Modified Snakes and Ladders Game for Health Promotion About Covid-19 Health Protocols for Elementary School Children
Permainan Ular Tangga Modifikasi Untuk Promosi Kesehatan Tentang Protokol Kesehatan Covid-19 Bagi Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.25311/jpkk.Vol2.Iss2.1238Keywords:
health promotion, Covid-19 health protocol, modified snake and ladder game, elementary schoolAbstract
The Covid-19 health protocols (prokes) can be presented in the form of a group game, namely snakes and ladders. The modified snake and ladder game, especially for elementary school (SD) students, is intended as a media for health promotion in learning to prevent transmission of Covid-19. The method used is the diffusion of science, technology and science which produces game products in the form of a modified snake and ladder simulation game design for the target group, namely elementary school students in grade 1. The modified snake and ladder design produces game media that is communicative and easy to understand, has eye catching visualizations with pictures. interesting and full color, attractive and fun to use as a learning medium. This modified snake and ladder can be a learning medium because it is full of communicative illustrations and can increase students' interest in learning and remembering the lessons that have been given.
Abstrak
Protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dapat disajikan dalam bentuk permainan kelompok yaitu ular tangga. Permainan ular tangga modifikasi khususnya bagi siswa sekolah dasar (SD) ditujukan sebagai media promosi kesehatan dalam pembelajaran pencegahan penularan Covid-19. Metode yang digunakan yaitu difusi ilmu pengetahuan, teknologi dan sains yang menghasilkan produk permainan berupa desain permainan simulasi ular tangga modifikasi bagi kelompok sasaran yaitu siswa SD kelas 1. Desain ular tangga modifikasi menghasilkan media permainan yang komunikatif dan mudah dimengerti, memiliki visualisasi eye catching dengan gambar yang menarik dan full colour, atraktif dan menyenangkan untuk digunakan sebagai media belajar. Ular tangga modifikasi ini dapat menjadi sebuah media pembelajaran karena penuh dengan ilustrasi yang komunikatif, dan dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar dan mengingat kembali pelajaran yang telah diberikan.
Downloads
References
Ilieva, G., & Yankova, T. 2020. IoT in Distance Learning during the COVID-19 Pandemic. TEM Journal, 9(4): 1669–1674. https://doi.org/10.18421/TEM94-
Dryden, G. & Vos, J. 1999. Revolusi Cara Belajar (Bagian I). Bandung, Kaifa.
Enisah, E. 2022. Pengaruh Promosi Kesehatan Permainan Ular Tangga Modifikasi terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Protokol Kesehatan Covid-19 di SDN Karang Pawulang Kota Bandung. Tesis, Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Ilmu & Teknologi Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani.
Putra, Y.I.W., & Manalu, N.V. 2020. Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Warga dalam Menjalankan Protokol Kesehatan di Masa New Normal Pandemi Corona. Community of Publishing in Nursing (Coping), 8(4): 366-373. https://doi.org/10.24843/coping.2020.v08.i04.p04
Enisah, E., Sarinengsih, Y., Abidin, I., Wardhani, I., & Rostiana, T. 2019. Effect of Health Promotion with Halma Simulation on Knowledge Level of Caries Prevention of 1st Grade Students of SDN 115 Turangga Bandung City. Journal of Midwifery and Nursing, 1(2): 4–9. https://www.ejournal.iocscience.org/index.php/JMN/article/view/33
Syafitri, A., Hermansyah, A., & Elvinawati, E. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaraan Kooperatif Tipe Team Games Tourment (TGT) dengan Media Ular Tangga dan Media Puzzle di Kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah. ALOTROP Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 3(2): 132–138. https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.9911
Rosyana, W., Mulyani, S., & Saputro, S. 2014. Pembelajaran Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Permainan Monopoli dan Permainan Ular Tangga pada Materi Pokok Sistem Koloid Ditinjau dari Kemampuan Memori Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2): 74–81. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3700/2599
Priyono, P.K. 2012. Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Metode Simulasi dengan Metode Simulasi dan Poster tentang Teknik Menyusui terhadap Pengetahuan dan Perilaku Ibu Menyusui. Jurnal Ilmu Kesehatan STIKES Duta Gama Klaten, 4(2): 10. https://e-journal.stikesdutagama.ac.id/index.php/e-journal/article/view/45
Rizky, I.F., Suwaryo, P.A.W., & Setianingsih, E. 2019. Perbedaan Penyuluhan Kesehatan dengan Metode Jigsaw dan Simulasi terhadap Pengetahuan dan Motivasi Siswa tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. The 10th University Research Colloqium, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong, 213–227. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/605/591
Nachiappan, S., Rahman, N.A., Andi, H., & Zulkafaly, S.M. 2014. Snake and Ladder Games in Cognition Development on Students with Learning Difficulties. Reviews of Arts and Humanities, 3(2): 217–229. http://rah-net.com/journals/rah/Vol_3_No_2_June_2014/15.pdf
Fadlillah, M., & Setyowahyudi, R. 2021. Ultaco Game Development as a Media to Introduce Covid-19 Health Protocol in Early Childhood. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1): 485–496. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.532
Ariessanti, H. D., Gaol, F. L., Supangkat, S. H., & Ranti, B. 2021. Snake and Digital Ladder Applications Involving the Behavior of Children Applying the Health Protocols. Journal of Physics: Conference Series (Ancoset 2020), 1869: 012069. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012069
Afandi, R. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1): 77–89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Riva, I. 2012. Koleksi Games Edukatif di dalam dan Luar Sekolah. Jakarta, Jakarta Flashbooks.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.