Analisis Mutu Pelayanan Prolanis dan Kepuasan Peserta Klub Menggunakan Metode Importance Performance Analysis

Penulis

  • Palji Alpala Yasrin Universitas Hangtuah Pekanbaru
  • Jasrida Yunita Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Nurvi Susanti Universitas Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol9.Iss3.1549

Abstrak

Jumlah penderita hipertensi dan diabetes mellitus meningkat setiap tahunnya di wilayah kerja Puskemas Gunung Toar. Namun belum semua penderita hipertensi dan diabetes mellitus mengikuti prolanis, serta belum pernah dilakukan evaluasi tentang mutu pelayanan prolanis oleh Puskesmas Gunung Toar maupun BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian untuk menganalisis mutu pelayanan program pengelolaan penyakit kronis, dan kepuasan peserta menggunakan metode Importance Performance Analysis. Jenis penelitian adalah mixed methods. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi pada bulan Mei-Juni 2022. Jumlah populasi 533 orang. Analisis kuantitatif dengan sampel 100 responden menggunakan metode Importance Performance Analysis dan analisis kualitatif dengan 5 informan melalui wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan  kehandalan petugas sebesar 92,68%, ketanggapan 97,45%, bukti fisik 99,50%, jaminan 98,18%, empati 96,02% dan kepuasan peserta prolanis secara keseluruhan yaitu 96,51%. Masih diperlukan penambahan penanggung jawab prolanis di masing-masing klub, memperkuat tim prolanis, memperkuat dukungan lintas sektoral, meningkatkan pengelolaan pengarsipan dokumen pertanggungjawaban, dan perlu evaluasi kegiatan prolanis setiap bulan, triwulan, dan tahunan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Idris. F. (2014). Pengintegrasian Program Preventif Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 PT Askes (Persero) ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). J Indon Med Assoc : Volume 64. Nomor 3. 115-121

BPJS Kesehatan. (2014). Panduan Praktis Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Jakarta.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi. (2021). Profil Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2021.

Pohan, Imbalo S. (2006). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC

Pohan, Imbalo S. (2006). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC

Fauziah, R., & Indrawati, F. (2022). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 2(1), 83-92

Sumiyanti, N. M., & Dalem, A. A. G. A. P. (2016). Strategi Komunikasi Perawat Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 12(1), 1–14.

Nepe, Ludia. (2017). Hubungan Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Nursing News Vo. 2 No. 2, 2017

Herlambang, S. (2012). Cara Mudah Memahami Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Muninjaya, A.A Gede. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC

Gata, W., H. Gilang, O. (2017). Analysis of Information System Quality of Service On BSI Academy’s Environment Using Webqual Methods, Importance Performance Analysis And Fishbone, Jurnal Of Theoretical and Applied Information Technology Volume 95. Nomor 2. 229-241

Divonanda, A. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Petugas Di Puskesmas Tanjung Medan. Tesis. Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah. Pekanbaru.

Mohamed, B., & Azizan, N. A. (2015). Perceived service quality’s effect on patient satisfaction and behavioural compliance. International Journal of Health Care Quality Assurance, 28 (3), 300–314.

Purnamasari, P, D. (2017). Hubungan Program Pengelolaan penyakit Kronis (Prolanis) Terhadap Status Kesehatan Penderita Hipertensi. Skripsi. Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggu Ilmu Kesehatan Insan Cendikia Jombang.

Putri, I. G. A. D. T., & Hardy, I. P. D. K. (2022). Dimensi Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Prolanis Di Puskesmas Kota Denpasar. Jurnal Kesehatan Terpadu, 6(1), 27-33.

Suhaeti, dkk (2016). Deskripsi Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien Hipertensi Peserta Prolanis BPJS Di Puskesmas Pataruman III Kota Banjar.

Supranto, Johannes. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

UPTD Kesehatan Puskesmas Gunung Toar. (2021). Profil UPTD Kesehatan Puskesmas Gunung Toar Tahun 2021.

Winda Bata, Y. (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial pada Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja Tahun 2013. Jurnal Universitas Hasanuddin,1-12.

Unduhan

Telah diserahkan

2023-05-28

diterima

2023-11-29

Diterbitkan

2024-01-16

Cara Mengutip

1.
Yasrin PA, Yunita J, Susanti N. Analisis Mutu Pelayanan Prolanis dan Kepuasan Peserta Klub Menggunakan Metode Importance Performance Analysis . J Keskom [Internet]. 16 Januari 2024 [dikutip 11 Mei 2024];9(3):577-8. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1549

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>