Hubungan Terhadap Tingkat Pendidikan dan Pekerjaan dengan Penyalahguna Napza
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol2.Iss5.76Kata Kunci:
RSJ Tampan Provinsi Riau, Tingkat Pendidikan dan Pekerjaan, Penyalahguna NAPZAAbstrak
Penyalahguna NAPZA adalah orang yang menggunakan salah satu atau beberapa jenis Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lain(NAPZA), secara berkala atau teratur diluar indikasi medis, sehingga menimbulkan gangguan kesehatan fisik, psikis dan gangguan fungsi sosial. Di Indonesia prevalensi penyalahgunaan NAPZA mengalami peningkatan setiap tahun dan diperkirakan 3,6 juta orang terlibat dalam penyalahgunaan NAPZA. Di Provinsi Riau jumlah penyalahguna NAPZA terus mengalami peningkatan dari tahun 2008 s/d 2010.Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau merupakan satu-satunya rumah sakit pemerintah di Provinsi Riau yang menyelenggarakan perawatan pada penyalahguna NAPZA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terhadap tingkat pendidikan dan pekerjaan dengan penyalahguna NAPZA.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik observasional dengan menggunakan desain case-control. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung ke RSJ Tampan Provinsi Riau tahun 2009 s/d 2010. Sampel kasus adalah penyalahguna NAPZA yang berjumlah 87 kasus dan sampel kontrol sebanyak 87 diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan cara penelusuran dokumen terhadap kartu status penyalahguna NAPZA di bagian Rekam Medik. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini adalah pekerjaan (OR adjusted : 1,93; 95% C.I : 1,053,55).Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang yang tidak bekerja berpeluang 1,93 kali lebih besar menjadi penyalahguna NAPZA dibandingkan dengan orang yang bekerja. Disarankan kepada RSJ Tampan Provinsi Riau agar lebih meningkatkan promosi kesehatan kepada masyarakat, berkaitan dengan pencegahan penyalahgunaan NAPZA.
Unduhan
Unduhan
Telah diserahkan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium