HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD PETALA BUMI PROVINSI RIAU
Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol5.Iss3.359Kata Kunci:
Patients’ satisfaction, Quality of services, Petala Bumi HospitalAbstrak
Peningkatan mutu pelayanan dalam sebuah manajemen rumah sakit merupakan prioritas utama. Pelayanan kesehatan yang bermutu dapat dilihat dari lima dimensi yaitu kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), bukti fisik (tangibles). Makin baik mutu pelayanan kesehatan yang diberikan, maka makin sempurna kepuasan pasien. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di instalasi rawat jalan RSUD Petala Bumi Provinsi Riau. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain penelitian Cross Sectional. Jumlah sampel sebanyak 96 orang pasien yang diambil dengan teknik Accidental Sampling. Analisa data menggunakan bivariate dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan kehandalan (P value = 0,021, nilai OR 3,000), daya tanggap (P value = 0,000, nilai OR 5,432), jaminan (P value = 0,018, nilai OR 3,096), empati (P value = 0,004, nilai OR 3,850), bukti fisik (P value = 0,010, nilai OR 3,392) dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Petala Bumi Provinsi Riau. Diharapkan Pihak RSUD Petala Bumi Provinsi Riau untuk dapat melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan agar kepuasan pasien dapat terus meningkat.
Unduhan
Referensi
Az-zahro, N. T. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. Vol. 12 No. 2, Agustus 2017: 99-111. ISSN: 1907-5235.http://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/download/136/115/ (Diakses 20 Februari 2018).
Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Tanggerang: Binarupa Aksara.
Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Efendi, S. A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Radiologi RSUD Tengku Rafi’an Siak Sri Indrapura. Vol.4, No. 1. April 2017.http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JPKMI/article/view/3429. (Diakses 15 Februari 2018).
Hadiyatma et al. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Vol.11. ISSN : 1978-0575. September 2017. http://journal.uad.ac.id/index.php/KesMas/article/download/7260/pdf_105. (Diakses 4 Juli 2018).
Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Hidayati, A. N., Suryawati, C., & Sriatmi, A. (2014). Analisis HubunganKarakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kesehatan Masyarakat, Volume 2, No. 1. Januari 2014. https://media.neliti.com/ media/publications /18333-ID- analisis- hubungan -karakteristik-pasien-dengan-kepuasan-pelayanan-rawat-jalan-sem.pdf (Diakses 20 Februari 2018).
Jacobis, R. (2013). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta JAMKESMAS Di BLU RSUP. DR.R.D.KANDOU MANADO. Vol.1, No.4. Desember 2013. ISSN : 2303-1174.https://media.nelti.com/ media/publications/ 1815-ID- faktor-faktor- kua litas-pelayanan-pengaruhnya-terhadap-kepuasan-pasien-rawat-inap.pdf. (Diakses 4 juli 2018).
Kotler, P. &, & Keller, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Tingkat IV Slamet Riyadi Surakarta, Vol.7, No.1. ISSN:2086-2628.http://ejurnalinfokes.apikescm.ac.id/index.php/infokes/article/download/167/147. (Diakses 10 Maret 2018).
Laeliyah, N., & Subekti, H. (2016). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu, Vol. 1, No. 2. ISSN : 2541-0644.https://journal.ugm.ac.id/jkesvo/article/view/27576/16884 (Diakses 10 Maret 2018).
Pohan, S. Imbolo. 2003. Jaminan Mutu Palayanan Kesehatan. Jakarta: Kesaint Blanc
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium