Hubungan Penerapan Good Corporate Governance dan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Haji Medan

Penulis

  • Yosia Nathaniel E. Halawa Universitas Prima Indonesia
  • Chrismis Novalinda Ginting Universitas Prima Indonesia
  • Muhammad Aditya Kurnia Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol8.Iss3.1330

Kata Kunci:

Good Corporate Governance, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstrak

Masyarakat memerlukan pelayanan kesehatan yang baik untuk memenuhi hak-hak warga negara Indonesia. Sebagai organisasi pelayanan kesehatan, rumah sakit harus mampu memberikan pelayanan yang baik. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang berintegritas, transparan, akuntabel, dan responsif memerlukan sistem yang dapat mengintegrasikan seluruh komponen tersebut. Rumah sakit harus memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan berusaha untuk mengevaluasi dan menangkap semua peluang serta meningkatkan daya saingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerapan prinsip Good Corporate Governances dan mutu pelayanan kesehatan dengan terhadap kepuasan pasien unit rawat inap di Rumah Sakit Umum Haji Medan (RSUHM) Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah pasien unit rawat inap di Rumah Sakit Umum Haji Medan (RSUHM) Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah 100 orang. Analisa data menggunakan Uji korelasi Spearman dan analisis multivariat regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya terdapat hubungan yang signifikan antara seluruh dimensi prinsip Good Corporate Governances dan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien. Melalui uji analisis multivariat regresi linear berganda diketahui bahwasannya variabel Daya Tanggap (Responsiveness) merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pasien. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti menyarankan agar para dokter, perawat dan petugas lainnya untuk meningkatkan pelayanannya terhadap pasien. Selain itu, peneliti juga menyarankan agar hasil penelitian ini dapat digunakan oleh sebagai masukan untuk para stakeholder dalam pengambilan kebijakan khususnya dalam bidang Kesehatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Affandi H. Implementasi Hak atas Kesehatan Menurut Undang-Undang Dasar 1945: antara Pengaturan dan Realisasi Tanggung Jawab Negara. J Huk Positum 2019;4:36. https://doi.org/10.35706/positum.v4i1.3006.

Muzayanah. Hak Warga Negara untuk Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Berdasarkan UUD Tahun 1945. J Pengabdiam Kpd Masy Media Ganesha FHIS 2020;1:45.

Setyawati widya agustin. Pengaruh Kualitas Pelayanan , Fasilitas , Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien Widya Agustin Setyawati , Muhamad Rifa ’ i ; Cahyo Sasmito . Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang PENDAHULUAN Dalam Undang-Undang Dasar 1945 menjelaskan bahwa. J Polit Dan Sos Kemasyarakatan 2018;10:54.

Pundenswari P. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. J Publik J Ilm Bid Ilmu Adm Negara 2017;11:13–21.

Pasalli’ A, Patattan AA. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal. J Keperawatan Florence Nightingale 2021;4:14–9. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.57.

Hafizh DA. INOVASI PELAYANAN PUBLIK Studi Deskriptif tentang Penerapan Layanan e-Health dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pucangsewu Kota Surabaya 2016;4.

Putri RN. Perbandingan Sistem Kesehatan di Negara Berkembang dan Negara Maju. J Ilm Univ Batanghari Jambi 2019;19:139. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i1.572.

Suryanto A. Analisis Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. J Bina Manaj 2019;8:1–33.

Allen J. Future promise Aligning governance and ESG in Asia. 2021.

Yuni Rachmawati, Achmad Daengs GS, Edo Galih Permadi. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kedungdoro. J Mhs Manaj Dan Akunt 2022;1:40–9. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i1.160.

RSU Haji Medan. Profil Rumah Sakit Haji Provinsi Sumatera Utara Provinsi Sumatera Utara 2020. http://rsuhajimedan.sumutprov.go.id/v2/.

Soekidjo N. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.; 2018.

Burhanuddin N, AKK B, Masyarakat K. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rsud Syekh Yusuf Gowa. J Mkmi 2016;12:41-46 hlm.

Barahama KF, Katuuk M, Oroh WM. Hubungan Beban Kerja Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Ruangan Perawatan Dewasa Rsu Gmim Pancaran Kasih Manado. J Keperawatan 2019;7. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.22876.

Waslyanti S, Useng Y, Risky S. Hubungan Peranan Good Coorporate Governance Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Oheo Kelurahan Inomoiyo Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara. Miracle J Public Heal 2019;2:220–30.

Said RR, Samsualam, Alwi MK. Pengaruh Penerapan Prinsip Good Corporate Governance terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Mamuju Tahun 2019. J Mitrasehat 2020;10:333–49.

Harma A, Ahri RA, Ambas J. Pengaruh Penerapan Good Governance terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. J Muslim Community Heal 2020;1:74–95.

Suratri MAL, Suryati T, Edwin VA. Patient Satisfaction On Outpatient Services Hospital Quality In 7 Provinces Indonesia. Bul Penelit Kesehat 2018;46:239–46.

Pertiwi B, Iryadi R, Prihartini AR, Irmawati S, Kunci K. Jurnal Kesehatan Pertiwi Hubungan Mutu Pelayanan Kebidanan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Kebidanan 2019;1:48–52.

Arniwaty Lamadjido R, Bahry Noor N, Anutapura R, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan B, Unhas F, Manajemen Rumah Sakit B. Penerapan Prinsip Good Coorporate Governance Terhadap Kepuasan Pasien Di Rsu Anutapura Palu Good Coorporate Governance Principles Analysis To Patient Satisfaction in Rsu Anutapura Palu. J AKK 2013;2:1–9.

Unduhan

Telah diserahkan

2022-09-03

diterima

2022-09-08

Diterbitkan

2022-12-18

Cara Mengutip

1.
Halawa YNE, Ginting CN, Kurnia MA. Hubungan Penerapan Good Corporate Governance dan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Haji Medan . J Keskom [Internet]. 18 Desember 2022 [dikutip 19 November 2024];8(3):496-505. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1330

Artikel Serupa

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.