Perbandingan Membaca Dan Menyimak Terhadap Kemampuan Working Memory Pada Gangguan Demensia Di Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol11.Iss1.2161Abstrak
Demensia merupakan gangguan kompleks dengan gejala utamanya yaitu penurunan area fungsi kognitif, salah satunya working memory. Working memory berperan dalam kognitif-linguistik sehingga apabila kemampuan bahasa mengalami penurunan, maka keterampilan bahasa juga terganggu untuk itu perlu ditingkatkan dengan kegiatan seperti membaca dan menyimak. Tujuan penelitian ini adalah melihat adanya perbandingan dari membaca dan mendengar terhadap kemampuan working memory pada penderita gangguan demensia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel didapat berjumlah 12 orang berdasarkan rumus slovin dan teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data berlangsung 10 hari, sekitar bulan Oktober-November. Skrining demensia menggunakan formulir MMSE, working memory menggunakan formulir Pemeriksaan Memori Angka, membaca dan menyimak menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis bivariat menggunakan Regresi Linier Berganda dengan uji Coefficient memperoleh nilai p = 0,381 dan p = 0,708 dan analisis multivariat dengan uji ANOVA memperoleh nilai p = 0,653 yang berarti tidak ada hasis analisis dari perbandingan membaca dan menyimak terhadap kemampuan working memory pada gangguan demensia. Kesimpulannya tidak ada perbandingan membaca dan menyimak terhadap kemampuan working memory pada gangguan demensia di Surakarta.
Unduhan
Referensi
1. Hegde MN. A coursebook on aphasia and other neurogenic language disorder. Fifth Edit. Plural Publishing. San Diego, California: Plural Publishing, Inc.; 2024. 426 p.
2. Prahasasgita MS, Lestari MD. Stimulasi Fungsi Kognitif Pada Lanjut Usia Di Indonesia: Tinjauan Literatur. Bul Psikol. 2023;31(2):247.
3. Schwertner E, Pereira JB, Xu H, Secnik J, Winblad B, Eriksdotter M, et al. Behavioral and Psychological Symptoms of Dementia in Different Dementia Disorders: A Large-Scale Study of 10,000 Individuals. J Alzheimer’s Dis. 2022;87(3):1307–18.
4. Wesnes KA, Harrison JE. The evaluation of cognitive function in the dementias: methodological and regulatory considerations. Dialogues Clin Neurosci. 2003;5(1):77–88.
5. Angelopoulou E, Drigas A. Working memory, attention and their relationship: A theoretical overview. Res Soc Dev. 2021;10(5):e46410515288.
6. Lee MS, Kim BS. Effects of working memory intervention on language production by individuals with dementia. Neuropsychol Rehabil [Internet]. 2020;1–25. Available from: https://doi.org/10.1080/09602011.2020.1789479
7. Wolf MC, Muijselaar MML, Boonstra AM, de Bree EH. The relationship between reading and listening comprehension: shared and modality-specific components. Read Writ. 2019;32(7):1747–67.
8. Language and Reading Research Consortium, Jiang H, Farquharson K. Are working memory and behavioral attention equally important for both reading and listening comprehension? A developmental comparison. Read Writ. 2018;31(7):1449–77.
9. Clinton-Lisell V. Listening Ears or Reading Eyes: A Meta-Analysis of Reading and Listening Comprehension Comparisons. Rev Educ Res. 2022;92(4):543–82.
10. Sahir SH. Metode Penelitian. Try K, editor. Banguntapan: Penerbit KBM Indonesia; 2021. 83 p.
11. Abduh M, Alawiyah T, Apriansyah G, Sirodj RA, Afgani MW. Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. J Pendidik Sains dan Komput [Internet]. 2023;3(1):31–9. Available from: https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955
12. Santoso A. Rumus Slovin: Panacea’ Masalah Ukuran Sampel? Suksma J Psikol Univ Sanata Dharma. 2023;4(2):24–43.
13. Fajrin F, Leonardi T. Hubungan Persepsi Iklim Sekolah Dengan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA). J Psikol Pendidik dan Perkemb. 2019;8(1):69–79.
14. Slamet R, Wahyuningsih S. Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Aliansi J Manaj dan Bisnis. 2022;17(2):51–8.
15. Alvin, Nastiti P, Marsella E. Identifikasi Faktor Loyalitas Pengguna pada Shopee Games Menggunakan Expectation-Confirmation Model (ECM). Edu Komputika J. 2023;10(1):38–45.
16. Amruddin, Agustina TS, Rusmayati NGAL, Ningsih KP, Wulandari S, Yuniati I, et al. Metode Penelitian Kuantitatif. 1st ed. Sukmawati F, editor. Sukoharjo: Pradina Pustaka; 2022. 1–235 p.
17. Mohanathasan C, Fels J, Schlittmeier S. Listening to two-talker conversations in quiet settings: The role of listener’s cognitive processing capabilities for mmory and listening effort. Sci Rep. 2024;14(22764):1–12.
18. Morris BM, Lonigan CJ. What components of working memory are associated with children’s reading skills? Learn Individ Differ. 2022;95:1–31.
19. Chang YH, Wu IC, Hsiung CA. Reading activity prevents long-term decline in cognitive function in older people: Evidence from a 14-year longitudinal study. Int Psychogeriatrics. 2021;33(1):63–74.
20. Peng P, Barnes M, Wang CC, Wang W, Li S, Swanson HL, et al. Meta-analysis on the relation between reading and working memory. Psychol Bull. 2018;144(1):48–76.
21. Guijo LM, Horiuti MB, Nardez TMB, Cardoso ACV. Listening effort and working memory capacity in hearing impaired individuals: an integrative literature review. Rev CEFAC. 2018;20(6):798–807.
22. Sanchez V. The Relationship Between Hearing Ability & Cognition/Dementia Victoria. Starkey Hearing Technologies [Internet]. 2022 [cited 2024 Dec 2];1–3. Available from: https://order.starkeypro.com/pdfs/technical-papers/The_Relationship_Between_Hearing_Ability_and_Congnition_Dimentia.pdf
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Kesehatan Komunitas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium