Determinan Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Kinerja pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama: Tinjauan Sistematik

Penulis

  • Rizki Fadila Poltekkes Kemenkes Malang
  • Katmini Institut Ilmu Kesehatan Strada

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol8.Iss3.1272

Kata Kunci:

FKTP, National Health Insurance, Capitation Based Performance

Abstrak

Implementasi pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja telah dilaksanakan sejak tahun 2016 namun hingga saat ini masih banyak ditemukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang belum dapat memenuhi seluruh indikator kinerja yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait determinan pencapaian indikator Angka Kontak, Rasio Rujukan Kasus Non Spesialistik, dan Rasio Peserta Prolanis Terkendali sehingga diharapkan dapat mengetahui efektifitas dari kebijakan implementasi KBK. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan sistematis dengan menggunakan pedoman PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta Analysis). Pencarian literature dilakukan dengan menggunakan search engine: Research Gate, DOAJ, Google Scholar, dan ScienceDirect sehingga didapatkan 15 artikel yang memenuhi syarat untuk direview. Secara keseluruhan, faktor utama yang mempengaruhi pencapaian KBK adalah ketersediaan SDM, sarana prasarana serta tingkat pengetahuan peserta JKN. Meskipun demikian, faktor lain seperti ketersediaan dana, adanya kebijakan dan sistem informasi yang mendukung serta komitmen untuk memenuhi indiktor KBK juga mempengaruhi pencapaian KBK. Dalam hal ini, FKTP harus melakukan analisis beban kerja untuk mencukupi jumlah SDM, pemenuhan sarana prasarana dan rutin memberikan edukasi kepada peserta Prolanis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kementerian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan No.28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. 2014;

Maujudah S. Faktor-faktor yang berhubungan dengan indikator kapitasi berbasis komitmen pelayanan puskesmas di Wilayah DKI Jakarta tahun 2018= Factors related to. 2018 [cited 2021 Jan 14]; Available from: https://library.ui.ac.id/detail?id=20476992&lokasi=lokal

Pemerintah RI. UU RI No.40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. 2004;1–45.

BPJS Kesehatan. Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja. BPJS Kesehatan. Jakarta; 2019.

Kementerian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan No.71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. 2013.

Thabrany H, Setiawan E, Puteri GC, Qodarina UK, Pujiastuti AS, Aisyah W, et al. Evaluasi Penyelenggaraan Sistem Rujukan Berjenjang Era JKN-KIS. Ringkasan Riset JKN-KIS [Internet]. 2017;3:1–8. Available from: https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/dca313943f8f8b6f322071045ed1ceb6.pdf

Darmawan A, Kusdiyah E, Enis RN, W S, Realita E. Kajian Capaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBK) BPJS Di FKTP Kota Jambi. Jambi Medical Journal. 2020;8(1):75–84.

Nofriyenti N, Syah NA, Akbar A. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemenuhan Indikator Angka Kontak Komunikasi dan Rasio Peserta Prolanis di Puskesmas Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kesehatan Andalas. 2019;8(2):315-324.

Faulina AC, Khoiri A, Herawati YT. Kajian Pelaksanaan Sistem Rujukan Berjenjang Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional di UPT. Pelayanan Kesehatan Universitas Jember. Jurnal Ikesma. 2016;12(2):91–102.

Nurlinawati I, Rosita R, Werni S. Gambaran Faktor Penyebab Rujukan Di Puskesmas Kota Depok. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2019;22(3):176-183.

Alawi M, Junadi P, Latifah SN. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingginya Rujukan Kasus Non Spesialistik Pasien Jaminan Kesehatan Nasional pada Puskesmas di Kabupaten Sukabumi Tahun 2015. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia. 2017;2(1):17-23.

Munawarah SH, Misnaniarti M, Isnurhadi I. Sumber Daya Terhadap Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Kota Palembang. Gaster. 2020;18(1):37-49.

Widaty D. Analisis Pemenuhan Indikator Pembayaran Kapitasi pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 2018;5(2):111-116.

Maramis JVF, Mandagi CKF, Wowor R. Analisis Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) Terhadap Pembayaran Dana Kapitasi Di Puskesmas Wawonasa Kota Manado. Jurnal Kesmas. 2019;7(4). Available from: http://www.ejournalhealth.com/index.php/kesmas/article/view/892

Asfiani LV, Ilyas Y. Level of Adherence and Its Determinants of Prolanis Attendance in Type 2 Diabetes Mellitus Participants at Five BPJS Primary Health Care in Bekasi 2016. Journal Of Indonesian Health Policy And Administration. 2017;2(2):6-13.

Maharanti S, Oktamianti P. An Analysis Of The Healthcare Center System As A Gatekeeper In 2018. Journal Of Indonesian Health Policy And Administration. 2018;3(2):46-50.

Pamungkas RA, Chamroonsawasdi K, Charupoonphol P, Vatanasomboon P. A health-based coaching program for diabetes self-management (DSM) practice: A sequential exploratory mixed-method approach. Endocrinol Diabetes y Nutricion. 2020; Available from: https://doi.org/10.1016/j.endinu.2020.07.010

Eskawati MY, Murti B, Tamtomo D. Implementation of the Referral System Policy in the National Health Insurance Scheme at Community Health Centers, Ngawi District, East Java. Journal of Health Policy and Management. 2017;2(2):104–113.

Manurung J. Analisa Capaian Indikator Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) Pelayanan Terhadap Pembayaran Dana Kapitasi Di Puskesmas Hutabaginda Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019. Jurnal Akrab Juara. 2021;6(2):189–200.

Arifa AFC. Pengaruh Informasi Pelayanan Prolanis Dan Kesesuaian Waktu Terhadap Pemanfaatan Prolanis Di Pusat Layanan Kesehatan Unair. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 2018;6(2):95-102.

Fadila R, Purnomo AF. Analisis Faktor Penyebab Tingginya Rasio Rujukan Non Spesialistik Puskesmas Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Komunitas. 2021;7(2):144–149.

Widodextrosa, Muryanto I, Rany N, Hanafi A, Puspasari A. Achievement Efforts Based On The Fulfillment of Service Commitments (KBPKP) Analysis in Puskesmas Rumbai, Pekanbaru City. 2020;6(3):310–327.

Sabrina Q. Kebijakan dan Manajemen Publik Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSU Haji Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik. 2015;3(2):54–62.

File Tambahan

Telah diserahkan

2022-07-11

diterima

2022-07-18

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

1.
Fadila R, Katmini. Determinan Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Kinerja pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama: Tinjauan Sistematik. J Keskom [Internet]. 15 Desember 2022 [dikutip 22 Juli 2024];8(3):408-17. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1272