Analisis Implementasi Total Quality Mangement dalam Pelayanan IGD RSUD Kota Dumai

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol8.Iss3.1223

Penulis

  • Indra Kurniawan a:1:{s:5:"en_US";s:6:"father";}
  • Budi Hartono STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Lita Lita STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • arnawilis arnawilis STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Jasrida Yunita STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Abstrak

Total Quality Management adalah salah satu pendekatan yang membantu RS untuk meningkatkan mutu pelayanan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi TQM yaitu fokus pada pelanggan, kerjasama tim, perbaikan berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, adanya  keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Tujuan penelitian mengetahui implementasi TQM pelayanan IGD RSUD Kota Dumai dan faktor yang berpengaruh. Jenis penelitian kuantitatif analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitian dokter dan paramedis yang bekerja di IGD RSUD Kota Dumai menggunakan purposive sampling dengan jumlah sample 57 responden. data diperoleh melalui pengisisan kuisioner. Analisis data menggunakan univariat, bivariat dan multivariat yang disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil analisis terdapat hubungan fokus pada pelanggan, perbaikan berkesinambungan, adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan dengan implementasi TQM di RSUD Kota Dumai. Faktor kerjasama tim dan pendidikan pelatihan tidak terdapat hubungan. Untuk mewujudkan implementasi TQM yang lebih baik perlu meningkatkan tiga variable yang berhubungan.

Unduhan

Read More

Unduhan

Telah diserahkan

2022-04-19

diterima

2022-08-10

Diterbitkan

2022-12-18

Cara Mengutip

1.
Kurniawan I, Hartono B, Lita L, arnawilis arnawilis, Yunita J. Analisis Implementasi Total Quality Mangement dalam Pelayanan IGD RSUD Kota Dumai . J Keskom [Internet]. 18 Desember 2022 [dikutip 15 Juli 2025];8(3):481-8. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1223

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>