Pengetahuan Ibu Berhubungan dengan Pelaksanaan Toilet Training pada Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD Islam Cerliana Kota Pekanbaru Tahun 2016
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol3.Iss3.125Kata Kunci:
Umur, Pendidikan, Lingkungan, Pelaksanaan toilet training, Pengetahuan, PekerjaanAbstrak
Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil dan buang air besar. Toilet training ini dapat berlangsung pada fase kehidupan anak yaitu umur 18 bulan-2 tahun. Dalam melakukan latihan buang air kecil dan besar pada anak membutuhkan persiapan baik secara fisik, psikologis maupun secara intelektual, melalui persiapan tersebut diharapkan anak mampu mengontrol buang air besar atau kecil secara sendiri.
Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 responden di PAUD Islam Cerliana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, analisis data univariat dan bivariate.
Hasil penelitian di uji secara statistik dengan uji chi square pada tingkat kepercayaan 95 % menggunakan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan. Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu (p = 0,00), dan tidak ada hubungan yang signifikan antara pendidikan ibu, pekerjaan ibu, umur ibu, dan lingkungan dengan pelaksanaan toilet training pada anak usia 3-5 tahun di PAUD Islam Cerliana Kota Pekanbaru Tahun 2016.
Diharapkan kepada ibu untuk melatih anak agar BAK dan BAB ditoilet sejak dini. Diharapkan kepada pihak sekolah khususnya para guru untuk mengajarkan toilet training sejak dini pada anak dan menghindari penggunaan diapers pada anak.
Unduhan
Referensi
Aryantiningsih, SD, (2013). Asuhan Neonatus Bayi Dan Balita Jilid 1. Pekanbaru: Sang Medika.
Andriani, S, dkk, (2014). Analisis Faktor-faktor Yang Berhubungan Toilet Training Pada Anak Prasekolah. Volume 2 nomor 3, Dustira Cimahi: Universitas Padjadjaran, 25 Januari 2016.
Hidayat,AAA, (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta: Salemba Medika.
Hidayat, AAA, (2013). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Indanah, dkk, (2014). Pemakaian Diapers Dan Efek Terhadap Kemampuan Toilet Training Secara Mandiri Pada Anak Usia 1-3 Tahun di PAUD Tunas Kelapa Desa Tungkaran Pangeran.Batulicin: STIKES Darul Azhar, 25 Januari 2016.
Yani, A (2014). Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan pelaksanaan toilet training secara mandiri pada anak usia toddler di TPA Citra Rsu Rajawali Citra Bantul. Yogyakarta: Ilmu Keperawatan Surya Global, 25 Januari 2016.
Istikhomah, H, (2014). Perilaku Ibu Tentang Toilet Training Pada Anak Usia 1-3 Tahun Di Desa Kajoran Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten. Klaten Selatan, 1 Februari 2016.
Maryunani, A, (2010). Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Jakarta: CV Trans Info Media.
Musfiroh, M, (2014). Penyuluhan Terhadap Sikap Ibu Dalam Memberikan Toilet Training Pada Anak. ISSN 1858-1196, Surakarta: Fakultas Kedokteran UNS, 3 Februari 2016.
Muslihatun, NW, (2010). Asuhan Neonatus Bayi Dan Balita. Yogyakarta: Fitramaya.
Ngastiyah, (2005). Perawatan Anak Sakit. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Notoatmodjo, S, (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Panduan Skripsi. (2016). Panduan Skripsi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pekanbaru.
Pusparini, W, (2009). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Perilaku Ibu Dalam Melatih Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di Desa Kadokan Sukoharjo. Pabelan Kartasura: FIK UMS, 5 Februari 2016.
Setiawan, SA. (2011). Metodologi Penelitian Krbidanan DIII, DIV,S1 Dan S2. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wawan, A. & Dewi, M, (2010). Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Cipta.
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium