Pengaruh Rekam Medis Elektronik Terhadap Efektivitas Pelayanan Di Puskesmas Botania Batam

Penulis

  • Masriani Situmorang Universitas Awal Bros
  • Mulyana Mulyana Universitas Awal Bros
  • Salsabila Salsabila Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol11.Iss2.2264

Kata Kunci:

Rekam Medis Elektronik, Efektivitas Pelayanan, Puskesmas, Digitalisasi, Kesehatan

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi layanan kesehatan, salah satunya melalui penerapan Rekam Medis Elektronik (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan RME terhadap efektivitas pelayanan di Puskesmas Botania Batam. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang tenaga kesehatan pengguna RME. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan RME secara signifikan meningkatkan efektivitas pelayanan, terutama dalam hal kecepatan pencarian data pasien, efisiensi waktu, dan kualitas dokumentasi medis. Meskipun demikian, masih terdapat kendala seperti gangguan sistem dan kurangnya pelatihan bagi petugas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi RME berpengaruh positif terhadap efektivitas pelayanan, dan disarankan agar pelatihan rutin dan peningkatan infrastruktur digital terus dilakukan untuk mendukung optimalisasi sistem.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Agustina. (2020). Efektivitas Pengelolaan Rekam Medis. Universitas Negeri Padang.

2. Astuti. (2019). Pengaruh Efektivitas dalam Komunikasi.

3. Damayanti, S. P. (2021). Tinjauan Pengetahuan dan Sikap Dokter dalam Pengisian Kelengkapan Resume Medis Rawat Inap di RSUD Kota Madiun Tahun 2021. 14(1), 1–13.

4. Depkes, R. (2009). Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis. Jakarta: Depkes.

5. Faldhilah, S. A. (2023). Efektivitas Rekam Medis Elektronik Instalasi Rawat Jalan di RSUD Brebes (pp. 1–107). Retrieved from https://eprints.ulwhs.ac.id/2000/1/SABRINA ALMAS.pdf

6. Fandy, T. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Rineka Cipta.

7. Kemenkes. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022.

8. Machmud. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: CV Sagung.

o Notoatmodjo. (2018). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

9. Nursalam. (2017). Desain Penelitian. Bandung: Erlangga.

10. Permenkes. (2014). Permenkes RI No. 9/MENKES/2014. 39(1), 1–24.

11. Permenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas. Nomor 65(879), 2004–2006.

12. Rambe, F. Adelina. (2019). Evaluasi Penyelenggaraan Rekam Medis Pasien dalam Pemenuhan Standar Akreditasi Rumah Sakit. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/3ky5r

13. Rusmana, R., & Sari, I. (2023). Implementasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik Guna Menunjang Efektivitas Rekam Medis Elektronik di UPTD Puskesmas Campaka. J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 4(4), 203–212. https://doi.org/10.25047/j-remi.v4i4.3956 DOI: https://doi.org/10.25047/j-remi.v4i4.3956

14. Salim, N. A., Hani, U. R. M., & Wullandari, D. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Electronic Medical Record (EMR) di Rawat Jalan RSU Queen Latifa Yogyakarta. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 12(2), 7–12. https://doi.org/10.47701/infokes.v12i2.1555 DOI: https://doi.org/10.47701/infokes.v12i2.1555

15. Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

16. Susanty, G., Rudiasyah, & Rudi, A. (2022). Gambaran Perilaku Petugas Kesehatan dalam Pengisian Kelengkapan Dokumen Rekam Medis di Puskesmas Sungai Durian. Julpermik, 5(1), 19–23.

17. Syam. (2020). Pengaruh Efektivitas dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Ilmiah Manajemen, 128–152. DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v4i2.3781

Unduhan

Telah diserahkan

2025-06-13

diterima

2025-07-09

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

1.
Situmorang M, Mulyana M, Salsabila S. Pengaruh Rekam Medis Elektronik Terhadap Efektivitas Pelayanan Di Puskesmas Botania Batam. J Keskom [Internet]. 31 Juli 2025 [dikutip 27 Oktober 2025];11(2):376-80. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/2264

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.