Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Pasien diinstalasi Farmasi RSUD Rantauprapat

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss3.1020

Penulis

  • Sri Lestari Ramadhani Nasution Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Dewi Purwanti Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Ermi Girsang Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia

Kata Kunci:

Kata Kunci : Waktu Tunggu
Informasi
Sumber Daya Manusia
Sarana Prasarana
Kepuasan Pasien

Abstrak

Adapun masalah yang ditemukan adalah waktu tunggu pelayanan resep pasien melebihi standar yang ditetapkan pemerintah untuk obat non racikan kurang dari 30 menit dan obat racikan kurang dari 60 menit, yaitu untuk obat non racikan selama 39 menit dan obat racikan selama 60,4 menit. Sedangkan faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan obat antara lain masih adanya kekosongan obat saat pelayanan, masih adanya dokter yang belum berpedoman pada buku daftar dan plafon harga obat, sehingga petugas harus mengkonfirmasi ulang, dan adanya petugas yang belum mengerjakan resep karena masih melakukan kegiatan atau resep lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan pasien di Instalasi Farmasi RSUD Rantauprapat. Sampel dalam penelitian ini adalah beberapa dari pasien rawat jalan di instalasi farmasi yang berjumlah 35 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh waktu tunggu dengan kepuasan pasien. Terdapat pengaruh informasi dengan kepuasan pasien. Terdapat pengaruh sumber daya manusia dengan kepuasan pasien. Terdapat pengaruh sarana prasarana dengan kepuasan pasien. Terdapat pengaruh kepuasan terhadap peningkatan kinerja pasien. Variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah variabel X4 yaitu peran informasi.

Unduhan

Read More

Unduhan

Telah diserahkan

2021-11-17

diterima

2021-12-15

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

1.
Nasution SLR, Purwanti D, Girsang E. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Pasien diinstalasi Farmasi RSUD Rantauprapat. J Keskom [Internet]. 31 Desember 2021 [dikutip 26 Juni 2025];7(3):341-6. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1020

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.