Overview of Pending and Dispute Events in the Health BPJS Claiming Process for Inpatients at Imelda Hospital, Medan, Indonesia in 2022

Penulis

  • valentina valentina a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Universitas Imelda Medan";}
  • Esraida Simanjuntak Universitas Imelda Medan
  • Siti Permata Sari Lubis Universitas Imelda Medan
  • Linfia Isti Zenika Hulu Universitas Imelda Medan

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol9.Iss2.1397

Kata Kunci:

BPJS, Pengklaiman, Pasien Rawat Inap

Abstrak

Jaminan kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau yang iurannya dibayar oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi sistem klaim Kesehatan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Pekerja Imelda di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara langsung ke lapangan. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh berkas klaim rekam medis yang pending dan disengketakan untuk pasien rawat inap dan pada bulan Maret 2022 sebanyak 94 berkas klaim. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 petugas klaim BPJS Kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan klaim BPJS Kesehatan rawat inap sudah sesuai dengan peraturan dan SOP di RS Imelda Tenaga Kerja Indonesia Medan, kendala dalam proses klaim adalah fasilitas dan jaringan yang sering bermasalah. Petugas klaim akan memindai file rawat inap dan memasukkannya ke dalam hard disk dan mengirimkannya ke BPJS Kesehatan. Berkas rawat inap yang diklaim dan diajukan pada Maret 2022 sebanyak 420 berkas, dimana 326 berkas diterima (78%) dan 94 berkas ditolak (klaim tertunda) (22%). Ada juga 27 berkas klaim yang disengketakan pada Maret 2022 (29%), setelah pengajuan klaim tertunda dilakukan oleh Rumah Sakit Tenaga Kerja Indonesia Imelda di Medan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Perpres RI. Perpres RI, 2018. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan. Jakarta. 2018.

Kementrian Kesehatan. Republik Indonesia, 2011. Undang-undang RI Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Kementrian Kesehatan. Jakarta; 2011.

Suhartoyo. Klaim Rumah Sakit Kepada BPJS Kesehatan BerkaitanDengan Rawat InapDengan Sistem INA-CBGs. Adm Law Gov J. 2018;1(1):79–92.

Mustika et al. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembalian Administrasi Klaim BPJS Kesehatan Ditinjau dari Syarat-syarat Kelengkapan Administrasi Klaim. CHMK Heal J. 2020;4(3):190–6.

Feriawati P et al. Faktor-faktorKeterlambatanPengeklaiman BPJS di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. Semarang; 2015.

Alfiansyah G et al. OptimalisasiManajemenPenangananKlaim Pending Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Citra Husada Jember Tahun 2018. J Kesmas Indones. 2019;11(1):24–35.

BPJS Kesehatan. Buku Panduan AdministrasiKlaimFasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan. Jakarta; 2014.

Triatmaja, Ariqpurna Bayu et al. TinjauanPenyebabKlaim Pending Badan PenyelenggaraJaminanSosial Kesehatan di RSU Haji Surabaya. JurnalRekamMedik dan Informasi Kesehatan. J Rekam Med dan Inf Kesehat. 2022;3(2):131–8.

Saleh S. Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan; 2017.

Tersiana A. Metode Penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia; 2018.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2018.

Yuanna N, Soewondo P. Causes Of Health Insurance Claim Revision In The Casemix Unit At Pekanbaru Hospital. 5th Int Conf Public Heal 2019. 2019;534–9.

Manaida RJ, Rumayar AA, Kandou GD. Analisi Prosedur Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih Gmim Manado. Kesmas J Kesehat Masy Univ Sam Ratulangi. 2017;6(3):1–11.

Supriadi, & Rosania S. Tinjauan Berkas Klaim Tertunda Pasien JKN Rumah Sakit Hernia Ciputat 2018. J Vokasi Indones. 2019;

Syafitri E, Novita D. Analisis Keterkalitan Kualitas Koding Diagnosa Pasien Rawat Inap Dengan Dispute Klaim INA’CBG’S. Adm Heal Inf J [Internet]. 2021;2(1):43–50. Available from: http://ojs.stikeslandbouw.ac.id/index.php/ahi

Rois A, Supriyanto, Yulika. Pending Claim Correlation with Claim Completeness Requirement BPJS Outpatients Arya Medika Hospital. In: International Proceedings the 2nd International Scientific Meeting on Health Information Management (ISMoHIM) :Reinforcing Health Information Management Professionals in The Industrial Revolution 40. Surakarta; 2020. p. 522–5.

Manurung J, Munthe SA, Bangun HA, Putri N. Analisis Pending Claim Pada Pasien BPJS Kesehatan di RSUD Deli Serdang Lubuk Pakam Tahun 2018. J Teknol Kesehatan, Dan Ilmu Sos. 2020;2(2):11–9.

Ep AA. Faktor-Faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Periode Januari – Maret 2016. J ARSI Adm Rumah Sakit Indones. 2018;4(2):122–34.

Wahyuni Y, Suharyo. Analisis Implementasi Verifikasi Digital Klaim (VEDIKA) dengan Kejadian Tertundanya Klaim BPJS Kesehatan Pada Bulan Januari, Februari, dan Maret 2019 di RS Panti Rahayu Purwodadi. VisiKes J Kesehat Masy. 2019;18(2):75–83.

BPJS Kesehatan. Buku Petunjuk Teknis Verifikasi Klaim. 2014.

Oktoriani EN, Sutrisno J, Mayasari E, Sodik MA. Analysis of Medical Record Complete Flexibility to Complete Claims of Health BPJS RS Baptis Kota Batu. J Glob Res Public Heal. 2018;3(1):46–53.

Aiwahyuanto F, S. Octaviasuni, Fajri MUN. Analisis Implementasi Total Quality Management (TQM) Pada Kasus Pending Klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di RSUD Kendal Tahun 2018. J Manaj Kesehat Indones. 2019;7(3):171–80.

Mira Puspaningsih, Chriswardani Suryawati SPA. Evaluasi Administrasi Klaim Bpjs Kesehatan Dalam Menurunkan Klaim Pending. J Ilm Indones. 2022;7(6):7055–64.

Unduhan

Telah diserahkan

2022-11-15

diterima

2023-02-07

Diterbitkan

2023-07-26

Cara Mengutip

1.
valentina valentina, Simanjuntak E, Lubis SPS, Hulu LIZ. Overview of Pending and Dispute Events in the Health BPJS Claiming Process for Inpatients at Imelda Hospital, Medan, Indonesia in 2022. J Keskom [Internet]. 26 Juli 2023 [dikutip 22 Juli 2024];9(2):240-8. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/1397