Persepsi Pasien Geriatri tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit X di Kabupaten
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol11.Iss2.2187Kata Kunci:
Persepsi, kualitas layanan, pasien geriatri, rumah sakitAbstrak
Latar Belakang: Pertambahan jumlah lansia di Indonesia menuntut adanya peningkatan dalam pelayanan kesehatan. Lansia, dengan kerentanannya terhadap penyakit, memerlukan pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan harapan mereka. Studi ini mendeskripsikan bagaimana pasien lanjut usia mengevaluasi kualitas layanan yang mereka terima di Rumah Sakit X di Kabupaten Jember. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei untuk mengumpulkan data. Sebanyak 269 pasien berpartisipasi dalam penelitian ini, dipilih melalui proses random sampling sederhana. Kuesioner SERVQUAL yang dimodifikasi digunakan untuk mengukur persepsi pasien. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil: Persepsi pasien geriatri menilai kualitas pelayanan di Rumah sakit X di Kabupaten Jember dalam kategori tinggi (96,3%) yang meliputi dimensi bukti fisik (97%), keandalan (94,8%), daya tanggap (94,4%), dimensi jaminan (98,5%), empati (99,3%) serta aksesibilitas dan keterjangkauan (91,8%). Kesimpulan: Persepsi positif pasien geriatri merupakan indikator keberhasilan rumah sakit dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan sesuai dengan standar bagi pasien lanjut usia.
Unduhan
Referensi
1. Badan Pusat Statistik RI. Statistik Penduduk Lanjut Usia 2022. Jakarta; 2022.
2. Badan Pusat Statistik Jawa Timur. Profil Penduduk Lanjut Usia Provinis Jawa Timur 2023 [Internet]. Vol. 14, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. Surabaya, Surabaya: Badan Pusat Statistik Jawa Timur; 2024.
3. Holdiana H, Yeni Wulandari R. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Lanjut Usia di UPTD Puskesmas Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat. Profesi (Profesional Islam Media Publ Penelit [Internet]. 2022;20(1):72–81.
4. Sagay JM, Darwita RR, Novrinda H. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Poliklinik Gigi Rumah Sakit Hermina Manado. e-GiGi [Internet]. 2023;11(2):196–205.
5. Larasati RA, Safitri D. Gambaran Kepuasan Lansia Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Poli Lansia Puskesmas Ciputat Kota Tangerang Selatan Tahun 2022. Muhammadiyah J Geriatr. 2023;4(1):90.
6. Fadila RA, Fadila RA, Sulastri E. Hubungan mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien lansia poli penyakit dalam. 2023;13(26):110–9.
7. Betan A, Musiana M, Wisma Sari S, Efendi E, Badaruddin B, Fredy Saputra MK, et al. Description of JKN Patient Satisfaction with the Quality of Dental Health Services in Hospitals. Int J Health Sci (Qassim) [Internet]. 2023;1(1):26–9.
8. Abbasi-Moghaddam MA, Zarei E, Bagherzadeh R, Dargahi H, Farrokhi P. Evaluation of service quality from patients’ viewpoint. BMC Health Serv Res [Internet]. 2019;19(1):1–7. 9. Ruhyanudin F, Zanah M, Sunardi S, Fikri Z. Patient Satisfaction Level at the Outpatient in University of Muhammadiyah Malang Hospital. J Keperawatan [Internet]. 2022;13(1):25–31.
10. Islamy LOS, Sulima S. Kualitas Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau. J Kesehat Manarang [Internet]. 2020;6(1):20.
11. Ahmad LOAI, Akbar MI, Nurmaladewi N, Aspian P, Pagala I, Rustam M. Assessing the service quality at health service facilities during the COVID-19 pandemic in North Buton District, Indonesia. Public Heal Indones [Internet]. 2022;8(4):116–22.
12. Putri NR, Guspianto G, Hubaybah H. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. J Kesmas Jambi. 2022;6(2):7–16.
13. Sari NAK, Samsualam, Alwi MK. Analisis Harapan Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Prof Heal J [Internet]. 2023;5(1sp):219–31.
14. Purwiningsih DD, Suryaningsih IB, Wardhani V. The Effect of Healthcare Service Quality on Trust Through Patient Satisfaction at Public Health Center in Jember. 2023;9(November):532–41.
15. Febres-Ramos, J. R, Mercado-Rey, R. M. Patient satisfaction and quality of care of the internal medicine service of hospital daniel alcides carrión. Huancayo-per. Rev la Fac Med Humana [Internet]. 2020;20(3):397–403.
16. Leo D, Arifin A, Aripin S. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Lansia di Poli Lansia UPTD Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang. Al-Kharaj J Ekon Keuang Bisnis Syariah. 2023;6(2):2508–17.
17. Lim PC, Tang NKH. A study of patients’ expectations and satisfaction in Singapore hospitals. Int J Health Care Qual Assur [Internet]. 2000;13(7):290–9.
18. Setianingsih N, Ronoatmodjo S. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Persepsi Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Cilegon Tahun 2020. J Keperawatan dan Kebidanan [Internet]. 2021;4(1):56–80.
19. Dahyanto D, Arofiati F. The Analysis of Inpatients Satisfaction on Service Quality At Yogyakarta Respira Hospital. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit. 2018;7(2):162–9.
20. Afriyanti E, Febri Krisdianto B, Hafifa Transyah C. Perceptions of illness in Hemodialysis Patients in the Reproductive Age Group: A cross-sectional study. J Aisyah J Ilmu Kesehat [Internet]. 2023;8(4):1800–9.
21. Mamonto S, Mandagi CKF, Kolibu FK, Kesehatan F, Universitas M, Ratulangi S, et al. Hubungan antara Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Lanjut Usoa di Puskesmas Tuminting Kota Manado. J Kesmas. 2019;8(7):291–7.
22. Akodu BA, Omotade MO, Oluwole EO, Bakre AT, Abiola AO, Makinde AV. Experience and Satisfaction of the Elderly with Healthcare Services in Selected Primary Healthcare Centres in Lagos. Univ Lagos J Basic Med Sci. 2018;6(1 & 2):71–80.
23. Putra IGY, Muryani NMS, Daryaswanti PI. Correlation Of Knowledge Level With Pain Management In Elderly With Osteoarthritis. J Aisyah J Ilmu Kesehat. 2021;6:33–8.
24. Karaca A, Durna Z. Patient satisfaction with the quality of nursing care. Nurs Open. 2019;6(2):535–45.
25. Riawati, Wijaya L. Analisis Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Rumah Sakit Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Ar-Royyan Indralaya. J Kesehat dan Pembang. 2022;12(23):61–9.
26. Nursalam N, Hanafi MC, Ulfiana E. The Elderly ’ S Satisfaction With The Service Quality Of A Community Geriatric Health Programme In Indonesia : A Cross- Sectional Study. Faculty of Nursing, Universitas Airlangga. J Ners. 2017;12(2):225–32.
27. Alanazi E, Alanazi H, Alanazi M, Alsadoun A, Asiri S, Bahari G. Quality Perceptions, Expectations, and Individual Characteristics among Adult Patients Visiting Primary Healthcare Centers in Saudi Arabia: A Cross-Sectional Study. Healthc. 2023;11(2).
28. Librianto MF, Dewanto I, Rosa EM. BPJS Patient’s Perception of Service Quality at The Outpatient Department of Panembahan Senopati Bantul Public Hospital. J Aisyah J Ilmu Kesehat [Internet]. 2022;7(2):503–10.
29. Idris H, Nurafni. Outpatient visit among elderly in Indonesia. Int J Public Heal Sci. 2021;10(4):914–9.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Kesehatan Komunitas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium