Analisis Implementasi Total Quality Mangement dalam Pelayanan IGD RSUD Kota Dumai

Penulis

  • Indra Kurniawan a:1:{s:5:"en_US";s:6:"father";}
  • Budi Hartono STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Lita Lita STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • arnawilis arnawilis STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Jasrida Yunita STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol8.Iss3.1223

Abstrak

Total Quality Management adalah salah satu pendekatan yang membantu RS untuk meningkatkan mutu pelayanan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi TQM yaitu fokus pada pelanggan, kerjasama tim, perbaikan berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, adanya  keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Tujuan penelitian mengetahui implementasi TQM pelayanan IGD RSUD Kota Dumai dan faktor yang berpengaruh. Jenis penelitian kuantitatif analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitian dokter dan paramedis yang bekerja di IGD RSUD Kota Dumai menggunakan purposive sampling dengan jumlah sample 57 responden. data diperoleh melalui pengisisan kuisioner. Analisis data menggunakan univariat, bivariat dan multivariat yang disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil analisis terdapat hubungan fokus pada pelanggan, perbaikan berkesinambungan, adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan dengan implementasi TQM di RSUD Kota Dumai. Faktor kerjasama tim dan pendidikan pelatihan tidak terdapat hubungan. Untuk mewujudkan implementasi TQM yang lebih baik perlu meningkatkan tiga variable yang berhubungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Menkes RI. Undang-Undang Rebuplik Indonesia No 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. In 2009. Available from: http://hukor.kemkes.go.id/hukor

Chris May, Michele Romeo, Lee Boyce, Tamara Ward. Future Roles and Design Concepts for Emergency Departments in Queensland. 2018;(May). Available from: https://www.health.qld.gov.au/

ACEM. Emergency Department Design Guidelines, G15. Third Section. 2014; Available from: https://acem.org.au/

Astuti, Kustiyah E. Analisis Kepuasan terhadap Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. J Gema. 2014;26(48):1356–71.

Nursalam. Metode Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 4. Vol. 53, Salemba Medika. 2016. p. 1689–99.

Mundakir. Buku Ajar Komunikasi Pelayanan Kesehatan. Pustaka TI, editor. Indomedia Pustaka; 2011. 1–40 p.

Singer RF, Infante AA, Oppenheimer CC, West CA, Siegel B. The Use of and Satisfaction with the Emergency Severity Index. J Emerg Nurs [Internet]. 2012;38(2):120–6. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.jen.2010.07.004

Neetha. A Study on Implementation of Total Quality Management in Hospital to Improve Service Quality. Int J Eng Sci Innov Technol. 2013;2(3):2319–5967.

Shdaifat E. Implementation of Total Quality Management in Hospitals. J Taibah Univ Med Sci [Internet]. 2015;10(4):461–6. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.jtumed.2015.05.004

Daqar MA, Constantinovits M. The Role of Total Quality Management in Enhancing the Quality of Private Healthcare Services. Probl Perspect Manag. 2020;18(2):64–78.

Machmud R. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. J Kesehat Masy Andalas. 2008;2(2):186.

Deswita K et all. Analisis Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan dengan Penerapan Metode Total Quality Management ( TQM ) di RS X. 2021;2(3):37–48.

Masinambow RG. Analisis Penerapan Total Quality Management Di Rumah Sakit Siloam Gmim Sonder. EMBA. 2019;7(1):621–30.

Ahmad M. Analisis Manajemen Mutu Terpadu dalam Pelayanan Rumah Sakit. J Kebijak Publik, Ed XVIII/November - Januari/10, ISSN 0216-454X [Internet]. 2010;19:709–15. Available from: https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/1255/analisis-manajemen-mutu-terpadu-tqm-dalam-pelayanan-rumah-sakit.html

Dinata wirayuda, Purnawati K. Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Perusahaan pada Bengkel Mobil Paramitha Auto Graha Denpasar. E-Jurnal Manaj. 2019;171(5):291–309.

Natsir M, Mokoginta S. Penerapan TQM Manajemen terhadap Efektivitas Pelayanan Karyawan pada RSU Monompia, Kotambagu [Internet]. Vol. 8. 2020. p. 9–17. Available from: https://stiewdkotamobagu.ac.id/wp-content/uploads/2021/06/37-Article-Text-97-1-10-20210319-Moch-N-S-Mokoginta.pdf

Supardi E. Total Quality Management (Tqm) Dalam Perberdayaan Sumber Daya Manusia. J Geogr Gea. 2016;6(1).

Agiwahyuanto F, Octaviasuni S, Fajri MUN. Analisis Implementasi Total Quality Management (TQM) Pada Kasus Pending Klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di RSUD Kendal Tahun 2018. J Manaj Kesehat Indones. 2019;7(3):171–80.

Rumagit LM, Tilaar C, Kandau GD. Hubungan Penerapan Total Quality Management (TQM) Dengan Kinerja Pegawai Di Puskesmas Bahu. Manad Fak Kesehat Masy Univ Sam Ratulangi. 2013;

Jonny, Kriswanto. Developing a total quality management model for healthcare industry: An Indonesian hospital case study. IEEE Int Conf Ind Eng Eng Manag. 2018;2017-Decem:765–9.

Sumayow P, Kindangean P, Jan A. Penanganan Pasien Rsud Maria Walanda Maramis Minahasa Utara Analysis of Total Quality Management ( Tqm ) Application To Quality of. J EMBA. 2018;6(3):1438–47.

Tirayoh V, J. Tinangon J, Emor G. Evaluasi Penerapan Total Quality Management Pada Kinerja Manajerial Di Pt. Telkom Manado. J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2014;2(3):895–901.

Unduhan

Telah diserahkan

2022-04-19

diterima

2022-08-10

Diterbitkan

2022-12-18

Cara Mengutip

1.
Kurniawan I, Hartono B, Lita L, arnawilis arnawilis, Yunita J. Analisis Implementasi Total Quality Mangement dalam Pelayanan IGD RSUD Kota Dumai . J Keskom [Internet]. 18 Desember 2022 [dikutip 18 Mei 2024];8(3):481-8. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1223

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>