PENGARUH KOMPETENSI ETOS KERJA PETUGAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK FISIOTERAPI RSUD DATU BERU TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol6.Iss2.537Kata Kunci:
Kata Kunci: Kompetensi Etos Kerja, Petugas Fisioterapi, Kepuasan PasienAbstrak
Abstrak
Kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi etos kerja petugas terhadap kepuasan pasien. Jenis penelitian yang digunakan adalah Survey Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner yang dibagikan kepada 60 responden secara analisis dengan uji regresi logistik berganda. Hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh terhadap kepuasan pasien yaitu variabel kedisiplinan petugas, ketelitian petugas dan tanggung jawab petugas dengan nilai p (sig) = < 0,05. Variabel yang paling dominan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien adalah ketelitian petugas dengan p (sig) 0,002 dan memiliki nilai OR= 13.360. Kesimpulan penelitian terdapat hubungan kompetensi etos kerja petugas ditinjau dari kedisiplinan, kejujuran, ketelitian, tanggung jawab, dan kematangan emosi petugas fisioterapi terhadap kepuasan pasien. Saran meningkatkan kedisiplinan, kejujuran, ketelitian, tanggung jawab, dan kematangan emosi supaya pasien puas dalam menerima pelayanan fisioterapi yang diberikan.
Unduhan
Referensi
Nova RF. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Fakultas Ekonomi; 2010.
Hardi J. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Umum Dan Pasien Jamkesmas Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Pasaman Barat Tahun 2010. Univ Andalas. 2010;
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Standar Pelayanan Fisoterapi. 2015;
Kesehatan M. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Kemenkes RI. 2013;
Kementerian K. Pedoman Pelayanan Fisioterapi di Sarana Kesehatan. 2008;(1662).
Ewles L. Promosi Kesehatan Petunjuk Praktis. Gadjah Mada University Press; 2009.
Boulter N, Dalziel M, Hill J. People And Competencies : The Route To Competitive Advantage. Kogan Page; 1996.
Amelia I. Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Puskesmas.
Hardiansyah D. Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta Gava Media. 2011;
Indrawati R. Pengaruh Kompetensi Dan Kualitas Pelayanan Petugas Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Ciledug–Tangerang. 2016;
Ulin PR E a. Qualitative Methods In Public Health. Amerika: Jossey Bass; 2005.
Daulay D. Hubungan Karakteristik Individu Dengan Kompetensi Sanitarian Dalam Pelaksanaan Penyehatan Makanan Di Puskesmas Kota Medan Tahun 2006. 2007.
Sulistiawan B. Pengaruh Koordinasi Dan Kompetensi Pengelola Program Terhadap Kinerja Pengelola Program Penanggulangan Tuberkulosis Paru Di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Binjai Tahun 2013. 2013.
Nawawi M. Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Tenaga Kesehatan Terhadap Kinerja Pusat Kesehatan Masyarakat. Mimb J Sos dan Pembang. 2012;28(1).
Azwar A. Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 1996;1496.
Nasution NM. Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Keperawatan Prima di Ruang rawat Inap Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. 2009;
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Kesehatan Komunitas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium