Efektifitas Media Sosial Youtube Modifikasi Teka Teki Silang Dalam Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Siswa - Siswi SDN 015 Sungai Sirih
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss1.865Abstrak
Penyakit gigi dan mulut yang banyak diderita masyarakat Indonesia adalah penyakit jaringan penyangga gigi dan karies gigi. Sumber kedua penyakit tersebut merupakan akibat dari terabaikannya kebersihan gigi dan mulut. Berdasarkan data dari UPTD Kesehatan Puskesmas Sungai bahwa masih sangat rendahnya pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak – anak. Hubungan perilaku dengan pendidikan (pengetahuan) sekolah sangatlah erat, karena kesehatan gigi dan mulut dapat dipengaruhi oleh perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas modifikasi Youtube dengan teka - teki silang tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap tingkat pengetahuan siswa - siswi SDN 015 Sungai Sirih. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen – Nonequivalent Control Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa – siswi kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Sirih yang berjumlah 54 orang. Data yang dikumpulkan data primer dari pengisian kuesioner pretest danposttest oleh responden. Analisis yang digunakan adalah Uji Wilcoxon dan Kruskal-wallis. Hasil penelitian ini yaitu pengetahuan siswa – siswi yang diberikan edukasi menggunakan Google Form memperoleh rata – rata mean yaitu 38,89 sedangkan yang diberikan edukasi teka – teki silang modifikasi Youtube memperoleh rata – rata yaitu 79,94. Media teka – teki silang modifikasi Youtube telah terbukti dalam meningkatkan pengetahuan siswa – siswi terhadap kesehatan gigi dan mulut di Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Sirih dengan kategori tingkat pengetahuan meningkat 100%. Kesimpulan media sosial Youtubemodifikasi teka teki silang sangat efektif pada penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Peneliti menyarankan untuk puskesmas dan peneliti selanjutnya untuk menggunakan strategi lain dalam penyuluhan kesehatan gigi mulut.
Unduhan
Referensi
Abdullah N. 2015. Hubungan Status Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Sekolah Dengan Pelaksanaan UKGS ( Usaha Kesehatan Gigi Sekolah ) di Sekolah Dasar dan Sederajat Se Kota Makassar. Media Kesehatan Gigi Vol. 17 No. 1
Ayatullah M I, Rita H, Halimah. 2019. Efektifitas Penyuluhan antara Metode Ceramah dengan Pengisian Teka Teki Silang Terhadap Pengetahuan danTingkat Kebersihan Gigi dan Mulut Murid MTS Ar-Raudhatul Islamiyah, Mempawah. Poltekkes Kemenkes Pontianak. Journal of oral Health Care Vol 7 No 1, pp 09-15 ISSN 2623-0526.
Aniza, N. (2019) ‘Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Teka Teki Silang’
Gayatri R W. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Anak SDN Kauman 2 Malang. Universitas Negeri Semarang. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/. Journal of Health 2 (2)
Gao, X. et al. (2013) ‘Dental Fear and Anxiety in Children and Adolescents : Qualitative Study Using YouTube’, 15(2).
KemenKes, R. I. 2014. Kurikulum dan Modul Pelatihan Teknis Pengembangan Media Promosi Kesehatan, Jakarta :PusdiklatAparatur Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian, K. (2011) ‘Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan’. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kristianto, J., Priharti, D. and Abral (2018) ‘Efektifitas Peyuluhan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Media Video Melalui WhatsApp Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan’, 1(1), pp. 8–13.
Leonita E, Jalinus N. 2018. Peran Media Sosial dalam Edukasi Kesehatan : Tinjauan Literatur. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. ISSN: 1411 – 3411 (p) ISSN: 2549 – 9815 (e)
Mahmudah, U. (2019) ‘Pengaruh media teka-teki silang terhadap pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar The effect of nutritional crossword puzzle with balanced nutrition knowledge in’, 02(02), pp. 107–114.Maulana, H. (2009) Promosi Kesehatan. EGC.
Mulawarman (2017) ‘Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan’, Buletin Psikologi, (Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata). Available at: 10.22146/buletinpsikologi.22759.
Mitra. 2015. Manajemen dan Analisis Data Kesehatan. Yogyakarta.
Muniroh, S. 2019. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Pangan Jajanan Anak Sekolah. Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang. Hal 18. Artikel
Rahayu, C., Widiati, S. and Widyanti, N. (2014) ‘Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku terhadap Pemeliharaan Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Status Kesehatan Periodontal Pra Lansia di Posbindu Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya’, Artikel Penelitian, 2(2).
Riskesdas (2018) ‘Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018’.
Sari, N P. Siskha H. Sofia E. 2017. PenggunaanTekaTeki Silang SilangSebagai Strategi Pengulangan Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kelas XI IPS. STKIP PGRI Sumatera Barat
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung ; ALFABETA Cv. Hal 115.
Usman, R. (2018) ‘Peningkatan Metode Tekateki Silang ( Crossword Puzzle ) Dalam Motivasi Dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Instrinsik Dan Ekstrinsik Sastra Siswa Kelas V Sd Negeri 165 Pekanbaru’, 7, pp. 233–240.
Notoadmojo,S. 2010, Prinsip-prinsip dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat, Rineka cipta; Jakarta. Hal 27
Laksono, A. D. (2018) ‘Efektivitas Media Sosial untuk Promosi Kesehatan’, National Institute of Health Research and Development, (July). Available at: https://www.researchgate.net/publication/326439572.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Kesehatan Komunitas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium