Efektifitas Edukasi COVID-19 Secara Daring Pada Kelompok Dukungan Sebaya Top Support Yayasan Pelita Ilmu
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss2.875Kata Kunci:
COVID-19, Edukasi, Daring, ODHA, Kelompok Dukungan Sebaya (KDS), Peer EducatorAbstrak
Abstrak
Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Banyaknya kasus terkonfirmasi positif, memberikan perhatian khusus bagi kelompok-kelompok yang rentan terinfeksi seperti kelompok dengan imunodefisiensi, salah satunya kelompok orang dengan HIV. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektifitas pemberian edukasi COVID-19 secara daring dalam upaya meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan COVID-19 di Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Top Support Yayasan Pelita Ilmu (YPI) Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Intervensi dilakukan kepada pendamping dan peer educator. Data primer dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan pengisian kuesioner, data sekunder didapatkan dari literatur serta materi dan laporan dari Yayasan Pelita Ilmu. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga kegiatan utama, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas melalui pemeriksaan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian edukasi COVID-19 secara daring dengan melibatkan pendampingan dan pemberdayaan peer educator efektif menambah pengetahuan tentang protokol pencegahan COVID-19. Pemberian pendampingan edukasi secara online melalui pendekatan peer educator bermanfaat sebagai pesan berantai kepada diri sendiri, keluarga, komunitas dan teman sebayanya. Orang yang diedukasi menjadi lebih rajin menerapkan 3M dan pola hidup sehat, namun untuk mengetahui perubahan perilaku ini secara konsisten perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Accessed December 16, 2020.https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html
Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. Accessed December 16, 2020. https://COVID19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease COVID-19-01-desember-2020-10
COVID-19. Accessed December 16, 2020. https://corona.jakarta.go.id/id/data-pemantauan
Prabhu S, Poongulali S, Kumarasamy N. ‘Impact of COVID-19 on people living with HIV: A review’. J Virus Erad. 2020;6(4):100019.doi:10.1016/j.jve.2020.100019
Vizcarra P, Pérez-ElÃas MJ, Quereda C, et al. ‘Description of COVID-19 in HIV-infected individuals: a single-centre, prospective cohort’. Lancet HIV. 2020;7(8):e554-e564. doi:10.1016/S2352-3018(20)30164-8
Tarmizi SN. Program Penanggulangan AIDS Di Indonesia Selama Masa Pandemi COVID 19.; 2020.
Kurniawati H, Shaluhiyah Z. ‘Pengetahuan Pendidik Sebaya Mempengaruhi Pemberian Informasi KRR di Kabupaten Kulon Progo’. Indones J Heal Promot. 2014;9(2):162-171. doi:10.14710/jpki.9.2.162-171
Demartoto A. ‘Intervensi Perubahan Perilaku Kesehatan Orang Dengan HIV/AIDS (Studi Kasus Pada Kelompok Dukungan Sebaya Solo Plus Di Surakarta)’. J Anal Sosiol. 2019;8(1):89-100. https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/28574
UNICEF. Published 2020. Volunteers help communities to protect themselves against COVID-19 in Indonesia. Accessed December 22, 2020. https://www.unicef.org/indonesia/coronavirus/stories/muhammidiyah-volunteers-help-communities-protect-themselves-against-COVID-19
Sumartini S, Maretha V. ‘Efektifitas Peer Education Method dalam Pencegahan HIV/AIDS terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja’. J Pendidik Keperawatan Indones. 2020;6(1):77-84. doi:10.17509/jpki.v6i1.21130
Ghasemi V, Simbar M, Fakari FR, Naz MSG, Kiani Z. ‘The effect of peer education on health promotion of iranian adolescents: A systematic review’. Int J Pediatr. 2019;7(3):9139-9157. doi:10.22038/ijp.2018.36143.3153
Simanjuntak EYB, Silitonga E, Aryani N. ‘Adaptasi Pendampingan Kesehatan Di Masa Pandemi COVID 19 Studi Strategi Virtual Outreach PKBI Kota Semarang’. J Abdidas. 2020;1(3):119-124.
Sabarudin, Mahmudah R, Ruslin, et al. ‘Efektivitas Pemberian Edukasi secara Online melalui Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan COVID-19 di Kota Baubau’. J Farm Galen (Galenika J Pharmacy).2020;6(2):309-318.n doi:10.22487/j24428744.2020.v6.i2.15253
Will Nutland LC. Health Promotion Practice Second Edition. Open University Press; 2015. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Abdullah SM. ‘Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review’ published in 1982-2012. Psikodimensia. 2019;18(1):85. doi:10.24167/psidim.v18i1.1708
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Muchammad Bayu Tejo Sampurno, Tri Cahyo Kusumandyoko, Muh Ariffudin Islam. ‘Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19’. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 6 (2020), pp. 529-542, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15210
Nufus, B. H. and Susanti, E. W. (2018) ‘Peran Pendamping Dalam Intervensi Pada Orang Dengan HIV / AIDS (ODHA)’, Jurnal Ilmu Kesejahteraan sosial, 19(2), pp. 132–144.
Fikriyyah, S., Dewi K, M. N. and Astrika, F. (2017) ‘Pengaruh Metode Peer education Terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Siswi SMP di Pondok Ta’mirul Islam Surakarta’, Jurnal EDUNursing, 1(2), pp. 64–71.
Amrizarois Ismail, Mohammad Rofiq, M. Afifun Na’im, Isa Aulia Rohman. Adaptasi Pendampingan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid 19 - Studi Strategi Virtual Outreach PKBI Kota Semarang.DOI:https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.35
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Versi
- 2021-09-13 (2)
- 2021-08-31 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Kesehatan Komunitas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium