Sebuah PENGARUH KONSELING MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK PENGELOLAAN HIPERTENSI
Pengaruh Konseling Melalui Media Sosial Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Pengelolaan Hipertensi
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol5.Iss1.338Kata Kunci:
Hipertensi, Konseling Konvensional, Konseling sosial media, pengetahuan, praktek pengelolaanAbstrak
Penyakit hipertensi sebagai salah satu komorbiditas dari penyakit jantung, dinilai cukup tinggi di Indonesia. Upaya untuk mengelola hipertensi salah satunya dengan promosi kesehatan yang dilakukan tenaga kesehatan di puskesmas jarang sekali dilakukan karena petugas puskesmas lebih fokus ke tindakan kuratif sehingga minimnya upaya promotif dan preventif. Tujuan penelitian ini yaitu diketahuinya pengaruh konseling melalui media sosial terhadap pengetahuan dan praktik pengelolaan hipertensi. Penelitian dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain Quasy Eksperimen Non Randomized Control Group Pretest Postest. Sampel pada penelitian ini adalah 52 orang dengan teknik consecutive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu paired t test dan independent t test.
Hasil penelitian diperoleh yaitu lebih tinggi rata-rata variabel pengetahuan pada kelompok media sosial dibandingkan kelompok konvensional. Tidak ada perbedaan rata-rata yang bermakna praktik pengelolaan hipertensi skor pre maupun posttest pada kelompok konvensional dan kelompok media sosial. Penelitian ini merupakan alternatif dari pendidikan kesehatan dalam program promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengelola penyakit hipertensi secara mandiri salah satunya untuk mengontrol tekanan darah tinggi.
Unduhan
Referensi
Azhari, M. H. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Makrayu Kecamatan Ilir Barat II Palembang. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2).
Dewanti, S. W., Andrajati, R., & Supardi, S. (2017). Pengaruh Konseling Dan Leaflet Terhadap Efikasi Diri, Kepatuhan Minum Obat, Dan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Di Dua Puskesmas Kota Depok. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(1). Https://Doi.Org/10.22435/Jki.V5i1.4088.33-40
Dinas Kesehatan Indragiri Hulu. 2017. Data Penyakit Dinas Kesehatan Indragiri Hulu. Rengat : Dinkes Provinsi Inhu
Dinas Kesehatan Provinsi Riau. (2016). Profil Kesehatan Provinsi Riau. Pekanbaru : Dinkes Provinsi Riau
Faktor, S., Penyakit, R., & Nurhidayat, H. S. (2014). Perilaku Masyarakat Desa.
Haendra, F., Anggara, D., & Prayitno, N. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tekanan Darah Di Puskesmas Telaga Murni, Cikarang Barat Tahun 2012. Jurnal Ilmiah Kesehatan (Vol. 5).
Junaidi, Yulianti, & Rinata (2013). Hipertensi Kandas Berkat Herbal. Jakarta: Media.
Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar; Riskesdas. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.
Kurniasih, N., Supadmi, W., & Darmawan, E. (2015). Evaluasi Pengaruh Pemberian Konseling Dan Short Messages Service (Sms) Terhadap Kepatuhan Terapi Hipertensi Pasien Hemodialisis Di Rsud Banjar.
Montol, A. B., Pascoal, M. E., Pontoh, L., Manado, J., & Tomohon, D. K. (2015). FAKTOR Resiko Terjadinya Hipertensipada Usia Produktif Di Wilayah Kerja Puskesmas Lansot Kota Tomohon (Vol. 7).
Notoatmodjo, S. (2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Ed. Rev. Jakarta: Rineka Cipta.
Trisnani, -. (2018). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 3.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium