Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Kudungga

Penulis

  • Indri Marinda Universitas Mulawarman Samarinda
  • Ratno Adrianto Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol11.Iss2.2158

Abstrak

Pelayanan kesehatan dievaluasi berdasarkan kualitas layanan yang diberikan melalui parameter yang mengukur kepuasan pasien. Terdapat banyak keluhan masyarakat mengenai pelayanan yang disediakan oleh RSUD Kudungga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berkaitan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kudungga. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Variabel independen mencakup akses, proses penerimaan, waktu tunggu, lingkungan fisik, konsultasi dokter, dan informasi pasien, sedangkan variabel dependen adalah kepuasan pasien rawat jalan. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat jalan di RSUD Kudungga per Desember 2023 sebanyak 3.373 orang. Teknik sample adalah purposive sampling, total sampel ada 358 orang berdasarkan perhitungan Slobin. Data dianalisis menggunakan Spearman Rank dan regresi logistik ganda. Hasil menunjukkan faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja pegawai Puskesmas; akses ( 0.0001), proses saat diterima ( 0.0001), waktu tunggu (0.0001), lingkungan fisiknya (0.015), konsultasi dokter (0.0001), dan informasi kepasien ( 0.0001). Pada variabel dominan adalah proses penerimaan dengan 5.24 (95% CI OR = 2.585-10.656). Kesimpulannya adalah kepuasan pasien akan tinggi jika pelayanan diberikan adalah baik dimulai dari penerimaan, fasilitas Rumah Sakit, tenaga kesehatan serta akses menuju ke fasilitas pelayanan kesehatan. Disarankan agar manajemen Rumah Sakit melakukan evaluasi terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit melalui saran dan kritik dari pasien yang berobat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

[1] Bajamal, D., Supriyantoro, & Anindita, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan pada Industri Jasa Rumah Sakit. Journal of Hospital Management. Vol. 3 No. 1.

[2] Surachman, S. S., & Agustina, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di RSIA Kartini Padalarang. Jurnal Simki Economic, 6 (2), 421-429

[3] Romadhona, N., Muhardi, M., & Kesumah, N. (2020). Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien rumah sakit. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 1(2), 114-120

[4] Abdulaziz Bajamal, D., Supriyantoro, & Anindita, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan pada Industri Jasa Rumah Sakit. Journal of Hospital Management. Vol. 3 No. 1.

[5] Sha Liu (2021). The Impact of Patient Satisfaction on Patient Loyalty with the Mediating Effect of Patient Trust. National Library Of Medicine. DOI: doi: 10.1177/00469580211007221

[6] An-Jin Shie (2022). Exploring the Relationship Between Hospital Service Quality, Patient Trust, and Loyalty From a Service Encounter Perspective in Elderly With Chronic Diseases. Public Health. DOI: 10.3389/fpubh.2022.876266

[7] Anisah. A., Rohendi, A., & Rahim, A. H.(2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Paru Karawang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 9151-9164.

[8] Kepmenkes Nomor 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit

[9] Barnett,M.L (2022). Trends in Outpatient Care for Medicare Beneficiaries and Implications for Primary Care, 2000–19. Public Health.2;174(12):1658–1665. doi: 10.7326/M21-1523

[10] Rosmanely. (2023) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien PTM di UPTD Puskesmas Tosora. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia. Vol. 6 No 3. P538-544.

[11] Pohan. (2017). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-dasar pengertian dan penerapan. Jakarta: EGC Buku Kedokteran.

[12] Esty. (2023). Kualitas Pelayanan Kesehatan Memengaruhi Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Selasih Kabupaten. Pelalawan Riau. Journal of Healthcare Technology and Medicine. Vol. 9 No. Universitas Ubudiyah Indonesia.p675-684.

[13] Neng Yetmir (2020). Pengaruh Waktu Tunggu Dan Sikap Petugas Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Siulak Gedang Kabupaten Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara Mahasiswa (JAN Maha) Volume 2 No. 5. p. 37-55.

[14] Pienti Manalu (2024). Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Doloksanggul Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2024. Jurnal Medika Kesehatan Baru. Vol. 2 No. 1. https://doi.org/10.70751/stikeskbdoloksanggul.v2i1.82

[15] Wijayanti. (2023). Hubungan Waktu Tunggu Pasien denganTingkat Kepuasan Pasien di Klinik Mitra Sehat Karanganyar. Aisyiyah Surakarta Journal Of Nursing. Vol. 4 No. 1. P40-45.

[16] Norsehan. (2023). Faktor-Faktor Sistem Admisi Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Yang Pertama Kali Dirawat Di RSUD X. Journal Syntax Idea. P–ISSN: 2723-4339 e-ISSN: 2548-1398 Vol, No. 11. P.1761-1778.

[17] Primastuti. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Jati Husada Karanganyar. Indonesian Journal of Health Information Management (IJHIM).Vol.2 No. 2.

[18] Muafa. (2022). Pengaruh Lingkungan Fisik Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rsud Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, Vol.13, No.2, p90–100.

[19] Araujo. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Regional Eduardo Ximenes Baucau Timor Leste Tahun 2022. Vol. 2 No. 2. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 29–39.

[20] Tola. (2024). Analisis Pengaruh Kinerja Dokter Spesialis Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Rm Djoelham Binjai. Jurnal Kesehatan dan Fisioterapi (Jurnal KeFis). e-ISSN : 2808 – 6171. Volume 4, Nomor 1, Januari 2024. P195-203.

[21] Simandalahi T., Morika, H. D., Sartiwi, W., & Dewi, R. I. S. (2019). Hubungan Response Time dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesencephalon. Vol 5 No 2.

[22] Handayani. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Journal Frofesi, Vol. 14, No 1.

[23] Janina Kulińska (2022). The Impact of Effective Communication on Perceptions of Patient Safety-A Prospective Study in Selected Polish Hospitals. Public Health. Public Health. Jul 27;19(15):9174. doi: 10.3390/ijerph19159174.

[24] Suwuh et al., (2018). Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Kesmas. 7(3), pp. 1–8.

[25] Usman. (2016). Perilaku Konsumen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Unduhan

Telah diserahkan

2025-01-07

diterima

2025-06-04

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

1.
Marinda I, Adrianto R. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Kudungga. J Keskom [Internet]. 31 Juli 2025 [dikutip 8 Agustus 2025];11(2):262-71. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/2158