Faktor- faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Peserta ASKES Sosial dalam Pelayanan Dokter Keluarga PT. ASKES (Persero)

Penulis

  • Alicia . STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Yanwir Kamal STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol2.Iss2.53

Kata Kunci:

Kepuasan peserta Askes Sosial pada Pelayanan Dokter Keluarga

Abstrak

Angka kunjungan peserta Askes Sosial pada pelayanan kesehatan Dokter Keluarga PT. Askes (Persero) di Kabupaten Kuantan Sengingi pada tahun 2010 mengalami penurunan yang menimbulkan pertanyaan dan mencari penyebab dari menurunnya kunjungan peserta Askes pada pelayanan kesehatan di Dokter keluarga tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan peserta Askes Sosial dalam pelayanan dokter keluarga di PT. Askses (Persero) di Kabupaten Kuantan Sengingi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan desain cross sectional . Subjek dalam penelitian ini adalah 97 orang peserta Askes sosial. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan variabel yang dianalisis yaitu Pelayanan Administrasi, Pelayanan Medis, serta Sarana dan Prasarana pada Dokter Keluarga. Uji statistic menggunakan uji Chi square dengan nilai significancy p (p-value) < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan Pelayanan Administrasi, Pelayana Medis, serta Sarana dan Prasarana pada Dokter Keluarga dengan kepuasan peserta Askes Sosial PT. Askes (Persero) di Kabupaten Kuantan Singingi. Disarankan kepada Dokter keluarga agar dapat Mempertahankan dan meningkatkan sistem pelayanan administrasi, pelayanan medis dan sarana prasarana guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan peserta Askes sosial, Dokter Keluarga dapat memberikan pelayanan yang bersifat promotif dan preventif, PT. Askes (Persero) Kabupaten Kuantan Sengingi lebih mensosialisasikan keberadaan Dokter Keluarga kepada para peserta Askes Sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Telah diserahkan

2017-02-09

Diterbitkan

2013-05-09

Cara Mengutip

1.
. A, Kamal Y. Faktor- faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Peserta ASKES Sosial dalam Pelayanan Dokter Keluarga PT. ASKES (Persero). J Keskom [Internet]. 9 Mei 2013 [dikutip 19 November 2024];2(2):100-5. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/53

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.