Faktor-Faktor Keterlambatan Proses Pelayanan Klaim Asuransi (BPJS) Di Rumah Sakit Bersalin Annisa Pekanbaru

Penulis

  • Nur Maimun STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Rahimul Rifqi STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol6.Iss2.548

Abstrak

Klaim asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah serangkaian kegiatan untuk meneliti dan membuktikan bahwa telah terjadi transaksi yang wajar dan biasa serta melakukan pembayaran yang sesuai pada waktu yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor keterlambatan proses pelayanan klaim asuransi kesehatan (BPJS) di Rumah Sakit Bersalin Annisa Pekanbaru. Metode penelian adalah Kualitatif. Informan dari penelitian ini ada 3 orang, Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara. Hasil penelian menunjukkan bahwa proses pengajuan klaim yakni menyiapkan berkas klaim yang akan diverifikasi oleh petugas administrasi yang apabila disetujui maka formulir pengajuan klaim akan dicetak lalu klaim dapat dibayarkan. Untuk SOP dari kebijakan rumah sakit sudah ada namun dari kemenkesnya belum ada. SDM proses pelayanan klaim asuransi bertugas mengkode diagnosa sesuai ICD 10 dan melakukan analisis kelengkapan berkas. Fasilitas dalam proses pelayanan klaim masih kurang memadai sedang berkas yang akan dikoding berjumlah lima puluh berkas setiap harinya. Sebagai kesimpulan bahwa kendala yang terdapat pada saat pelaksanaan proses pelayanan klaim asuransi BPJS belum berjalan dengan optimal diantaranya sering terjadi keterlambatan dalam proses pelayanan klaim asuransi BPJS. Untuk SOP proses pelayanan klaim asuransi BPJS yaitu sudah ada namun dari permenkesnya belum ada. Fasilitasnya masih kurang. Sementara berkas yang dikoding setiap harinya ada lima puluh buah. Sumber daya manusianya perlu ditambah agar pelaksanaannya menjadi optimal.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Peraturan Presiden Republik Indosesia No 12 Tahun 2013. Tentang Jaminan Kesehatan.

Herlambang. S (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Ilyas, Y. (2006). Asuransi Kesehatan. Depok: Fakultas Kesahatan Masyarakat Universitas indonesia.

Depkes RI. (2006). Pedoman Penyelengaraan dan Prosedur Rekem Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta.

(2006). Pedoman Penyelengaraan dan Prosedur Rekem Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta.

Tambunan, M, R. (2013) Pedoman Penyusunan Standar Operating Procedures (SOP). Jakarta.

Unduhan

Telah diserahkan

2020-07-02

diterima

2020-08-10

Diterbitkan

2020-10-02

Cara Mengutip

1.
Maimun N, Rifqi R. Faktor-Faktor Keterlambatan Proses Pelayanan Klaim Asuransi (BPJS) Di Rumah Sakit Bersalin Annisa Pekanbaru. J Keskom [Internet]. 2 Oktober 2020 [dikutip 22 Juli 2024];6(2):188-93. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/548