Factors Related to the Performance of Officers Relating to Provision Service of National Health Care (JKN)

Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas Terkait Pemberian Jasa Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Penulis

  • Kismiyatul Fitriya Muftika STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Mitra Mitra
  • Jasrida Yunita
  • Yanwir Kamal
  • Helda Suryani Munir

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol4.Iss1.193

Kata Kunci:

Jasa Pelayanan, Kehadiran, Masa Kerja, Motivasi, Kepemimpinan

Abstrak

ABSTRAK

Dalam meningkatkan kinerja pelayanan petugas di Puskesmas pihak BPJS telah memberikan kontribusi berupa dana kapitasi yang didapat dimanfaatkan untuk jasa pelayanan kesehatan (60%) dan biaya operasional Puskesmas (40%). Berdasarkan survey awal, didapatkan bahwa hanya 40% petugas dengan kinerja baik, petugas juga masih banyak yang sering datang terlambat. Tujuan dari penelitian ini yaitu diketahuinya faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas terkait pemberian Jasa Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Tapung dan Puskesmas Tapung II. Dengan variabel yang diteliti adalah jasa pelayanan, ketenagaan/jabatan, kehadiran, masa kerja, imbalan, motivasi, kepemimpinan, dan variabel demografis berupa jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Juni-Juli tahun 2017. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh petugas yang menerima Jasa Pelayanan yang berjumlah 97 orang. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan ketengaan/jabatan, masa kerja, dan kepemimpinan dengan kinerja. Sedangkan variabel yang lain (kehadiran, imbalan, motivasi, umur, dan jenis kelamin) tidak ada hubungan dengan kinerja petugas. Sedangkan variabel Jasa Pelayanan merupakan variabel confounding (perancu) terhadap masa kerja. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada hubungan antara ketengaan/jabatan, masa kerja dan kepemimpinan dengan kinerja petugas. Disarankan kepala Puskesmas untuk menganggarkan dana diluar jasa pelayanan untuk petugas yang beban kerjanya lebih berat, pemberikan motivasi berupa reward untuk petugas yang bisa dijadikan teladan, punishmen untuk petugas yang tidak disiplin, pemberian arahan dan dukungan, serta pengadaan evaluasi dan pengamatan secara bertahap terkait penyelesaian tugas oleh petugas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Darwis, D. 2014. Hubungan Motivasi dengan Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Segeri Kecamatan Segeri Kabupaten Tangkep. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar.
Fauzi, A.I. 2011. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan di Puskesmas Kabupaten Jember. Universitas Jember.
Feriyanto et al., 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1) untuk Mahasiswa dan Umum, Kebumen: Mediatera.
Handayani, T., 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) di Puskesmas Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012. Universitas Indonesia.
Harmiyati, L.M., Kurdi, F.N., & Sulastri. 2016. Pengaruh Karakteristik dan Kapabilitas Individu serta Karakteristik Organisasi terhada Persepsi Kinerja Perawat Perkesmas di Puskesmas Kota Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, Vol 3, No. 1.
Hendrayani, N.W.A., Indrayanthi, P.A., & Wijaya, I.P. (2015) Persepsi Pegawai Puskesmas tentang Sistem Pembagian Jasa Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Karangasem. Public Health and Preventive Medicine Archieve, Vol. 2, No. 1.
Ilyas, Y., 2012. Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian, Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.
Kementerian Kesehatan, R.I., 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Kementrian Kesehatan, R.I., 2004. Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
Kementerian Kesehatan, R.I., 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Penggunaan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional untuk Jasa Pelayanan Kesehatan dan Dukungan Biaya Operasional Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Milik Pemenerintah Daerah.
Prasastin. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas Surveilens Epidemiologi Penyakit Malaria Tingkat Puskesmas di Kabupaten Kebumen Tahun 2012. Universitas Negeri Semarang.
Riana, N., 2013. Analisis Kinerja Pegawai dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik di Puskesmas Maridan Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol 1 No 3.
Ridwan. 2015. Hubungan Pembagian Dana Kapitasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Motivasi Petugas Kesehatan Terhadap tingkat Kinerja di Puskesmas Kopema Darussalam Banda Aceh. Universitas Syah Kuala Darussalam.
Sumantri, I.H. 2015. Kinerja Pegawai Puskesmas dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Rawat Inap Kelurahan Makroman Kecmatan Sabutan Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan. Vol 3 No.1.

Unduhan

Telah diserahkan

2017-10-23

diterima

2018-06-28

Diterbitkan

2018-11-09

Cara Mengutip

1.
Muftika KF, Mitra M, Yunita J, Kamal Y, Munir HS. Factors Related to the Performance of Officers Relating to Provision Service of National Health Care (JKN): Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas Terkait Pemberian Jasa Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). J Keskom [Internet]. 9 November 2018 [dikutip 14 Mei 2024];4(1):2-7. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/193