Karakteristik Kesalahan Pelayanan dengan Kebijakan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Semarang
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol10.Iss3.1792Kata Kunci:
kesalahan pelayanan, kebijakan, keselamatan pasienAbstrak
Latar Belakang: Bidang kedokteran gigi sangat mengutamakan dan mementingkan keselamatan pasien karena pelayanan kesehatan di bidang kedokteran gigi yang tidak aman mengakibatkan peningkatan potensi morbiditas dan mortalitas serta beban finansial bagi sistem layanan kesehatan. Sehubungan dengan pelayanan kesehatan di dalam rumah sakit, terdapat kesalahan yang pernah terjadi sesuai dengan karakteristik kesalahan pelayanan di rumah sakit gigi dan mulut. Petugas rumah sakit sendiri sering melalukan kesalahan, meliputi kesalahan dalam kedisiplinan, komunikasi, hingga kesalahan teknis. Keselamatan pasien adalah konsep pasien yang sedang dalam pelayanan kesehatan sehingga dapat mencapai dampak yang diharapkan. Tujuan: Mengukur karakteristik kesalahan pelayanan dengan kebijakan keselamatan pasien di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Universitas Muhammadiyah Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sebanyak 68 sampel diambil dari tenaga dokter gigi, dokter gigi muda dan staff. Analisis secara univariat dinilai berdasarkan distribusi frekuensi. Hasil: Hasil respon positif tertinggi berada pada dimensi penilaian terhadap kebijakan keselamatan pasien dan pelayanan 95,59% termasuk dalam kategori sangat baik/kuat yang artinya tingkat kebijakan keselamatan pasien dan pelayanan di RSGM Unimus sudah mendukung dan pada penilain kerjasama internal (dalam unit) memiliki respon positif terendah yaitu sebesar 71,64% dapat dikategorikan sedang sehingga masih perlu ditingkatkan kembali dalam kerjasama internal di RSGM Unimus. Kesimpulan: Secara keseluruhan karakteristik kesalahan pelayanan dengan kebijakan keselamatan pasien di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Universitas Muhammadiyah Semarang sudah bagus terutama pada dimensi penilaian terhadap kebijakan keselamatan pasien dan pelayanan.
Unduhan
Referensi
1. Kementerian KRI. Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta: Dinas Kesehatan RI; 2019.
2. MANURUNG WA. Perancangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kelas C Non-pendidikan Berbasis Low Cost di Kota Tanjungbalai Tema : Low Energy. universitas islam negeri maulana malik ibrahim; 2015.
3. Prapitasari, Ruly and NHJ. Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. 1st ed. Adab P, editor. Indramayu; 2020.
4. Elrifda S. Budaya Patient Safety dan Karakteristik Kesalahan Pelayanan : Implikasi Kebijakan di Salah Satu Rumah Sakit di Kota Jambi Patient Safety Culture and Healthcare Error Characteristics : Implication of Policy at A Hospital in Jambi. 2011;(05):67–76.
5. Arti DWK, Prasetio DB. Persepsi manajemen keselamatan pasien di rumah sakit gigi dan mulut. J Ilm Permas J Ilm STIKES Kendal. 2021;11(1):23–30.
6. Cullingham P, Saksena A, Pemberton MN. Patient safety: Reducing the risk of wrong tooth extraction. Br Dent J. 2017;222(10):759–63.
7. Kinanti DW, Kusniati R. Gambaran Manajemen Keselamatan Pasien di RSGM Unimus Berdasarkan Agency For Health Research And Quality Care (AHRQ). J Manaj dan Adm Rumah Sakit Indones. 2020;4(2):166–77.
8. Harsiwi T et al. Analisis Pelaksanaan Keselamatan Pasien Oleh Perawat. J Heal Stud. 2018;1(2):84–95.
9. Citra P. Keselamatan Pasien (Patient Safety). Universitas Sumatera Utara Medan; 2018.
10. Athifah, Nurul, Syahrir K. Gambaran Budaya Keselamatan Pasien Di Rsud Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. 2014;1–16.
11. Ardinansyah A, Nurniza N. Persepsi Mahasiswa dan Dosen terhadap Pembelajaran Keselamatan Pasien pada Tahap Klinik Program Pendidikan Kedokteran Gigi Universitas YARSI. Maj Kesehat PharmaMedika. 2019;11(1):16–24.
12. Nurislami S, Pramesona BA, Wintoko R, Oktarlina RZ. Faktor-faktor yang Memengaruhi Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien: Literature Review. J Penelit Perawat Prof. 2023;5(2):551–8.
13. Neri RA, Lestari Y, Yetti H. Analisis Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien Di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman. J Kesehat Andalas. 2018;7:48.
14. Febriyanty D, Utami D. BioLink Gambaran Budaya Keselamatan Pasien Berdasarkan Metode Ahrq Pada Pegawai Rs . Anna Medika Kota Bekasi Tahun 2018 Description Of Patient Safety Culture With Ahrq Methods At Rs . Anna Medika Bekasi In 2018 Nomor : Laporan dari Institute of Medicine K. 2019;5(2).
15. Ulumiyah NH. Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. J Adm Kesehat Indones. 2018;6(2):149.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Kesehatan Komunitas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium