Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Leaflet Berbahasa Daerah terhadap Tingkat Pengetahuan Penderita Hipertensi di Desa Lambanan Kabupaten Mamasa
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol10.Iss3.2035Kata Kunci:
Hipertensi, Leaflet, Pendidikan KesehatanAbstrak
Pendidikan kesehatan merupakan bagian dari upaya kesehatan yang bertujuan meningkatkan pola hidup serta memberikan pengetahuan terutama bahaya penyakit hipertensi beserta cara pencegahannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan leaflet berbahasa daerah terhadap tingkat pengetahuan penderita hipertensi di Desa Lambanan Kabupaten Mamasa. Desain dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan rancangan penelitian one group pre-post test dengan besaran sampel 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner culturally adapted hypertension education (CAHE) dan berlangsung selama 2 minggu di bulan Agustus 2024. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok pre test dengan nilai rata-rata 6.42 yang tergolong mempunyai skor pengetahuan yang rendah pada kelompok post test dengan nilai rata-rata 9.48 yang tergolong mempunyai skor pengetahuan baik. Kesimpulan yaitu hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan nilai p-value 0,000<0,05. Pendidikan kesehatan menggunakan leaflet berbahasa daerah dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan pengetahuan penderita hipertensi.
Unduhan
Referensi
[1] Syamsia, Syafriati A. Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui Media Booklet “Manajemen Hipertensi” terhadap Tingkat Pengetahuan Pasien Hipertensi. Babul Ilmi_Jurnal Ilm Multi Sci Kesehat 2022:140–50.
[2] Zahra ARA, Saputri R, Handayani L. Peningkatan Pengetahuan Pada Penderita Hipertensi Dengan Pemberian Edukasi Berbasis Bahasa Banjar. J Farm SYIFA 2023;1:20–6.
[3] Nurfadhila N, Kadar KS, Tahir T. Pendidikan Kesehatan Berbasis Budaya pada Orang dengan Diabetes Mellitus: Sebuah Scoping Review. J Kesehat Komunitas 2023;9:320–31. https://doi.org/10.25311/keskom.vol9.iss2.1467.
[4] Lolo LL, Kurnia S, Persada J, Kurnia S, Persada J. Pendidikan Kesehatan Berbahasa Daerah Terhadap Kepatuhan Lansia Melakukan Pencegahan Peningkatan Tekanan Darah. J Endur 2022;6:190–200. https://doi.org/10.22216/jen.v6i1.194.
[5] Maturbongs B, Hasmah, Musfirah. Pengaruh Edukasi Hipertensi Bebasis Bahasa Mandobo terhadap Tingkat Pengetahuan Penderita Hipertensi di Puskesmas Getentiri Distrik Jair Kabupaten Boven Digoel Propinsi Papua. J Ilm Amanah Akad 2022;5:1–6. https://doi.org/https://doi.org.
[6] Ningsih AP, Nurdin N, Puspitha A, Malasari S, Kadar K. The effect of culture-based education in improving knowledge of hypertension patients in Makassarese community in Indonesia. Enferm Clin 2020;30:55–9. https://doi.org/10.1016/J.ENFCLI.2019.09.003.
[7] Welch G, Allen NA, Zagarins SE, Stamp KD, Bursell SE, Kedziora RJ. Comprehensive Diabetes Management Program for Poorly Controlled Hispanic Type 2 Patients at a Community Health Center. Diabetes Educ 2011;37:680–8. https://doi.org/10.1177/0145721711416257.
[8] Sari Y, Yusuf S, Haryanto, Kusumawardani LH, Sumeru A, Sutrisna E, et al. The cultural beliefs and practices of diabetes self-management in Javanese diabetic patients: An ethnographic study. Heliyon 2022;8. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08873.
[9] Beune EJAJ, Moll Van Charante EP, Beem L, Mohrs J, Agyemang CO, Ogedegbe G, et al. Culturally adapted hypertension education (CAHE) to improve blood pressure control and treatment adherence in patients of African origin with uncontrolled hypertension: cluster-randomized trial. PLoS One 2014;9. https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PONE.0090103.
[10] Mardhiah A, Abdullah A, Hermansyah. Pendidikan Kesehatan Dalam Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Keluarga Dengan Hipertensi - Pilot Study. J Ilmu Keperawatan 2015;3:111–21.
[11] Sefti, Michael S. Pengaruh Pendidikan Kesehatan1. Sefti, Michael, S. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Penyakit Menular Seksual. Kesehatan 11, 11 (2013). Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Penyakit Menula. Kesehatan 2017;11:11.
[12] Clinic M. Healthy Eating: How to Make Good Food Choices 2022. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/healthy-eating/faq-20058137 (accessed August 28, 2023).
[13] Berg CJ, Dekanosidze A, Torosyan A, Grigoryan L, Sargsyan Z, Hayrumyan V, et al. Examining smoke-free coalitions in Armenia and Georgia: Baseline community capacity. Health Educ Res 2019;34:495–504. https://doi.org/10.1093/her/cyz024.
[14] Muchtar F, Effendy DS, Lisnawaty L, Kohali RESO. Edukasi Pencegahan dan Pengendalian Hipertensi Menggunakan Leaflet Kemenkes pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Mokoau. Indones Berdaya 2022;3:577–86. https://doi.org/10.47679/ib.2022249.
[15] Nyame S, Iwelunmor J, Boateng D, Ogedegbe G, Heeres P, Grobbee D, et al. Community-Based Strategies to Improve Health-Related Outcomes in People Living With Hypertension in Low- and Middle-Income Countries: A Systematic Review and Meta-Analysis. Glob Heart 2024;19. https://doi.org/10.5334/gh.1329.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kesehatan Komunitas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium