Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Program UKS Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten MUsi Rawas
Abstrak
ABSTRAKS
Latar Belakang : Pandemi COVID-19 merubah tatanan kehidupan di masyarakat, dimana kebiasaan hidup bersih dan sehat harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah penyebaran penyakit ini. Salah satu upaya dalam membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat adalah melalui pendidikan di sekolah. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diharapkan mampu menjadi salah satu wadah dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa untuk membentuk perilaku hidup sehat. Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan kunci utama memutus rantai penyebaran COVID-19. Tujuan: Penelitian ini bertujuan ntuk menganalisis dampak pandemi COVID-19 terhadap pelaksanaan UKS pada Sekolah Dasar di Kecamatan Tuah Negeri. Metoda: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif yang dilakukan di 5 SD di Kecamatan Tuah Negeri. Informan penelitian adalah Kepala Puskesmas, Pemegang Program UKS Puskesmas, Kepala Sekolah, Guru Pembina UKS dan siswa pada Sekolah Dasar di Kecamatan Tuah Negeri. Analisis data menggunakan teori Miles, Huberman melalui tahap reduksi, penyajian, serta verifikasi dan pengujian keabsahan data dilakukan dengan metoda triangulasi. Hasil: Pelaksanaan Trias UKS pada SDN di Kecamatan Tuah Negeri pada pandemi covid-19 tetap berjalan. Pendidikan kesehatan lebih ditekankan pada penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan protocol kesehatan. Pelayanan kesehatan terbatas pada pemantauan status gizi dengan pengukuran tonggi dan berat badan, kegiatan imunisasi anak sekolah tetap dilakukan oleh puskesmas tapi tidak mencapai sasaran yang diharapkan. Dalam hal Pembinaan lingkungan sekolah, pada umumnya sekolah sudah menyediakan sarana dan prasarana cuci tangan di setiap kelasnya. Kesimpulan: Pelaksanaan UKS selama pandemi COVID-19 pada SDN kecamatan Tuah Negeri tetap dilaksanakan, tetapi tidak optimal dalam pelaksanaanya, karena adanya regulasi pencegahan COVID-19 yang jumlah siswa yang boleh hadir setiap hari dan waktu belajar di sekolah.
Kata Kunci: Trias UKS, COVID-19, Pelayanan Kesehatan, Pendidikan Kesehatan, Pembinaan Lingkungan Sekolah
Unduhan
Referensi
Astuti, Y. and Indah, M. F. (2020), ‘Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Sekolah Dalam Rangka Pencegahan COVID-19 Kecamatan Selat Tengah Kuala Kapuas’, http://eprints.uniska-bjm.ac.id/, (July), pp. 1–16.
Audita Nuvrisari, T. D. H. (2020), COVID-19 Dalam Ragam Tinjuaun Perpektive, Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Online di Tengah Pandemi COVID-19. Cetakan Pe, lpp-mercubuana-yogya.ac.id. Cetakan Pe. Edited by Didik Haryadi Santoso. Yogyakarta: MBridge Press.
Candrawati, E. et al. (2015), ‘Pelaksanaan proram UKS dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang’, CARE, 3(1).
Graciano AMC, Cardoso NMM, Teixeira SA, Mattos FF, Gomes VE, Borges-Oliveira AC(2019), Health promotion in Brazil: qualitative survey with primary school teachers. Health Promot Int. Oct 1;34(5):e28-e35. doi: 10.1093/heapro/day061. PMID: 30124841.
Griebler U, Rojatz D, Simovska V, Forster R(2017), Effects of student participation in school health promotion: a systematic review. Health Promot Int. Apr 1;32(2):195-206. doi: 10.1093/heapro/dat090. PMID: 24395957.
Jonika Trishandra (2019) ‘Tinjauan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah Di SD Negeri 59/III Semumu Kecamatan Depati VII Kabupaten Kerinci’, Jurnal Eksiklopedia, 1(3).
Kemendikbud (2012) ‘Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS’, Kemendikbud.
Kemendikbud (2020a) ‘Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia’, Infect Dis Clin North Am, 33, pp. 1–5.
Kemendikbud (2020b) Surat Edaran Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Diasease (COVID-19). Jakarta.
Kemendikbud, P. D. S. (2017) ‘Indonesia Educational Statistik In Brief 2016/2017’, http://statistik.data.kemendikbud.go.id, pp. 13–14.
Kemenkes (2020) ‘Pedoman dan Pencegahan Coronavirus (COVID- 19)’, 4, pp. 1–214. doi: 10.33654/math.v4i0.299.
Kutcher S, Wei Y(2012), Mental health and the school environment: secondary schools, promotion and pathways to care. Curr Opin Psychiatry. 2012 Jul;25(4):311-6. doi: 10.1097/YCO.0b013e3283543976. PMID: 22569312.
Kriswanto, E.S., (2012), Konsep, proses, dan aplikasi dalam pendidikan kesehatan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Pinto MB, Silva KL(20210), Health promotion in schools: speeches, representations, and approaches. Rev Bras Enferm. 2020 Apr 9;73(3):e20180774. English, Portuguese. doi: 10.1590/0034-7167-2018-0774. PMID: 32294710.
Saldaña, M. B. M. • A. M. H. • J. (2014) Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. 3rd edn. Arizona State University. doi: 10.7748/ns.30.25.33.s40.
Wahyuni, N. P. D. S. (2013) ‘Program Dokter Kecil Sebagai Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar’, Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, pp. 185–189.
Wulandari, I. M. (2020) ‘Peran Guru Mengoptimalkan Unit Kesehatan Sekolah Untuk Melakukan Pencegahan Covid-19’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 71–77. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.88.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Kesehatan Komunitas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium