Penilaian Penerapan Protokol Kesehatan COVID-19 dalam Situasi Pandemi di PT. Bank XYZ Tbk, Medan, Indonesia

Penulis

  • Nabila Syahlan Postgraduate Student of Department of Occupational Health and Safety, Faculty of Public Health, Universitas Indonesia, Depok, West Java, 16424, Indonesia
  • Herlina J. EL-Matury Public Health Faculty, Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua, Deli Serdang, North Sumatra, 20355,

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol10.Iss3.1886

Abstrak

Latar Belakang: Pada masa pandemi COVID-19 pada bulan Maret 2020 hingga Februari 2022, diterapkan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar di tempat kerja. Pemerintah menerapkan pembatasan jumlah pekerja di tempat kerja dengan menerapkan protokol COVID-19 di tempat kerja dan bekerja dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan protokol COVID-19 di PT. Kantor Bank XYZ Medan. Metode: Penelitian deskriptif observasional memberikan gambaran yang jelas dengan mengamati secara langsung kondisi yang terjadi untuk melihat bagaimana penerapan protokol COVID-19 di PT. Kantor Bank XYZ Medan. Metode kuantitatif digunakan. Instrumennya adalah ketentuan Protokol Kesehatan dari Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 328 Tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri untuk Mendukung Keberlangsungan Usaha dalam Situasi Pandemi. Hasil: Penerapan protokol kesehatan COVID-19 di PT. Bank XYZ kantor Medan mempunyai tingkat pencapaian “Sangat Baik”. Perusahaan dapat mempertahankan penerapan protokol COVID-19 yang ada di masa pandemi untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di perusahaan. Kesimpulan: PT. Bank XYZ tetap menjaga penerapan protokol COVID-19 apabila pandemi ini belum dinyatakan berakhir oleh pemerintah Republik Indonesia, dan kedepannya dapat dilakukan perbaikan untuk mencegah penularan penyakit lainnya. Karyawan harus tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan perusahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Lestari F, Thabrany H, Haryanto RB, Fatmah, J. EL-Matury H. Indonesia’s Experience in COVID-19 Control. 2020.

[2] Aspan H. Legal Basis for the Implementation of Work from Home Amid The COVID-19 Pandemic in Indonesia. J Humanities Soc Sci 2021;6:116–21. https://doi.org/10.36348/sjhss.2021.v06i04.002. DOI: https://doi.org/10.36348/sjhss.2021.v06i04.002

[3] Ministry of Manpower Republic of Indonesia. Surat Edaran Menaker Nomor M/3/HK.04/III/2020 tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19. 2020.

[4] Pratama MR, Supriyadi A, Sari N. Assessment of precautionary measures against COVID-19 in Indonesian workplaces. Int J Publ Health Sci 2021;10:281–8. https://doi.org/10.11591/ijphs.v10i2.20663. DOI: https://doi.org/10.11591/ijphs.v10i2.20663

[5] Cucinotta D, Vanelli M. WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomedica 2020;91:157–60. https://doi.org/10.23750/ABM.V91I1.9397.

[6] Lestari F, Cook M, Johnstone K, Wardhany MS, Modjo R, Widanarko B, et al. COVID-19 in the Workplace in Indonesia. Sustainability (Switzerland) 2022;14. https://doi.org/10.3390/su14052745. DOI: https://doi.org/10.3390/su14052745

[7] WHO. Risk assessment and management of exposure of health workers in the context of COVID-19: interim guidance 19 March 2020. 2020.

[8] MOH. KMK No. HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada situasi Pandemi. 2020.

[9] Yunida Helvi. Pengaruh PPKM Darurat dan Protokol Kesehatan 5M Terhadap Penurunan COVID-19. Journal of Innovation Research and Knowledge 2021;1. https://doi.org/10.53625/jirk.v1i4.322.

