Analisis Mutu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Oleh UPT Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Riau

Penulis

  • Islamiyah Islamiyah Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Irwan Muryanto Dinas Kesehatan Provinsi Riau
  • Abdurrahman Hamid STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Jasrida Yunita Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Reno Renaldi STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss1.859

Abstrak

Kemampuan UPT Balai Pelatihan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau selama dalam memberikan pendidikan dan pelatihan kesehatan dihadapkan pada beberapa masalah.Tujuan penelitian untuk menganalisis mutu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kesehatan oleh UPT Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Riau.Jenis penelitian ini adalah kualitatif.Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, metode dan data. Hasil penelitian dimensi tangible sarana dan prasarana masih kurang baik, SDM dan penampilan staf sudah cukup baik. Reliability sudah cukup baik.Responsiveness sudah cukup baik.Assurances sudah baik dan empathy  sudah baik. Saran bagi UPT Bapelkes Provinsi Riau untuk melengkapi sarana dan prasarana serta melakukan quality assurance dan quality safety.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aminullah. (2018). Analisis Tingkat Harapan Dan Kepuasan Terhadap Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Teknis Fungsional Guru Tingkat Madya IPS Madrasah Tsanawiyah. Andragogi. Jurnal Diklat Teknis, 6(2), 1–45.

Elbadiansyah. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. IRDH.

ldyani. 2018. Upaya Peningkatan Kompetensi : DAmpak Pelatihan Bersubsidi Serta Peran Instruktur. Jurnal Universitas Semarang : 142-153

Fahmi. 2018. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat)Terhadap Prestasi Kerja (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan). Jurnal Administrasi Publik (JAP) 3(11):1809–13.

Ghahramanian. (2017). Quality of Healthcare Services and Its Relationship With Patient Safety Culture And Nurse-Physician Professional Communication. Health Promotion Perspectives, 7(3), 168–173.

Hanggaraningrum. (2017). The effect of service quality on outpatient satisfaction of dr. Soegiri general hospital lamongan. Journal of Applied Management, 15(4), 643–650.

Harum. 2019. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pasaman 2019. Jurnal Human Care 4(3):38–148.

Henryanto. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Diklat Dari Kualitas Pelayanan Diklat Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal KBP 2(1).

Hidayat. 2017. Pengaruh Diklat (Pendidikan Dan Pelatihan) Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di Bank BPR Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos 6(1):71–82.

Ismainar. (2018). Administrasi Kesehatan Masyarakat (Yogyakarta). DeePublish.

im, J. S. (2018). The role Of Hospital Service Quality In Developing The Satisfaction Of The Patients And Hospital Performance. Management Science Letters, 8(2), 1353–1362.

Mamik. 2014. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Kebidanan. Yogyakarta: Zifatama.

Martha, E. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pres.

Mashar. 2015. Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Universitas Pasir Pengaraian: 1–9.

Lestari. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan (Studi Kasus pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Artikel Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 1–12.

Nawangwulan. 2018. Analisis Kebutuhan Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Dr. Soetomo 4(1):24–29.

Nugroho. (2018). Analisis Kepuasan Peserta Terhadap Kualitas Pelayanan Widyaiswara Pada DTSS Pengadaan Barang/Jasa di BDK Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 12(2), 62–79.

Nuraini, N. (2018). Tingkat Kepuasan Peserta Terhadap Kualitas Pelayanan Widyaiswara Pada Diklat Teknis Substantif Publikasi Ilmiah bagi Guru Mata Pelajaran Agama MTs Angkatan III. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 168–186. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.53

Pakpahan. 2016. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP) 2(1):116–21.

Pohan, I. 2007. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta. Jakarta: Kesaint Blanc.

Pransaudara. 2019. Penerapan Metode Service Quality (SERVQUAL) untuk Peningkatan Mutu Pelayanan Pelanggan. Jurnal OPSI 2 (1): 1-11: ISSN 1693-2102

Supriyono. 2018. Deskripsi Tingkat Kepuasan Dengan Tingkat Kepentingan Peserta Pelatihan Pada Pelayanan Balai Pelatihan Kesehatan Di Batam. Jurnal Wacana Kinerja 21(2):79–98.

Unduhan

Telah diserahkan

2021-02-27

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

1.
Islamiyah I, Muryanto I, Hamid A, Yunita J, Renaldi R. Analisis Mutu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Oleh UPT Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Riau. J Keskom [Internet]. 30 April 2021 [dikutip 17 Mei 2024];7(1):77-82. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/859