sikap pasien rawat jalan dalam pemanfaatan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Petala Bumi Pekanbaru Provinsi Riau

Penulis

  • yeni afriani a:1:{s:5:"en_US";s:49:"sekolah tinggi ilmu kesehatan Hang Tuah Pekanbaru";}
  • henny Djuhaeni universitas Padjajaran
  • Nurmaimun Nurmaimun sekolah tinggi ilmu kesehatan Hang Tuah Pekanbaru
  • Jasrida Yunita sekolah tinggi ilmu kesehatan Hang Tuah Pekanbaru
  • Arief Wahyudi sekolah tinggi ilmu kesehatan Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss2.436

Kata Kunci:

BPJS, pengetahuan, RS Petala Bumi

Abstrak

Rumah Sakit memiliki peran yang sangat besar sebagai penyedia layanan kesehatan kesehatan kepada peserta BPJS Kesehatan.. Pelaksanaan program BPJS Kesehatan di Rumah Sakit tidak terlepas dari beragam permasalahan seperti peserta BPJS yang tidak memahami dengan baik hak dan kewajibannya sebagai dampak kurangnya pengetahuan, pekerjaan masyarakat terkait BPJS Kesehatan, kurangnya terpapar informasi terkait BPJS kesehatan hingga sikap dan perilaku petugas kesehatan terhadap pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor  apa saja  yang berhubungan dengan sikap pemanfaatan pelayanan BPJS kesehatanpada pasien rawat jalan di Rumah Sakit Petala Bumi Provinsi Riau. Jenis penelitian  kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dan multivariat dengan menggunakan uji regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan secara signifikan dengan sikap pasien rawat jalan dalam pemanfaatan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yaitu pengetahuan (POR:3,99 ; CI 95%;1,,782-8,935), pendidikan (POR:16,67 ; CI 95%;7,206-38.575) dan keterpaparan informasi POR:2,65 ; CI 95%;1,228-5,704). Disarankan kepada tenaga kesehatan agar lebih meningkatkan peran dalam pemberian promosi kesehatan tentang BPJS kesehatan melalui penyuluhan terpadu dengan menjalin kerjasama lintas program dan lintas sektoral diantaranya melalui sosialisasi terpadu dari berbagai pihak dengan melibatkan ulama, dan tokoh masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alamsyah, Dedi. (2011). Manajemen pelayanan kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Ali, Zaidin. (2010). Dasar-dasar pendidikan kesehatan masyarakat dan promosi kesehatan. Jakarta: Trans Info Media

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (1995). Sikap manusia teori dan pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar

Barthos, Basir. (2009). Manajemen sumber daya manusia suatu pendekatan makro. Jakarta: Bumi Aksara

Hartono, Bambang. (2010). Manajemen pemasaran untuk rumah sakit. Jakarta: Rineka Cipta

Hastuti, Permata dan Fitri, Milla. (2016). Asuransi konvensional, syari’ah dan BPJS. Yogyakarta: Parama Publishing

Irawan, Bambang., Asmaripa Ainy. (2018). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan pada peserta Jaminan Kesehatan Nasional di wilayah kerja Puskesmas Payakabung, Kabupaten Ogan Ilir.

Lukiono, Wahyu Tri. (2010). Pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap pemanfaatan jaminan kesehatan pada ibu hamil miskin Di Kota Blitar.

Maharani, Putu Veyna. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat di Kota Singaraja memiliki program asuransi unitlink.

Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Pemerintah RI Nomor 101 Tahun 2012 Tentang penerima bantuan iuran jaminan kesehatan

Peraturan Presiden RI Nomor 12 Tahun 2013 Tentang jaminan kesehatan

Salim, Hermiyanti dan Rahman. (2017). Analisis implementasi kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu. Jurnal Kesehatan Tadulako Vol.3 No. 1, Januari 2017

Siangian, Sondang. (2012). Teori motivasi dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sulastri, Susi. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta BPJS golongan Pbi Di Puskesmas Tandang Buhit Kecamatan Balige

Suryani, Irma dan Suharyanto. (2016). Implementasi program badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) dalam meningkatkan pelayanan administrasi kesehatan di Rumah Sakit Umum Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Ilmu Administrasi Publik Universitas Medan Area Indonesia

Thabrany, Hasbullah. (2014). Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang No. 36 tahun 2009 Tentang kesehatan

Undang-Undang No. 40 Tahun 2014 Tentang sistem jaminan sosial nasional

Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Vyandri, Masadib Akmal. (2016). Implementasi kebijakan BPJS kesehatan di Kota Surabaya. Jurnal penelitian administrasi publik Universitas Wiraraja Sumenep

Telah diserahkan

2019-10-23

diterima

2021-08-28

Diterbitkan

2021-08-31

Cara Mengutip

1.
afriani yeni, Djuhaeni henny, Nurmaimun N, Yunita J, Wahyudi A. sikap pasien rawat jalan dalam pemanfaatan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Petala Bumi Pekanbaru Provinsi Riau . J Keskom [Internet]. 31 Agustus 2021 [dikutip 21 Desember 2024];7(2):214-20. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/436

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.