- Efektifitas Antara Metode Peer Group dan Think, Pair, Share terhadap Pengetahuan dan Perilaku Pencegahan Anemia Remaja

Penulis

  • Yuli Astuti Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta
  • Arum Margi Kusumawardhani Prodi Teknologi Bank Darah (TBD (D-3) Unjaya

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol9.Iss2.1417

Kata Kunci:

anemia remaja, peer group, think pair share

Abstrak

Latar belakang Anemia pada remaja merupakan salah satu masalah kesehatan yang mendapat perhatian khusus. 16% dari 50 remaja mengalami anemia. Anemia pada remaja disebabkan adanya defisiensi zat besi, sehingga remaja perlu mendapat edukasi dan informasi yang cukup untuk merubah pengetahuan dan perilaku dalam pencegahan anemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode edukasi secara peer group dibandingkan dengan metode permainan think, pair, share. Metode Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode experimental analitik, yaitu penelitian yang menjelaskan adanya hubungan/pengaruh antara variabel melalui pengujian hipotesa dengan teknik pengumpulan datanya dalah data primer dengan kuisioner dibagikan kepada 80 responden yang merupakan anggota FORPIS PMI Klaten. Teknik pengambilan sampling adalah total sampling. Uji statistik yang digunakan adalah analisis jalur dengan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian ini pengaruh pemberian edukasi dengan metode peergroup dinyatakan tidak terdapat pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku pencegahan anemia pada remaja (P>0.005); dan metode permainan kartu think, pair, share dinyatakan terdapat pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku pencegahan anemia pada remaja (P<0.005). Kesimpulan penelitian ini, metode edukasi permainan kartu think, pair, share lebih efektif dalam peningkatan pengetahuan dan perilaku pencegahan anemia pada remaja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Sumarlan E, Windiastuti E, Gunardi H. 2018. Iron Status, Prevalence and Risk Factors of Iron Deficiency Anemia Among 12-to 15-Year-Old Adolescent Girls from Different Socioeconomic Status in Indonesia. Makara J. Health Res., 2018, 22(1): 46-52 doi: 10.7454/mskv22i1.8078. Tersedia di http://journal.ui.ac.id/index.php/health/article/view/8078/67545971

Andriastuti M, Ilmana G, Avillia S, KOsasih K. 2020. Prevalence Of Anemia And Iron Profile Among Children And Adolescent With Low Socio-Economic Status. International Journal of Pediatrics and Adolescent Medicine 7 (2020) 88e92. https://doi.org/10.1016/j.ijpam.2019.11.001. Tersedia di link https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7335819/pdf/main.pdf

World Health Organization. Regional Office for South-East Asia. (‎2011)‎. Prevention of iron deficiency anaemia in adolescents. WHO Regional Office for South-East Asia. https://apps.who.int/iris/handle/10665/205656. Tersedia di link https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/205656/B4770.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Hruschka D, William A, Mei Z, Leidman E, Suchdev P, Young M, Namaste S. 2020. Comparing Hemoglobin Distributions Between Population-Based Surveys Matched By Country And Time. BMC Public Health (2020) 20:422 https://doi.org/10.1186/s12889-020-08537-4. Tersedia di https://bmcpublichealth.biomedcentral.com/track/pdf/10.1186/s12889-020-08537-4.pdf

Juffrie M, Helmyati S, Hakimi M. 2020. Nutritional Anemia In Indonesia Children And Adolescents: Diagnostic Reliability For Appropriate Management. Asia Pac J Clin Nutr 2020;29(Suppl 1):S18-S31. doi: 10.6133/apjcn.202012_29(S1).03 Tersedia di link https://www.danonenutrindo.org/media/pdf/publication/international_journals/2020/vol_29_sup_1_2020/S18.pdf

Megawati E. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching Dalam Pengajaran Tenses Pada Mahasiswa EFL. DEIKSIS Vol. 11 No. 01, Januari-April 2019 p-ISSN: 2085-2274, e-ISSN 2502-227X hlm. 39-50, DOI: 10.30998/deiksisv11i01.307639.

Dianti N, Agustini K, Sugihartini N. 2016. Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Teams Games Tournament Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sawan Tahun Ajaran 2015/2016. Karmapati. Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016. ISSN 2252-9063. Tersedia di link https://ejournal.undiksha.ac.id

Kumalasari I, 2012, kesehatan reproduksi. Jakarta. Salemba Medika. Hal 12

Agustin., Febriyanti., Sawiji. 2018. Peran Peer Group Edukasi Dalam Peningkatan Pengetahuan Konsep Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa Volume 1 No 2, Hal 93 – 98, November 2018.

Permanasri., Miana., Wati. 2021. The Effect Of Peer Education On Anemia Prevention Behavior Among Adolescencegirlsatsenior High School05 Of Pekanbaru. Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan; E-ISSN-2477-6521Vol6(1) Februari 2021(59-69). Tersedia di http://publikasi.lldikti10.id/index.php/endurance/article/view/138/45

Dewi N., Pratiwi A. 2021. The Relationship between Adolescent Characteristics and The Level of Knowledge about Reproductive Health in RW 03 Tanah Tinggi Village of JoharBaru Sub-District. Journal of Midwifery Vol 6: No1(2021). Tersedia di http://jom.fk.unand.ac.id/index.php/jom/article/view/354/128

Suriani., Hermansyah. 2015. Pengaruh Peer Group Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan ISSN: 2338-6371. Tersedia di http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIK/article/view/5186/4352

Ningsih S. 2021. The Influence Of Health Education With A Think Pair Share Learning Model On The Knowledge And Attitudes Of School-Age Children In Vegetable Consumption. Journal of eduhealth, Volume 12, No. 01 September 2021. E-ISSN. 2808-4608, P-ISSN. 2087-3271.

Shih., Reynolds. 2015. Teaching Adolescents EFL by Integrating Think-PairShare and Reading Strategy Instruction: A QuasiExperimental Study. RELC Journal 2015, Vol. 46(3) 221–235. DOI: 10.1177/0033688215589886.

Murti Bhisma.2018. Teori Promosi dan Perilaku Kesehatan. Karanganyar. Bintang Fajar Offset

Mundelse L., Jurkoskwi. 2021. Think and Pair Before Share :effect of Collaboration on Student’s in Class Partisipation. Learning and Individual Differences 88 (2021) 102015.

Wahyuni., Jumaina. 2019. A Comparative Study Between Group Discussion And Think Pair Share Strategy To Enhance Students’ Speakingability. Getsempena English Education Journal (GEEJ) Vol.6 No.2 November 2019. Tersedia di https://ejournal.bbg.ac.id/geej/article/view/879/818.

Aniroh, Mawardika, Choriyah. 2021. The Effectiveness of Education through Animated Media to Improve Teenage. Annals of R.S.C.B., ISSN:1583-6258, Vol. 25, Issue 6, 2021, Pages. 3310 – 3317 Received 25 April 2021; Accepted 08 May 2021.

Wahid, Solfrema. 2018. Peer Group Learning Method to Improve the College Student’s Achievement. NE 4 (2) (2018). DOI: http://dx.doi.org/10.15294/jne.v4i2.1600.

Corral, J.(2018). The Impact Of A Peer-Teaching Instructional Approach On A Student’s Self-Confidence. (Doctoral dissertation). Retrieved from https://scholarcommons.sc.edu/etd/4926.

Sukri Y, Indrianti F. 2019. Media Permainan Kartu Gambar dengan Teknik Think Pair Share. Prosiding Seminar Nasional Volume 03, Nomor 1 ISSN 2443-1109.

Raba, A. (2017) The Influence of Think-Pair-Share (TPS) on Improving Students’ Oral Communication Skills in EFL Classrooms. Creative Education, 8, 12-23. doi: 10.4236/ce.2017.81002.

Hetika, Farida, I., & Sari, Yeni P.. (2017). Think Pair Share (TPS) as Method to Improve Student’s Learning Motivation and Learning Achievement. Dinamika Pendidikan, 12(2), 125-135.

Kooper, Schinske, Tanner. 2021. Reconsidering the Share of a Think–Pair Share: Emerging Limitations, Alternatives, and Opportunities for Research. CBE Life Sci Educ March 1, 2021 20:fe1. DOI:10.1187/cbe.20-08-0200.

Rido, A., & Sari, F. M. (2018). Characteristics of classroom interaction of English language teachers in Indonesia and Malaysia. International Journal of Language Education, 2(1), 40-50

Unduhan

Telah diserahkan

2022-12-08

diterima

2023-03-29

Diterbitkan

2023-07-26

Cara Mengutip

1.
Astuti Y, Kusumawardhani AM. - Efektifitas Antara Metode Peer Group dan Think, Pair, Share terhadap Pengetahuan dan Perilaku Pencegahan Anemia Remaja. J Keskom [Internet]. 26 Juli 2023 [dikutip 20 Mei 2024];9(2):221-30. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1417