Analisis Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau

Penulis

  • Oktavia Dewi STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Raviola Raviola STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Nila Puspita Sari STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss1.874

Abstrak

Kepuasan pasien merupakan hal yang penting dan umumnya digunakan sebagai indikator untuk mengukur kualitas suatu pelayanan kesehatan. Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru termasuk kota dengan angka gangguan jiwa yang cukup tinggi. Studi ini bertujuan utk mengetahui gambaran Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau Tahun 2020. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan melihat gambaran kepuasan keluarga pasien terhadap pelayanan kesehatan di RSJ Tampan Provinsi Riau. Sampel penelitian ini adalah 100 orang responden pada  dengan menggunakan nilai indeks kepuasan masyarakat menggunakan kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang ada di RSJ Tampan Provinsi Riau tergolong di dalam kategori A (Sangat Baik) dengan nilai kepuasan rata-rata 87. Pada studi selanjutnya diharapkan agar indeks kepuasan pasien perlu dilakukan pada seluruh pelayanan yang ada di RSJ Tampan, dengan mempertimbangkan penggunaan metode “ServQual†(Service Quality) untuk memperoleh hasil kepuasan pasien lebih mendetail

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arianto. Komunikasi Kesehatan (Komunikasi Antara Dokter dan Pasien). Universitas Tadulako. Palu; 2013.

Kaporina, A., Setyawan, M. H., & Novitasari, A. (2017). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Instalasi Rawat Inap Ruang B2 THT & Kulit Kelamin RSUP Dr. Kariadi Semarang. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL.

Oini, Omy, dkk. 2017. TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI UNIT RAWAT INAP. Nursing Current Vol. 5 No. 2, Juli 2017 – Desember 2017

Prakash B. (2010). Patient satisfaction. Journal of cutaneous and aesthetic surgery, 3(3), 151–155. https://doi.org/10.4103/0974-2077.74491

Voluntary Hospitals of America, special report: Quality care. Market Monitor. Vol. 11. 1988.

Unduhan

Telah diserahkan

2021-03-18

diterima

2021-04-03

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

1.
Dewi O, Raviola R, Sari NP. Analisis Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. J Keskom [Internet]. 30 April 2021 [dikutip 21 Desember 2024];7(1):117-23. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/874

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>