EFEKTIFITAS METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK KELAS IV TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SDN 044 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol3.Iss4.205Kata Kunci:
pengajar, diskusi, pengetahuan mencuci tangan dengan sabunAbstrak
Cuci tangan pakai sabun (CTPS) adalah tindakan sanitasi membersihkan tangan menggunakan air dan sabun untuk memutuskan mata rantai kuman.Di SDN 044 sudah tersedia tempat cuci tangan namun jarang sekali melihat siswa melakukan cuci tangan setelah melakukan aktifitas saat jam istirahat di sekolah. Tujuan skripsi ini utuk mengetahui efektifitas metode ceramah dan diskusi terhadap peningkatan pengetahuan anak kelas IV tentang cuci tangan pakai sabun di SDN 044 Pekanbaru Tahun 2016.
Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian menggunakan one group pre-test post-test. Populasinya adalah seluruh anak kelas IV. Sampel sebanyak 68 orang. Tekhnik sampling secara sensus. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji Willcoxon dan Mann-whitney, alat ukur yang digunakan adalah kuisioner dan pengolahan data menggunakan komputerisasi.
Hasil penelitian menunjukkan efektif dengan menggunakan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan responden tentang CTPS sesudah diberikan informasi dengan hasil P value = 0,0001 < 0,05, efektif dengan menggunakan metode diskusi terhadap peningkatan pengetahuan responden tentang CTPS sesudah diberikan informasi dengan hasil P value = 0,0001 < 0,05, ada perbedaan rerata nilai pengetahuan responden sesudah diberikan informasi baik dengan metode ceramah maupun metode diskusi, dimana Mean Rank dengan metode diskusi yaitu 41,65 lebih besar nilainya dibandingkan Mean Rank dengan metode ceramah yaitu 27.35 dengan P value =0,002 < 0,05.
Disarankan bagi Pihak sekolah hendaknya menggunakan metode diskusi untuk memberikan informasi kesehatan serta melakukan pemberdayaan dan advokasi kepada wali murid agar tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat terutama untuk kegiatan cuci tangan pakai sabun.
Unduhan
Referensi
Ardila, A., Ridha, A., & Jauhari, A. H. (2014). Efektifitas Metode Diskusi Kelompok dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Perilaku Seks Pranikah. Jurnal Ilmiah PANNMED. Retrieved from http://pannmed.poltekkes-medan.ac.id/index.php
Kemenkes. (2014). Profil Kesehatan Indonesia. Retrieved from httpwww.depkes.go.id
Lubis, Z. S. A., Lubis, N. L., & Syahrial, E. (2013). Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang Phbs Di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013. Open Journal Systems, Vol 2 No 1. Retrieved from https://jurnal.usu.ac.id
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Riskesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Retrieved from www.depkes.go.id
Rompas, M. J., Tuda, J., & Tati, P. (2013). Hubungan Antara Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Terjadinya Diare Pada Anak Usia Sekolah di SD GMIM Dua Kecamatan Tareran. Ejournal Keperawatan (E-Kp), 1 Nomor 1. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id
Tarigan, A. P. S. (2015). Efektivitas Metode Ceramah dan Diskusi Kelompok. Jurnal Ilmiah PANNMED, 10 No 2. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium