Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Hal Mutu Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Petala Bumi

Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Hal Mutu Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Petala Bumi

Penulis

  • Budi Hartono STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Mitra Mitra sekolah tinggi ilmu kesehatan Hang Tuah Pekanbaru
  • Nur Maimun sekolah tinggi ilmu kesehatan Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol5.Iss3.381

Kata Kunci:

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Mutu Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit Petala Bumi.

Abstrak

Salah satu kebijakan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia adalah penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dijalankan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Namun seiring berjalannya waktu program ini dianggap merugikan masyarakat dalam hal prosedur yang berbelit – belit, pelayanan dokter yang tidak sesuai dan juga obat yang di batasi, dan masih banyak lagi prosedur yang di anggap tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan JKN dalam hal mutu layanan kesehatan di Rumah Sakit Petala Bumi Pekanbaru. Metode penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan dengan teknik Purposive Sampling, dua informan Rumah Sakit dan 2 orang pasien. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan/observasi, wawancara mendalam, dan wawancara kelompok. Dari hasil penelitian kompetensi teknis petugas selalu mengupdate SIP dokter, keterjangkauan atau aksesibilitas rumah sakit mudah dijangkau, kegiatan pelayanan kesehatan mengikuti instuksi manajemen, dalam menertibkan kebijakan dari bpjs, dalam mendukung ketersediaan alat, bpjs tidak menyediakan alat tetapi rumah sakit yang menyediakan, namun rumah sakit mempunyai standar yang sesuai dengan peraturan, layanan kesehatan penyakit pasien ada clinical pathway dan ada SOP clinical pathway, keamanan pasien terjamin, kenyaman pasien dirumah sakit sangat nyaman, perlakuan petugas di rumah sakit terhadap pasien juga nyaman, informasi yang diberikan oleh petugas kepada pasien dan keluarga cukup jelas, petugas dalam memberikan pelayanan selalu tepat waktu dan cepat tanggap terhadap pasien, layanan sangat membantu pasien dan keluarga dalam era JKN. Disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional di RSUD Petala Bumi Provinzi Riau jika dilihat secara keseluruhan pasien sudah merasa puas akan tetapi perlu dilakukan peningkatan pelayanan rumah sakit.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Telah diserahkan

2019-04-18

diterima

2019-11-15

Diterbitkan

2019-12-31

Cara Mengutip

1.
Hartono B, Mitra M, Maimun N. Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Hal Mutu Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Petala Bumi: Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Hal Mutu Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Petala Bumi. J Keskom [Internet]. 31 Desember 2019 [dikutip 31 Oktober 2024];5(3):139-46. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/381

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

<< < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.