Faktor-Faktor Keterlambatan Proses Pelayanan Klaim Asuransi (BPJS) Di Rumah Sakit Bersalin Annisa Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol6.Iss2.548Abstrak
Klaim asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah serangkaian kegiatan untuk meneliti dan membuktikan bahwa telah terjadi transaksi yang wajar dan biasa serta melakukan pembayaran yang sesuai pada waktu yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor keterlambatan proses pelayanan klaim asuransi kesehatan (BPJS) di Rumah Sakit Bersalin Annisa Pekanbaru. Metode penelian adalah Kualitatif. Informan dari penelitian ini ada 3 orang, Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara. Hasil penelian menunjukkan bahwa proses pengajuan klaim yakni menyiapkan berkas klaim yang akan diverifikasi oleh petugas administrasi yang apabila disetujui maka formulir pengajuan klaim akan dicetak lalu klaim dapat dibayarkan. Untuk SOP dari kebijakan rumah sakit sudah ada namun dari kemenkesnya belum ada. SDM proses pelayanan klaim asuransi bertugas mengkode diagnosa sesuai ICD 10 dan melakukan analisis kelengkapan berkas. Fasilitas dalam proses pelayanan klaim masih kurang memadai sedang berkas yang akan dikoding berjumlah lima puluh berkas setiap harinya. Sebagai kesimpulan bahwa kendala yang terdapat pada saat pelaksanaan proses pelayanan klaim asuransi BPJS belum berjalan dengan optimal diantaranya sering terjadi keterlambatan dalam proses pelayanan klaim asuransi BPJS. Untuk SOP proses pelayanan klaim asuransi BPJS yaitu sudah ada namun dari permenkesnya belum ada. Fasilitasnya masih kurang. Sementara berkas yang dikoding setiap harinya ada lima puluh buah. Sumber daya manusianya perlu ditambah agar pelaksanaannya menjadi optimal.
Â
Unduhan
Referensi
Peraturan Presiden Republik Indosesia No 12 Tahun 2013. Tentang Jaminan Kesehatan.
Herlambang. S (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Ilyas, Y. (2006). Asuransi Kesehatan. Depok: Fakultas Kesahatan Masyarakat Universitas indonesia.
Depkes RI. (2006). Pedoman Penyelengaraan dan Prosedur Rekem Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta.
(2006). Pedoman Penyelengaraan dan Prosedur Rekem Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta.
Tambunan, M, R. (2013) Pedoman Penyusunan Standar Operating Procedures (SOP). Jakarta.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Kesehatan Komunitas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium