Pemanfaatan Media Dalam Strategi Pemasaran di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru Tahun 2016

Pemanfaatan Media Dalam Strategi Pemasaran di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru Tahun 2016

Penulis

  • leon candra STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol3.Iss5.161

Kata Kunci:

media promotion, marketing, setting goals, the amount of the budget, determine the message, media selection

Abstrak

Pemanfaatan media dalam strategi pemasaran merupakan unsur taktik pemasaran dalam upaya menangkap pasar. Indikator keberhasilan promosi adalah meningkatnya kunjungan. Berdasarkan survei yang dilakukan melalui wawancara diketahui bahwa sejak awal Rumah Sakit berdiri sudah memiliki program promosi, seperti promosi melalui media cetak (brosur, leaflet, banner), media elektronik (Televisi) dan media online (situs resmi). Tujuan penelitian ini adalah diperolehnya informasi yang mendalam mengenai pemanfaatan media dalam strategi pemasaran di Rumah Sakit Syafira tahun 2016. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang informan utama, 3 orang informan penunjang. Dengan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dam telah dokumen. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian, sasaran komunikasi dari Rumah Sakit adalah seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan serta respons yang diharapkan dari sasaran mengenai media promosi ini hanya sebatas untuk mengetahui layanan-layanan yang ada di rumah sakit. Dalam menetapkan jumlah anggaran yang menjadi faktor khusus yang perlu dipertimbangkan yaitu dari segi frekuensi iklan dan pangsa pasar. Penentuan pesan yang dilakukan dengan cara melibatkan masyarakat ataupun pengunjung. Pemilihan media dari anggaran yang tersedia yaitu menggunakan media cetak seperti brosur, leaflet, banner, baliho, media online dan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, jenis media spesifik yang paling efektif yaitu menggunakan brosur. Saran terhadap rumah sakit, untuk menentukan yang menjadi sasaran komunikasi. Memperhatikan pesan yang disampaikan, tidak hanya sekedar memberikan informasi layanan, tapi pesan yang dapat menimbulkan kesadaran atau perhatian, menarik minat, menciptakan keinginan, dan mendorong terjadinya tindakan. Mengelola kembali website rssyafira.com yang sampai saat ini sudah tidak bisa diakses lagi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Gahayu, S.A (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Pekanbaru : Buku Ajar
Hartono, B. (2010). Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit.Jakarta : PT Rineka Cipta.
Profil Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. (2016). Pekanbaru. (Tidak diterbitkan)
Putra, A. (2010). Analisis Strategi Promosi Majalah Cita Cinta. Bogor: Skripsi (Tidak diterbitkan) Depatemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.
STIKes Hang Tuah.(2015). Panduan Skripsi. Pekanbaru: Program Studi Ilmu Kesehatan STIKes Hang Tuah.
Triton, PB (2008). Marketing Strategic : Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing. Yogyakarta : Tugu Publisher

Unduhan

Telah diserahkan

2017-08-24

diterima

2018-01-04

Diterbitkan

2018-03-27

Cara Mengutip

1.
candra leon. Pemanfaatan Media Dalam Strategi Pemasaran di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru Tahun 2016: Pemanfaatan Media Dalam Strategi Pemasaran di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru Tahun 2016. J Keskom [Internet]. 27 Maret 2018 [dikutip 22 Juli 2024];3(5):172-5. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/161