Analisis Upaya Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Rumbai Kota Pekanbaru

Penulis

  • widodextrosa widodextrosa a:1:{s:5:"en_US";s:27:"STIKes Hang Tuah Pekanbaru ";}
  • Irwan Muryanto STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Novita Rany STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Ahmad Hanafi STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Adliana Puspasari STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol6.Iss3.597

Abstrak

Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) adalah penyesuaian besaran tarif kapitasi berdasarkan hasil penilaian pencapaian indikator pelayanan kesehatan perseorangan yang disepakati berupa komitmen pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam rangka meningkatkanefisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pelayanan kesehatan di FKTP. Pencapaian target indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Rumbai  Pekanbaru belum memuaskan. Sepanjang tahun 2019 pencapaian indikator KBPKP sebahagian besar berada pada kondisi tidak aman dengan rentang pembayaran kapitasi berkisar 90% - 95%. Tujuan penelitian untuk menganalisis upaya pencapaian indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) Di Puskesmas Rumbai Kota Pekanbaru Tahun 2019. Cara pemelihan  informan menggunakan snowball sampling Kriteria informan yang dipilih dalam penelitian ini berdasarkan ketersediaan untuk diwawancarai, mengetahui  permasalahan dengan jelas, dapat dipercayai dan menjadi sumber data yang baik dan mampu mengemukan pendapat secara baik. Informan dalam penelitian ini bersifat fleksibel sesuai dengan kecukupan dan kesesuaian dalam penelitian.. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pencapaian indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Rumbai Kota Pekanbaru belum maksimal. Komitmen untuk mencapai angka indikator masih kurang. Strategi yang dibuat belum jelas, karenanya belum melakukan upaya penyusunan strategi secara jelas, terstruktur dan sistimatis. strutur organisasi tidak diikuti dengan uraian tugas pokok dan fungsi sehingga pengawasan menjadi lemah, petugas pemegang program tidak fokus dalam merealisasikan rencanna pencapaian indikator kapitasi berbasis pelaksanaan komitmen pelayanan (KBPKP) yang sudah ditetapkan akibatnya upaya pencapaian indikator KBPKP sulit direalisasikan. Disarankan Perlu dilakukan upaya untuk membuat  SOP, rencana yang komprehensif, terukur, sistematis, menyusun tugas pokok dan fungsi untuk petugas yang ditempatkan sebagai personal yang bertugas untuk merealisasikan target indikator yang sudah ditetapkan sehingga koordinasi dan pengendalian tindakan dalam  merealisasikan indikator KBPKP dapat dilakukan dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alhamidah, Noor. 2017. Hubungan Sistem Kapitasi Dan Penghargaan Dengan Kepuasan Kerja Dokter Umum Praktik Perorangan Bpjs Kesehatan Banjarmasin. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, Vol.3 No.3, Desember 2016. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

BPJS Kesehatan. 2015. Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Norma Penetapan Besaran Kapitasi dan Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta.

BPJS Kesehatan. 2019. Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor Nomor 7 Tahun 2019. Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta

BPJS Kesehatan KCU Pekanbaru. 2020. Data Capaian Indikator Komitmen Pelayanan Pada Penilaian Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan di Puskesmas Kota Pekanbaru. Pekanbaru. BPJS Kesehatan

Cromwell, J., et al. Pay For Performance in Health Care: Methods and Approaches. USA : RTI International Press.

Khariza ,AH. 2015. Program Jaminan Kesehatan Nasional: Studi Deskriptif Tentang Faktor-Faktor Yang Dapat MempengaruhiKeberhasilan Implementasi Program Jaminan Kesehatan NasionalDi Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Volume 3, Nomor 1, Januari –April 2015. ISSN 2303 -341X. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Airlangga

.Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta :Deepublish.

Lestari, Meri. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pencapaian Target Indikator Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan Pada Puskesmas Di Kota Padang Tahun 2016. Tesis .Pascasarjana Universitas Andalas. Padang.

Meiriana, Anita. 2019. Implementasi Program

Munawaroh, Halimatul. 2019. Analisis Faktor Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) Di Puskesmas Kota Palembang. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya

Nofriyenti,et al. 2019. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pemenuhan Indikator Angka Kontak Komunikasi dan Rasio Peserta Prolanis di Puskesmas Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kesehatan Andalas. Vol 8 (2) : 315324.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 59 . 2014. Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan. Jakarta: Kemenkes

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 12. 2016. Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan. Jakarta : Kemenkes RI.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 39.2016. Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Jakarta : Kemenkes RI.

Sari, Gusfita. 2017. Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Waskita Beton Precast,Tbk Batching Plant Bandara Palembang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Darma

Utami, D.S., Murti, B. & Suryani, N. 2016. Kajian Implementasi Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Surakarta. Jurnal Universitas Sebelas Maret

Widaty, Delvia. 2017. Indikator Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Surabaya. JAKI. Vol. 5 no. 2 Juli-Desember 2017

Widyastuti, K., 2016. Pelaksanaan Uji coba Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan. BPJS Kesehatan.

Unduhan

Telah diserahkan

2020-10-07

diterima

2020-12-01

Diterbitkan

2021-02-26

Cara Mengutip

1.
widodextrosa widodextrosa, Muryanto I, Rany N, Hanafi A, Puspasari A. Analisis Upaya Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Rumbai Kota Pekanbaru. J Keskom [Internet]. 26 Februari 2021 [dikutip 23 November 2024];6(3):310-27. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/597

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>