Efektivitas Media Audio Visual dan Ular Tangga Cuci Tangan Terhadap Pengetahuan Anak Usia Sekolah

Penulis

  • Nutrisia Nu'im Haiya Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Islam Sultan Agung
  • Iwan Ardian Faculty of Nursing, Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol9.Iss2.1398

Kata Kunci:

Audiovisual, Hand washing, Knowledge, Snakes and ladders, School Age

Abstrak

Pendahuluan : Edukasi melalui pendidikan kesehatan menjadi salah satu dari upaya pencegahan penyakit diare pada anak. Kunci keberhasilan pendidikan kesehatan pada anak terketak pada media yang digunakan, media ular tangga dan media audio visual menjadi media yang dapat digunakan dalam pendidikan kesehatan pada anak, namun belum ada penelitian terkait perbedaan efektivitasnya pada pengetahuan tentang cuci tangan pada anak usia sekolah.    Tujuan: membandingkan efektivitas dan membandingkan perbedaan efektivitas media ular tangga dan media audio visual terhadap pengetahuan anak tentang cuci tangan pada anak usia sekolah. Metode: Eksperimen dengan desain quasi experimental dengan teknik nonequivalent pretest posttest, random sampling menjadi teknik pengambilan sampel, dengan responden anak usia sekolah dan jumlah 80 yang terdiri dari 40 kelompok intervensi pendidikan kesehatan dengan media ular tangga dan 40 kelompok intervensi media audio visual,  data diukur sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok kedua kelompok, data dianalisa dengan uji Wilcoxon, serta uji Manwhitney. Hasil : Media ular tangga efektif meningkatkan pengetahuan anak dengan p value 0,001<0,05 dan media audio visual sama efektif meningkatkan pengetahuan anak dengan p value 0,008<0,05, sedangkan uji manwhitney menunjukan tidak terdapat perbedaan signifikan hasil posttest diantara kelompok intervensi tersebut dengan nilai 0,241>0,05. Simpulan: Media ular tangga dan media audio visual sama efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak tentang cuci tangan, sehingga ini dapat menjadi landasan media untuk health promotion oleh stake holder yang terkait.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini NV, Anggraeni DT, Rosaline MD. Peningkatan Kesadaran PHBS Cuci Tangan Dengan Benar Pada Anak Usia Sekolah. J Kreat Pengabdi Kpd Masy. 2022;5(4):1172–9.

Kaunang PV, Pangemanan M, Bokau JJ, Program ), Ilmu S, Masyarakat K, et al. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare Pada Siswa Sd Gmim 46 Sukur Kecamatan Airmadidi. J Kesehat Masy UNIMA. 2021;02(03):60–5.

Wulandari, Yuliawati R. Literatur Review Analisis Hubungan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Kejadian Diare pada Anak Sekolah. Borneo Student Res. 2021;3(1):589–97.

Criony J. Efektifitas Media Promosi Kesehatan Audio Visual Lagu Cuci Tangan Terhadap Pelaksanaan Cuci Tangan 6 Langkah Pada Anak. J Public Heal Educ. 2022;1(02):57–63.

Aditya RD, Wandi, Saputra DDY, Djuwadi G, Kholidah D. Pengaruh Media Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun. J Inf Kesehat Indones. 2022;8(1):82–9.

Rosyadi MD, Noor H. Pelatihan Pemanfaatan Game Edukasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Pada Dosen Stikes Husada Borneo Program Studi Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan. In: Prosiding Hasil - Hasil Pengabdia Masyarakat Tahun 2019 Dosen - Dosen Universitas Islam Kalimantan. 2019. p. 358–61.

Ilmiyah NH, Sumbawati MS. Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. J Inf Eng Educ Technol. 2019;3(1):46–50.

Maksum E, Nurharlina, Nugrahaeni DK, Inayah L, Lukman M. Efektivitas Promosi Kesehatan Permainan Ular Tangga Modifikasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Protokol Kesehatan Covid 19. J Telenursing. 2022;4(2):449–58.

