ibu. J Keskom [Internet]. 15 Februari 2025 [dikutip 23 Februari 2025];10(3):626-35. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1850