Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Pasien diinstalasi Farmasi RSUD Rantauprapat

Penulis

  • Sri Lestari Ramadhani Nasution Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Dewi Purwanti Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Ermi Girsang Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss3.1020

Kata Kunci:

Kata Kunci : Waktu Tunggu, Informasi, Sumber Daya Manusia, Sarana Prasarana, Kepuasan Pasien

Abstrak

Adapun masalah yang ditemukan adalah waktu tunggu pelayanan resep pasien melebihi standar yang ditetapkan pemerintah untuk obat non racikan kurang dari 30 menit dan obat racikan kurang dari 60 menit, yaitu untuk obat non racikan selama 39 menit dan obat racikan selama 60,4 menit. Sedangkan faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan obat antara lain masih adanya kekosongan obat saat pelayanan, masih adanya dokter yang belum berpedoman pada buku daftar dan plafon harga obat, sehingga petugas harus mengkonfirmasi ulang, dan adanya petugas yang belum mengerjakan resep karena masih melakukan kegiatan atau resep lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan pasien di Instalasi Farmasi RSUD Rantauprapat. Sampel dalam penelitian ini adalah beberapa dari pasien rawat jalan di instalasi farmasi yang berjumlah 35 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh waktu tunggu dengan kepuasan pasien. Terdapat pengaruh informasi dengan kepuasan pasien. Terdapat pengaruh sumber daya manusia dengan kepuasan pasien. Terdapat pengaruh sarana prasarana dengan kepuasan pasien. Terdapat pengaruh kepuasan terhadap peningkatan kinerja pasien. Variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah variabel X4 yaitu peran informasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditama, T. (2010) Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UI Press.

Ahmad, F. (2013) ‘Pengaruh Sarana Prasarana, Prosedur Penerimaan Pasien, Pelayanan Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar’, 2(1).

Hasan (2018) Faktor-Faktor dalam Meningkatkan Kepuasan Tenaga Pasien di Rumah Sakit Umum Bandung. Bandung.

Herawati, P. (2016) ‘Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Tentang Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Pemerintah Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto)’, pp. 958–961.

Jakariah (2019) ‘Analisis Pengaruh Bangunan, Peralatan dan Sumber Daya Manusia terhadap Kepuasan Pasien’, 2(2), pp. 48–62.

Kepmenkes, R. (2008) Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Maryono (2020) ‘Hubungan Pemberian Informasi pada Pasien Rawat Inap dengan Kepuasan Mutu Pelayanan Pasien di Unit Admisi RSUP DR. Sardjito Yogyakarta’, 3(1), pp. 27–35. doi: 10.15900/j.cnki.zylf1995.2018.02.001.

Mayefis, D., Halim, A. and Rahim, R. (2015) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat terhadap Kepuasan Pasien Apotek X Kota Padang’, 13(2), pp. 201–204.

Navis, D. et al. (2020) ‘Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi Tenaga Kesehatan, Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pelayanan Serta Dampaknya Pada Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Leuwisadeng’, Muhammadiyah Public Health Journal, 1, pp. 32–41.

Oktavia, N. (2016) Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Farmasi dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSU Darmayu Ponorogo. Skripsi STIKes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Permatasari, D. W., Larasati, T. A. and Carolia, N. (2017) ‘Hubungan antara Pemberian Informasi dan Lama Pelayanan Farmasi Resep Jadi dengan Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSUD Jendral Ahmad Yani’, Jurnal Medula, 7(November 2017), pp. 88–93.

Permenkes, R. (2014) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pohan, I. (2007) Jaminan Mutu layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Putri, R. N. (2018) ‘Pengaruh Pelayanan SDM terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Pelayanan Rawat Jalan RS X Jambi’, 18(2), pp. 401–409.

Ristiani, I. Y. (2017) ‘Pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pasien Rawat Jalan Unit Poliklinik IPDN Jatinegoro)’, Jurnal Coopetition, 8(2), pp. 155–166.

Satria (2017) Faktor-Faktor Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pirngadi Medan. Medan: Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Waluyo (2012) Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien di RSU Yogyakarta. Yogyakarta.

Unduhan

Telah diserahkan

2021-11-17

diterima

2021-12-15

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

1.
Nasution SLR, Purwanti D, Girsang E. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Pasien diinstalasi Farmasi RSUD Rantauprapat. J Keskom [Internet]. 31 Desember 2021 [dikutip 3 Juli 2024];7(3):341-6. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1020

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama