Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Pangkah
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol11.Iss2.2262Kata Kunci:
Pengetahuan, P3K, siswaAbstrak
Pengetahuan mengenai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) penting dimiliki siswa karena sekolah merupakan lingkungan dengan resiko tinggi terjadinya cedera akibat aktivitas fisik atau situasi darurat medis. Data Riskesdas 2018 mencatat 6,5% insiden cedera terjadi di sekolah. Pengetahuan P3K tidak hanya penting untuk menyelamatkan nyawa, tetapi juga membangun kesadaran akan keselamatan, dan kesiapsiagaan serta tanggungjawab sosial siswa. P3K merupakan langkah awal penting untuk mencegah kondisi korban memburuk sebelum mendapatkan bantuan medis. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan desain cross sectional dengan populasi 645 siswa yaitu 324 siswa kelas X dan 321 siswa kelas XI. Sampel ditentukan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh 247 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling karena populasi bersifat strata dan tidak homogen. Lokasi penelitian di SMA N1 Pangkah, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berbasis Google Form dengan nilai validitas 0,75 dan nilai reliabilitas Crombach Alpha sebesar 0,82. Hal ini menunjukan konsistensi instrumen berada pada kategori baik (α > 0,7). Hasilnya mayoritas responden, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki tingkat pengetahuan sedang tentang P3K, yaitu sebesar 63,6%. Pengetahuan sedang mendominasi pada berbagai topik P3K, seperti konsep P3K, pingsan, tersedak, luka dan perdarahan, patah tulang, serta gigitan dan sengatan. Namun, topik keracunan makanan menonjol dengan tingkat pengetahuan rendah tertinggi (70,9%). Secara keseluruhan, pengetahuan responden tergolong cukup baik, namun diperlukan penguatan materi pada aspek-aspek P3K yang kritis dan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya edukasi lanjutan dan fasilitas pendukung untuk meningkatkan kesiapsiagaan remaja sebagai penolong pertama dalam keadaan darurat disekolah.
Unduhan
Referensi
1. Rahmawaty. Evaluasi Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Vol. 13, Quality : Jurnal Kesehatan. Jakarta; 2019 Jun [cited 2025 May 25]. Available from: file:///C:/Users/A S U S/Downloads/59-Article Text-191-2-10-20190718.pdf
2. Widiastuti & Adiputra. Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di Sekolah Menengah Atas. J Akad Baiturrahim Jambi. 2022;11(1):23–31.
3. ODHP. Injury And Violence. 2020. Available from: https://www.healthypeople.gov/2020/leading-health-indicators/2020-lhi-topics/Injury-and-Violence/determinants.
4. Kementerian Kesehtaan RI Badan Penelitian Dan Pengabdian Kesehatan. Laporan Nasional Riskesdas 2018. 1st ed. Vol. 1. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB); 2019.
5. Najihan dan Ramli. Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Meningkatkan Pengetahuan Anggota PMR tentang Penanganan Fraktur. J Penelit Kesehat Suara Forikes. 2019;10(2):151–4.
6. Sri et al. Tingkat Pengetahuan Anggota Palang Merah Remaja (PMR) Tentang Pertolongan Pertama Pada Cedera. Jambura Nurs J. 2021;3(1):23–31.
7. Regar MPB. Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di Kelas XI SMA St. Petrus Medan Tahun 2024. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan; 2024.
8. Bandyopadhyay L, Manjula M, Paul B, Dasgupta A. Effectiveness of first-aid Training on School Students In Singur Block of Hooghly District, West Bengal. J Fam Med Prim Care. 2017;6(1):39.
