Effect Of Service Quality On Hospital Image at Baiturrahmah Dental and Oral Hospital

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Baiturrahmah

Penulis

  • Dessy Angraini UNIVERSITAS MOHAMMAD NATSIR BUKITTINGGI
  • Resa Ferdina

DOI:

https://doi.org/10.25311/keskom.Vol4.Iss1.241

Kata Kunci:

service quality, hospital image, dental and mouth hospital

Abstrak

 

Rumah sakit sebagai salah satu jasa dalam dunia pemasaran menghadapi dinamika persaingan yang sangat ketat, hal ini mengharuskan manajemen rumah sakit untuk berbenah diri dan mengadakan efisiensi, sehingga rumah sakit dituntut untuk memberikan kualitas optimal atas kinerja yang diberikan kepada pasien karena pasien akan memberikan penilaian subjektif atau membentuk persepsi langsung terhadap citra perusahaan atau penyedia jasa yang bersangkutan. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap citra Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Baiturrahmah. Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 96 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling yang disesuaikan dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden rata-rata berusia antara 21-40 tahun sebanyak (42,7%) dengan latar belakang pendidikan responden mayoritas berpendidikan SMA (62,5%). Pekerjaan responden adalah ibu rumah tangga (IRT) sejumlah (41,7%). Dari 5 dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangibility, reliablity, responsiveness assurance, dan empaty, diketahui hanya responsiveness yang berpengaruh signifikan terhadap citra RSGM dengan nilai t-hitung 3,915. Namun, berdasarkan nilai r-square kualitas pelayanan mampu mempengaruhi citra 51%, sedangkan 49% lagi citra dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh responsiveness terhadap citra RSGM Baiturrahmah, namun tidak dengan tangibility, reliablity, assurance, empaty.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Telah diserahkan

2018-03-24

diterima

2018-08-07

Diterbitkan

2018-11-08

Cara Mengutip

1.
Angraini D, Ferdina R. Effect Of Service Quality On Hospital Image at Baiturrahmah Dental and Oral Hospital: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Baiturrahmah. J Keskom [Internet]. 8 November 2018 [dikutip 3 Juli 2024];4(1):16-21. Tersedia pada: https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/241