Main Article Content

Abstract

Organisasi pembelajaran adalah iklim kerjasama yang dapat menciptakan sumber daya manusia agar memiliki komitmen, integritas dan tanggung jawab secara kolektif terhadap keseluruhan kinerja organisasi. Kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan. Naik turunnya jumlah kunjungan pasien di RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dapat dikarenakan menurunya pula kinerja petugas, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah kunjungan pasien selama lima tahun terakhir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Learning organization terhadap kinerja petugas. Jenis penelitian ini kuantitatif desain cross sectional. Metode pengambilan sampel simple random sampling untuk. Jumlah sampel untuk penelitian sebanyak 75. Analisis data dilakukan  secara dekriptif, chi square, dan logistik linier ganda. Dari hasil analisa multivariat kinerja petugas baik 32,  berpikir sistem baik 25 Pvalue 0,027, visi bersama baik 28 Pvalue 0,152, pembelajaran tim baik 24 Pvalue 0,027, keahlian pribadi baik 30 Pvalue 0,086 dan mental model baik 34 Pvalue 0,213. Variable Learning Organization yang paling berpeluang terhadap kinerja adalah pembelajaran tim. Kesimpulan dari learning organization terhadap kinerja petugas di RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dapat berjalan dengan baik dan semakin meningkat maka kepuasan pelanggan akan tercapai secara maksimal.

Article Details

How to Cite
1.
Husfaudin R, Hartono B, Nurmaimun N, Yunita J, Arnawilis A. The Relation of Learning Organization toward Officer Performance’s at General Hospital Petala Bumi Riau Province in 2018 . J Keskom [Internet]. 2019Sep.3 [cited 2019Sep.15];5(2):62-6. Available from: http://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/343

References

  1. Ahmad B, & Rakhmat H. (2012). Peningkatan Kapasitas Aparatur Melalui Learning Organization Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang. Administrasi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.Volume I, Nomor 2
  2. Fitriati R, & Tobing S Y L. (2009). Pengaruh Organisasi Pembelajar terhadap Kompetensi Pegawai Bank. Ilmu Administrasi Niaga Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI. Volume 16 Nomor 1, ISSN 0854-3844.
  3. Hariadi B, & Utama N A. (2013). Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Rsud Prof. Dr. Soekandar Mojosari). Universitas Brawijaya, Jl. MT. Haryono 165, Malang.
  4. Hayu I, Suryaningsih M, & Sukmarwati A. (2010). Analisis Kinerja Pegawai Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
  5. Krisnawan. (2012). Rekomendasi Peningkatan Kreativitas Melalui Pembelajaran Organisasi di Rumah Sakit Kusta Sumberglagah. Rumah Sakit Kusta Sumberglagah, Pacet Mojokerto, Jl. Kartini 163 Ngimbangan Mojosari Mojokerto. J. Adm. Kebijak. Kesehat., Vol. 10, No. 3, Sept.
  6. Nggili R A. (2016). Pendekatan System Thinking dalam Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Humaniora yayasan Bina Darma. Volume III, No.2.
  7. Nafisah D, & Raharjo S T. (2006). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi Dan Kinerja Karyawan (Studi Empiris Pada Departemen Agama Kabupaten Kendal Dan Departemen Agama Kota Semarang). Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedharto SH Tembalang, Semarang. Volume 3, Nomor 2, Juli
  8. Nurkholis Dan Ninda. (2015). Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja Komprehensif Terhadap Pengembangan Model Mental, Keadilan Organisasional, Dan Kinerja Karyawan Studi Pada Perbankan Syariah Di Kota Malang Dan Surabaya. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya. Volume 2, nomor 3, Agustus
  9. Senge P M. (1996). Disiplin Kelima Seni & Praktek Dari Organisasi Pembalajaran. Jakarta Barat : Binarupa Aksara.
  10. Suprayetno A, & Brahmasari I A. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus Surabaya. Vol.10, No. 2, September
  11. Uniati M I. (2014). Learning Organization, Komitmen Pada Organisasi, Kepuasan Kerja, Efektivitas Penerapan Sistem Iso Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Organisasi (Studi Kasus Staf Administrasi Uk Petra Surabaya). Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 1, ISSN 1907-235X.
  12. Witjaksono Dan Setyaningsih. (2014). Pengaruh Learning Organization Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Yang Berdampak Pada Turnover Intention. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintangsurabaya 60231. Volume 2 Nomor 1 Januari.
  13. Wiyono G. (2014). Strategi Penerapan Organizational Learning Untuk Membentuk Guru Pembelajar Di Sekolah. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 1, No. 1, e-ISSN : 2548-8260.