Hastuti S, Dantes N, Suranata K. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Perilaku Coping pada Siswa. J Bimbing Konseling Indones. 2021;6(1):115–23.

Pahendra P, Selman H, Said H, Sasnita U, Indah Rusli T. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Univ Muhammadiyah Kendari [Internet]. 2021;4(2):2025–36. Available from: https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1077

Jannah PI, Djannah RSN. Pengembangan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Promosi Kesehatan Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Med Respati J Ilm Kesehat. 2021;15(4):245–52.

Nugroho T, Rosidah S. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak SD Kelas 2. Heal J. 2020;8(1):41–8.

Mansa G, Faidiban R, Mustamu AC. Efektifitas Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah J Pendidik Madrasah Ibtidaiyah. 2022;6(2):377.

Mustain M, Wulansari W. Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Permainan Ular Tangga. Disem Fak Kesehat. 2021;1(1):9–13.

Oktavani E, Susmini, Feri J. Formation And Training Of Young Ners Cadres With Educational Games Snakes And Ladders. J Character Educ Soc. 2021;4(3):652–60.

Notoatmodjo. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. 2012;

Salsa DT, Isnanto, Hidayati S. Pengetahuan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Muut Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Menggunakan Media Ular Tangga. J Ilm Keperawatan Gigi [Internet]. 2022;3(2):262–71. Available from: http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/jikg/index

Ariessanti HD, Trisetyo A, Suparta W, Abudurahman E. Concept of gamification in adaptation of snake ladder online representation education covid-19. Int Conf Inf Technol Syst Innov ICITSI 2020 - Proc. 2020;19(23):435–42.

Kusumawardani LH, Rekawati E, Fitriyani P, Ni Luh YSDP. Improving clean and healthy living behaviour through snakes and ladders board game among school children. Sri Lanka J Child Heal. 2020;49(4):341–6.

Malik AA, Padilah NS, Nurparida E, Rosmawati A, Desiyanti SS, Triyana G. Snakes and Ladders Game as a Media for PHBS Counseling at SDN 3 Muktisari. Kolaborasi J Pengabdi Masy [Internet]. 2021;1(2):112–20. Available from: https://journal.inspira.or.id/index.php/kolaborasi/article/view/23

Prasetyanti DK, Yanuaringsih GP. Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Sekolah Dasar. J Penelit Keperawatan. 2019;5(1).

Samiksha C, Kalmath S. A study to assess the effectiveness of snake and ladder game on knowledge and practice regarding healthy habits among school children in selected school in …. Int J Recent Innov Med Clin Res. 2021;3(3):1–6.

Bahrah, Wigunarti M. Edukasi Perilau Cuci Tangan Melai Funhandwashing Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pencegahan Covid 19. J Kreat Pengabdi Masy. 2022;5(8):2479–96.

Nurhayati, Agusniatih A. Development of Moral Religious Values Through Audio Visual Media in Group B of Aisyiyah Kindergarten 1 Palu. In: Proceedings of the 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE). 2020. p. 158–64.

Achjar KAH, Putri NLPT. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Landia Dalam Penguatan Menerapkan Protokol Kesehatan. J Keperawatan. 2022;14(3):739–46.

Gunawan D. Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa IV SD Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA J Ilm Pendidik IPA. 2020;2(1):1–9.

Unduhan

Telah diserahkan

2022-11-15

diterima

2022-12-16

Diterbitkan

2023-07-26

Cara Mengutip

1.
Nutrisia Nu’im Haiya, Ardian I. Efektivitas Media Audio Visual dan Ular Tangga Cuci Tangan Terhadap Pengetahuan Anak Usia Sekolah . J Keskom [Internet]. 26 Juli 2023 [dikutip 20 Mei 2024];9(2):231-9. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1398