[10] Nur Fauziah H, Nur Fakhriyah A, Abdurraohman. Analisis Risiko Operasional Bank Syariah Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Intaj Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 2020;6. DOI: https://doi.org/10.29300/aij.v6i2.3358

[11] Srihermanto B, Rispawati D, Susanti MA, Kurniati N. Partisipasi Karyawan Menjalankan Protokol Kesehatan Mengantisipasi Covid-19 Di Pt. Bank Ntb Syari’ah Capem Kediri. Journal of Innovation Research and Knowledge 2022;1. https://doi.org/10.53625/jirk.v1i8.1090.

[12] Mandiri. Kantor Cabang Bank Mandiri Tetap Beroperasi 2020. https://bankmandiri.co.id/ (accessed July 23, 2024).

[13] Kurniawan A. Pelaksanaan PPKM dalam Penanganan Kasus COVID-19 dan Evaluasinya. Kementrian Keuangan RI 2020. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14314/Pelaksanaan-PPKM-dalam-Penanganan-Kasus-COVID-19-dan-Evaluasinya.html (accessed July 23, 2024).

[14] Mandiri. Kebijakan PPKM 2020. http://bankmandiri.co.id (accessed July 23, 2024).

[15] Adelia A. Penerapan standar operasional prosedur (SOP) terhadap pelayanan prima Customer Service (CS)pada baitul maal wa tamwil (BMT) Marhamah Wonosobo cabang Leksono. 2019.

[16] Maulida Si. Analisis Pelaksanaan Standard Operating Procedure Pelayanan Operasional Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Bank Bjb Cabang Kota Sukabumi. Intelektiva 2022;3.

[17] Oktafia TG, Siregar WB, Geovani E. Analisis Kebijakan Perbankan Terhadap Nasabah Terdampak Covid-19 Dan Sektor Internal Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Journal of Comprehensive Science (JCS) 2023;2. https://doi.org/https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.422. DOI: https://doi.org/10.59188/jcs.v2i7.422

[18] Mandiri. Bank Mandiri terapkan protokol anti virus corona 2020. https://bankmandiri.co.id/ (accessed July 23, 2024).

[19] Sambas Putra A, Gumilar I, Ulfah A. The Impact Of Incentive, Occupational Safety, And Organizational Commitment Towards Employee Performance During The Covid-19 Pandemic. Central Asia & the Caucasus 2022;3. https://doi.org/10.37178/ca-c.23.1.217.

[20] Diah Ekasari W. Management Of Occupational Health And Safety During The Covid-19 Pandemic: Facts And Challenges. Afebi Management and Business Review 2021;6. DOI: https://doi.org/10.47312/ambr.v6i2.402

[21] Suprianto S, Fitryani V, Rahim A, Rachman R, Dwiyanto Pamungkas B. Implementation of Occupational Safety and Health Policies During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 2020. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.076

[22] Mardhiyaturrositaningsih, Syarqim Mahfudz M. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Manajemen Industri Perbankan Syariah: Analisis Komparatif. Point Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 2020;2. DOI: https://doi.org/10.46918/point.v2i1.576

[23] Ansyori A, Khakim A. Protection for Work Accident’s and Occupational Diseases During the Covid-19 Pandemic 2011;4:52–9. DOI: https://doi.org/10.47194/orics.v4i2.223

[24] Dewi YK, Probandari A. Covid-19 risk factors and health protocol compliance among mall employees and officers in Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat 2021;37:21. https://doi.org/10.22146/bkm.59065. DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.59065

[25] Fahriansyah W, Rahmandany K, Sadhana W, Wiyani W. Policy of the Mayor of Surabaya, Indonesia Regarding Health Protocols in the Context of Preventing Covid-19. International Journal of Advances in Engineering and Management (IJAEM) 2022;4:2395–5252. https://doi.org/10.35629/5252-04092933.

Telah diserahkan

2024-06-18

diterima

2024-07-26

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

1.
Syahlan N, J. EL-Matury H. Penilaian Penerapan Protokol Kesehatan COVID-19 dalam Situasi Pandemi di PT. Bank XYZ Tbk, Medan, Indonesia. J Keskom [Internet]. 30 September 2024 [dikutip 20 Oktober 2024];10(3):457-6. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1886