Promosi Kesehatan Melalui Video Animasi Tentang Tablet Tambah Darah (TTD) Pada Siswi Kelas Vii Smp Negeri 9 Kota Cimahi Tahun 2021

Authors

  • Ayu Laili Rahmiyati Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi
  • Susilowati Susilowati Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi
  • Ruhyandi Ruhyandi Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi
  • Muslikhah Fitri Ariani Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.25311/jpkk.Vol1.Iss3.1021

Keywords:

TTD Animation Video, Knowledge, Young women

Abstract

Iron nutritional anemia is a public health problem that is often found throughout the world, including in Indonesia. Various factors that influence the incidence of iron nutritional anemia in adolescents indirectly are knowledge about anemia, knowledge about Blood Supplement Tablets (TTD), and diet. Education about TTD needs to be provided with easy-to-understand media such as animated videos. This outreach activity aims to improve student education through health promotion media, animated videos about TTD for seventh grade students of SMP Negeri 9 Cimahi City in 2021. The method of implementation is carried out on seventh grade SMPN 9 students on 23-27 June 2021 using animated video media that will be shown on zoom and whatsapp. The results of the health promotion counseling about TTD showed that knowledge of TTD before the animated video intervention had less knowledge of students as much as 3%, while knowledge of TTD after the animated video intervention 67 students (100%) had good knowledge. The average knowledge of students about TTD before the intervention was 24.48 and after 28.49. The results of the outreach activities through animated videos have an effect on increasing the knowledge of TTD for class VII students at SMPN 9 Cimahi City. The health office and the education office can work together to provide interesting and creative education with in-depth material on how to consume TTD so that it can be absorbed and utilized by the body optimally.

ABSTRAK

Anemia gizi besi merupakan masalah kesehatan masyarakat yang sering dijumpai di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai faktor yang mempengaruhi kejadian anemia gizi besi pada remaja secara tidak langsung yaitu pengetahuan tentang anemia, pengetahuan tentang Tablet Tambah Darah (TTD), dan pola makan. Penyuluhan tentang TTD perlu diberikan dengan media yang mudah dipahami seperti video animasi. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan edukasi siswi melalui media promosi kesehatan video animasi tentang TTD pada siswi kelas VII SMP Negeri 9 Kota Cimahi tahun 2021. Pelaksanaan dilakukan terhadap siswi SMPN 9 kelas VII tanggal 23-27 Juni 2021 menggunakan media video animasi yang ditayangkan di zoom dan whatshap. Hasil dari penyuluhan promosi kesehatan tentang TTD menunjukan bahwa pengetahuan terhadap TTD sebelum intervensi video animasi siswi yang berpengetahuan kurang sebanyak 3%, sedangkan pengetahuan terhadap TTD pada setelah intervensi video animasi 67 siswi (100%) berpengetahuan baik. Dengan rata-rata pengetahuan siswi tentang TTD sebelum dilakukan intervensi 24,48 dan setelah 28,49. Hasil kegiatan penyuluhan melalui video animasi ini berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan TTD siswi kelas VII di SMPN 9 Kota Cimahi. Bagi dinas kesehatan dan dinas pendidikan dapat bekerja sama memberikan edukasi yang menarik dan kreatif dengan materi mendalam tentang cara mengkonsumsi TTD agar dapat diserap dan diutilisasi oleh tubuh dengan maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina. (2019). Analisis Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Remaja Putri Dalam Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah Untuk Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Gizi Besi. Analysis Of Knowledge To Compliance Of Iron-Fortified Formula Among Adolescents As Prevention And Treatment To. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 11, 269–276.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.———. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rachmi, Cut Novianti et al. 2019. Kemenkes RI Buku Panduan Siswa AKSI BERGIZI.

Rahayu, Atikah, Fahrini Yulidasari, Andini Octaviana Putri, and Lia Anggraini. 2019. Buku Referensi METODE ORKES-KU (RAPORT KESEHATANKU) DALAM MENGIDENTIFIKASI POTENSI KEJADIAN ANEMIA GIZI PADA REMAJA PUTRI. Yogyakarta: CV Mine.

Riskesdas. 2018. “Riset Kesehatan Dasar.†Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan: 221–22. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf.

Saban. 2017. “EFEKTIFITAS MEDIA VIDEO DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA SISWI SMAN 2 NGAGLIK.â€

Sadiman,Arief.S;Rahardjo.R;Haryono.A; Rahadjito. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suiraoka, Putu. 2012. Media Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Sukirman,. Yuliana., Irma. 2018. Prinsip Dasar Pengembangan Animasi 2D&3D.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Laili Rahmiyati, A., Susilowati , S. ., Ruhyandi, R., & Fitri Ariani, M. . (2021). Promosi Kesehatan Melalui Video Animasi Tentang Tablet Tambah Darah (TTD) Pada Siswi Kelas Vii Smp Negeri 9 Kota Cimahi Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 1(3), 213–226. https://doi.org/10.25311/jpkk.Vol1.Iss3.1021