9. Jamaludin TSS, Saidi S, Chong MC. Knowledge, Awareness And Attitude Of First Aid Among Health Sciences University Students. Int J Care Sch [Internet]. 2018;1(1):29–33. Available from: https://www.researchgate.net/publication/322924118_Knowledge_Awareness_and_Attitude_of_First_Aid_Among_Health_Sciences_University_Students/link/5a766be40f7e9b41dbd05896/download?_tp=eyjjb250zxh0ijp7imzpcnn0ugfnzsi6inb1ymxpy2f0aw9uiiwicgfnzsi6inb1ymxpy2f0a
10. Başer M, Çoban S, Taşci S, Sungur G, Bayat M. Evaluating First-Aid Knowledge and Attitudes Of A Sample of Turkish Primary School Teachers. J Emerg Nurs [Internet]. 2007 Oct 1;33(5):428–32. Available from: https://doi.org/10.1016/j.jen.2006.11.003
11. Wallace HJ, O’Neill TB, Wood FM, Edgar DW, Rea SM. Determinants Of Burn First Aid Knowledge: Cross-Sectional Study. Burns [Internet]. 2013;39(6):1162–9. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S030541791300048X
12. Halawani LM, Alghamdy SD, Alwazae MM, Alkhayal WA. Knowledge And Attitude Of Saudi Female University Students About First Aid Skills. J Fam Community Med. 2019;26(2):103–7.
13. Wingen S, Ecker H, Schroeder DC, Bartholme B, Böttiger BW, Wetsch WA. Addressing The Helper’s And Victim’s Gender Is Crucial in Schoolchildren Resuscitation Training—A Prospective, Educative Interventional Trial. J Clin Med. 2022;11(9):1–9.
14. Albadrani MS, Qashqari AM, Alqelaiti BA, Hammad OK, Hammad RK, Alrehely MS, et al. Knowledge and Attitudes toward First Aid Among Medical and Nursing Students at Taibah University In Madinah City, Saudi Arabia: A Cross-Sectional Study. Healthc. 2023;11(22):1–13.
15. Khatatbeh M. First Aid Knowledge Among University Students In Jordan. Int J Prev Med. 2016;January-20:0–4.
16. Nastiti EM. Hubungan Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Layperson Usia Anak Sekolah Terhadap Efikasi Diri Dalam Penanganan Kasus Cedera A Systematic Review. J Kesehat dr Soebandi [Internet]. 2020;8(2):148–53. Available from: https://journal.uds.ac.id/jkds/article/view/232/159
17. Alanazi A, Algethami S, Alnafisah M, Alhussayen S, Almutairi F, Almureef S, et al. Assessment of the Knowledge Level of First Aid Among Medical Students in Work Environment. J Environ Public Health [Internet]. 2022;2022. Available from: https://pmc.ncbi.nlm.nih.gov/articles/PMC9170404/?utm_source=chatgpt.com
18. García-Blaya JÁ, Abraldes JA, Vaquero-Cristóbal R. Assessment Of First Aid Knowledge at Different Stages Of Education. Healthcare [Internet]. 2025;13(13):1507. Available from: https://www.mdpi.com/2227-9032/13/13/1507?utm_source=chatgpt.com
19. Wulandari F& S. Pengetahuan Siswa Siswi Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelekaan Saat Berolahraga di SMA Olahraga Rumbai Pekanbaru Provinsi Riau 2019. J Keperawatan Abdurrab. 2019;3(1):70–7.
20. Endiyono E, Aprianingsih S. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Terhadap Tingkat Pengetahuan Anggota Saka Bakti Husada. Med Respati J Ilm Kesehat [Internet]. 2020;15(2):83–92. Available from: https://medika.respati.ac.id/index.php/Medika/article/view/178
21. Baitus Sholehah, Nailul Karomah HI. Foodborne Disease First Aid Training For SMA Nurul Jadid Students. J Abdimas Pamenang [Internet]. 2024;2(1):65–70. Available from: https://jurnal.stikespamenang.ac.id/index.php/jap/article/view/198/116
22. Joseph N, Kumar G, Nelliyanil M, Babu Y, Bhaskaran U. Knowledge Of First Aid Skills Among Students Of A Medical College In Mangalore City Of South India. Ann Med Health Sci Res [Internet]. 2014;4(2):162. Available from: https://pmc.ncbi.nlm.nih.gov/articles/PMC3991933/pdf/AMHSR-4-162.pdf
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Kesehatan Komunitas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium