THE INFLUENCE OF HOSPITAL IMAGE SERVICES ON NEED COMMUNITIES IN REGIONAL GENERAL HOSPITAL (RSUD) BAU-BAU CITY
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol5.Iss3.419Kata Kunci:
Image, Need SocietyAbstrak
Data kunjungan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Baubau, pada tahun 2015 jumlah kunjungan pasien rawat inap sebanyak 6.518 pasien, tahun 2016 sebanyak 7.023 pasien, sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 7.119 pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Pelayanan Rawat Inap Terhadap Need Masyarakat Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Baubau dari tingkat pelayanan petugas kesehatan, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, dan kondisi lingkungan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah populasi sebanyak 7.119.Sampel dalam penelitian ini adalah 99 pasien yang berada di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Baubau. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan metode Accidental Sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pelayanan petugas kesehatan dengan need masyarakat dengan nilai signifikasi 0,026 yang artinya pelayanan petugas kesehatan lebih kecil dari nilai probaliti atau 0,026 < 0,05, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan lebih kecil dari nilai probaliti atau 0,000 < 0,05, kondisi lingkungan lebih kecil dari nilai probaliti atau 0,004 < 0,05.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pelayanan petugas kesehatan terhadap need masyarakat, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan terhadap need masyarakat, kondisi lngkungan terhadap need masyarakat di rumah sakit umum daerah Kota Baubau
Unduhan
Referensi
Azwar. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan (Edisi III). Jakarta: Bina Rupa Aksara.
BLUD RSUD Kota Bau-Bau. (2017). Profil RSUD Kota Bau-Bau.
Budi A. (2010). Persepsi Santri Tentang Pelayanan Kesehatan dan Pengaruhnya Terhadap Pemanfaatan Balai Pengobatan Santri dan Masyarakat (Bpsm) â€An-Nur†di Pondek Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Paya Bandung Medan. Universitas Sumatera Utara.
Budianto E. (2003). Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.
Dinkes Manggarai. (2012). Profil Kesehatan Nusa Tenggara Timur.
Ina R, Rajesri G, Budhi P, dan I. S. (2013). Analisis Kualitas Layanan pada Bagian Rawat Inap Rumah Sakit di Bandung.
Indriani, Larasati, L. (2015). Analisis Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang.
Kemenkes RI. (2008). Kemenkes RI No. 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.
Kemkes RI. (2003). Kemenkes RI No. 560/Menkes/SK/IV/2003 Tentang Pola Tarif Perjan Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.
Kurniasari, A. (2008). Analisis Kebutuhan Pelanggan Puskesmas Pijoan Baru Propinsi Jambi. Universitas Gajah Mada.
Medhyputra. (2013). Pembangunan Kesehatan Di Indonesia. Jakarta. Retrieved from https://medhyputra.wordpress.com/2011/06/23
Murtini. (2015). Hubungan Sikap Masyarakat Wilayah Kerja Puskesmas Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap di Puskesmas Margangsan Kota Yogyakarta, FKM, UAD.
Perdanasari. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Pada Rumah Sakit Umum Abdul Moloek Provinsi Lampung. Universitas Lampung.
Prasetya. (2011). Pengaruh Citra Pelayanan Rawat Inap Terhadap Need Masyarakat di Puskesmas Gelugur Darat. Universitas Sumatera Utara.
Risqy. (2014). Pelayanan Rawat Inap.
Sofyan. (2016). Faktor yang berhubungan dengan kinerja kader posyandu di wilayah kerja puskesmas liwuto kota bau-bau. Universitas dayanu ikhasanuddin.
Sugiyanto, A. (2011). Pengaruh Citra Puskemas Terhadap Pemanfaatan Oleh Masyarakat di Puskesmas Temanggung Propinsi Jawa Tengah.
Supratman, D dan Prasetyo, E. (2010). Bisnis Orang Sakit. Yogyakarta: Resist Book.
Susatyo. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Yulianti. (2013). Hubungan Citra Pelayanan Rawat Inap Dengan Pemenuhan Kebutuhan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Jeuram Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. UniversitasTeuku Umar.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium