Pengaruh Media Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang Baik dan Benar di SD Yaspenhan Medan Marelan

Penulis

  • Arifin Shaleh Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meutia Nanda Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Zata Ismah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol10.Iss2.1930

Abstrak

SD Yaspenhan Medan Marelan masih belum melengkapi untuk fasilitas kegiatan mencuci tangan pakai sabun (CTPS) seperti tidak adanya sabun ditempat cuci tangan tersebut dan tidak terdapat media promosi kesehatan berupa poster atau leaflet di sekitaran lingkungan sekolah. Terdapat beberapa siswa/i yang masih belum memahami perihal kebiasaan mencuci tangan pakai sabun (CTPS), belum adanya penerepan yang dilakukan di SD tersebut dan juga masih dapat dikatakan pengetahuan dan sikap yang minim mengenai cuci tangan pakai sabun (CTPS). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media audio visual terhadap tingkat pengetahuan dan sikap cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar pada siswa kelas III dan IV. Metode penelitian ini menggunakan Eksperimental Design dengan rancangan penelitian “One Grup Pretest Posttest Design”. Dengan sampel 75 siswa yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan sebesar 69 siswa (92,0%) dan untuk sikap siswa sebesar 65 siswa (86,7%) kategori baik. Berdasarkan hasil uji non parametrik Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai p-value = 0.000 (p<0.05) yang berarti menunjukkan adanya pengaruh media audio visual terhadap tingkat pengetahuan dan sikap cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar pada siswa kelas III dan IV di SD Yaspenhan Medan Marelan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikannya intervensi video animasi cuci tangan pakai sabun. Saran yang diberikan yaitu untuk melakukan pendidikan kesehatan secara rutin dengan berkerjasama dengan fasilitas kesehatan terkait pemberian pendidikan kesehatan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) guna meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa/i mengenai pentingnya cuci tangan yang baik dan benar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Widawati, Ardayani T, Nyman CL. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Mencuci Tangan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Mencuci Tangan Siswa SDN 1 Cibadak. Vokasi keperawatan. 2024;84–93.

2. Nugroho T, Rosidah S. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak SD Kelas 2. J Kesehat. 2020;VIII(1):41–8.

3. Kemenkes RI. Rencana Aksi Nasional 2022-2030 Cuci Tangan Pakai Sabun. Pap Knowl Towar a Media Hist Doc. 2020;7(2):107–15.

4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Opsi Sarana CTPS. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2020. 48 p.

5. Septriana N, Frisilia M, Ovany R. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah dan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS ) pada Siswa / i Kelas V di SDN 12 Langkai Kota Palangka Raya The Effect of Health Education Using the Lecture Metho. J Surya Med. 2024;10(2):302–9.

6. Allo OA, Bannepadang C, Silamba J. Pengaruh Penyuluhan Melalui Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Bangkelekila’ Kabupaten Toraja Utara Tahun 2021. J Kesehat Promot. 2021;(June):1–13.

7. Adista NF, Yulvia NT, Banten KA. Pengaruh Penyuluhan Mencuci Tangan Dengan Media Poster Terhadap Praktik Cuci Tangan Pada Kelompok Usia Anak Sekolah. J Ris Kebidanan Indones. 2021;5(2):99–102.

8. Alsa Ramadhan M. Pengaruh Promosi Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Melalui Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa/i Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu; 2020.

9. Yanti M, Alkafi A, Bustami B. Perbedaan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa SD. Jik- J Ilmu Kesehat. 2019;3(2):80.

10. Jatmika SED, Maulana M, Kuntoro, Martini S. Buku Ajar Pengembangan Media Promosi Kesehatan. Khuzaimah E, editor. K-Media. Yogyakarta: K-Media; 2019. 1–282 p.

11. Fajar MM, Eka Murtinugraha R, Arthur R. Efektivitas Media Video Animasi Pada Pembelajaran Bersifat Teori. Pros Semin Pendidik Kejuru dan Tek Sipil (E-Journal. 2023;1(3):148–63.

12. Indah Sari DN. Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tingkat SD/MI. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung; 2021.

13. Parasyanti NKV, Yanti NLGP, Mastini IGAAP. Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. J Akad Baiturrahim Jambi. 2020;9(1):122–30.

14. Sofiana C, Ginting D, Ginting D, Ginting D, Sinaga TR, Sinaga TR, et al. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Sekolah Di Kabupaten Aceh Timur. J Kedokt dan Kesehat Publ Ilm Fak Kedokt Univ Sriwij. 2023;10(1):1–8.

15. Trisnawati, Nurvinanda R, Ardiansyah. Pengaruh Pemberian Edukasi Kesehatan Cuci Tangan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Anak Usia Sekolah. Indones J Nurs Heal Sci. 2023;4(2):95–104.

16. Abbie FN. Pengaruh Promosi Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Asma Pada Siswa SDN 11 Kota Bengkulu. Vol. 53, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu; 2020.

Unduhan

Telah diserahkan

2024-07-29

diterima

2024-08-14

Diterbitkan

2024-09-19

Cara Mengutip

1.
Lubis AS, Nanda M, Ismah Z. Pengaruh Media Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang Baik dan Benar di SD Yaspenhan Medan Marelan. J Keskom [Internet]. 19 September 2024 [dikutip 22 November 2024];10(2):377-84. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1930