Pengaruh Pemberian Edukasi Melalui Whatsapp Dan Zoom Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Pengendalian Hipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Rejosari Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.25311/keskom.Vol8.Iss3.1275Kata Kunci:
Edukasi, Whatshapp, Zoom, Pengetahuan, Praktik, HipertensiAbstrak
Berdasarkan hasil wawancara kepada pasien hipertensi di Puskesmas Rejosari Kota Pekanbaru bahwa pengetahuan pasien tentang hipertensi dan perilaku pasien dalam praktik pengendalian hipertensi masih rendah. Maka perlu dilakukannya edukasi melalui whatshapp dan zoom pada masa covid 19 ini. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi melalui whatshapp dan zoom terhadap pengetahuan dan praktik pengendalian pada pasien hipertensi. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan metode kuantitatif dengan desain Quasy Experimen bentuk rancangan Pretest-Postest With Control Group. Sampel penelitian berjumlah 32 orang kelompok kontrol dan 32 orang kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 418. Teknik Sampling menggunakan consecutive sampling, untuk memperoleh data pada penelitian dilakukan dengan pengisian google form. Analisis data yang digunakan adalah Univariat, Bivariat dan Multivariat. Hasil penelitian terdapat pengaruh pemberian edukasi pada kelompok whatsapp dan kelompok zoom terhadap pengetahuan dan praktik pengendalian pasien hipertensi. Tetapi, edukasi whatsapp lebih dominan mempengaruhi pengetahuan dan praktik pengendalian hipertensi pada pasien hipertensi di Puskesmas Rejosari Kota Pekanbaru Tahun 2021 setelah dikontrol oleh variabel jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan umur.
Unduhan
Referensi
Kemenkes RI. Pusat Data Informasi. Jakarta; 2013.
World Health Organization. Hypertension [Internet]. Genewa; 2019. Available from: https://www.who.int/healthtopics/hypertension#
Riskesdas K. Laporan Provinsi Riau Riskesdas 2018. 2018. 540 p.
Arif M, Amalia E, Sesrianty V, Maidaliza M. Pemberian Intervensi Tekhnik Relaksasi Autogenik Pada Pasien Hipertensi Di Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. J Abdimas Kesehat Perintis [Internet]. 2019;1(1):35–9. Available from: https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/263
Kemenkes RI. Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di Puskesmas [Internet]. Vol. 1, Records Management Journal. 2019. 1–15 p. Available from: http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt
Angraini DI, Karyus A, Apriliana E, Sari MI, Saftarina F, Imantika E. Penerapan eKIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Elektronik) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Perawatan Diri Penderita Hipertensi Pada Masa Pandemik Covid-19. Semin Nas ADPI [Internet]. 2021;2(2):237–42. Available from: https://www.prosiding.adpi-indonesia.id/index.php/proceedings/article/download/113/92
Leonita E, Jalinus N. Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK J Inov Vokasional dan Teknol. 2018;18(2):25–34.
Aritonang J, Nugraeny L, Sumiatik, Siregar RN. Peningkatan Pemahaman Kesehatan pada Ibu hamil dalam Upaya Pencegahan COVID-19. J SOLMA. 2020;9(2):261–9.
Aninda YH, Agita TT, Nuha HD, Prameswara D. Upaya Peningkatan Pengetahuan Hipertensi melalui Media Booklet, Leaflet dan Seminar di Kelurahan Kunden. J Progr Stud Kesehat Masyarakat, Fak Ilmu Kesehatan, Univ Muhammadiyah Surakarta. 2019;86–99.
Fakhriyah F, Athiyya N, Jubaidah J, Fitriani L. Penyuluhan Hipertensi Melalui Whatsapp Group Sebagai Upaya Pengendalian Hipertensi. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2021;4(2):435.
Muthia F, Fitriangga A, R.S.A SNY. Perbedaan Efektifitas Penyuluhan Kesehatan menggunakan Metode Ceramah dan Media Audiovisual (Film) terhadap Pengetahuan Santri Madrasah Aliyah Pesantren Khulafaur Rasyidin tentang TB Paru T. J Cerebellum [Internet]. 2015;2(4):646–56. Available from: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jfk/article/viewFile/23546/18499
Sary AN. Pemberian Edukasi Tentang Hipertensi Dengan Media WhatsApp Blast Di Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. J Abdimas Saintika. 2021;3(1):113.
Utami RB, Chandra Sari US, Sopianingsih J. Efektifitas Penggunaan Media Melalui Whatsapp Dan Booklet Terhadap Sikap Ayah Asi Di Wilayah Kerja Puskesmas Tuan Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang. J Kebidanan Khatulistiwa. 2020;6(2):83.
Sabouhi F, Babaee S, Naji H, Zadeh AH. Knowledge, awareness, attitudes and practice about hypertension in hypertensive patients referring to public health care centers in Khoor & Biabanak. Iran J Nurs Midwifery Res [Internet]. 2011;16(1):34–40. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22039377%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC3203297
Tirtana A. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Hipertensi Pada Lansia Hipertensi di Rw 04 Tegal Rejo Kelurahan Tegal rejo. J iImu Keperawatan [Internet]. 2014;1(2):13. Available from: http://digilib.unisayogya.ac.id/987/1/.pdf
Irfan M, Mujiarahmah E, Iriyanti R, Fadillah NA. Edukasi Hipertensi Kepada Masyarakat Desa Pemurus Rt 002 Secara Daring Menggunakan Media Audio Visual. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2021;4(3):521.
Wawan A, Dewi. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2011.
Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rikena Cipta; 2014.
Rohmawati DL, Prawoto E. Pemberdayaan masyarakat peduli hipertensi sebagai upaya penurunan tekanan darah melalui terapi komplementer. J community Heal Dev. 2020;1(1):62–7.
Widorini DE, Surachmindari S, Triningsih RW. Pengaruh Edukasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Dalam Menghadapi Menopause Di Kelurahan Oro-Oro Dowo Kota Malang. J Ilmu Kesehat. 2017;6(1):14.
Perera V, Mead C, Buxner S, Lopatto D, Horodyskyj L, Semken S, et al. Students in fully online programs report more positive attitudes toward science than students in traditional, in-person programs. CBE Life Sci Educ. 2017;16(4):1–14.
Waloyaningrum FD. Gambaran Praktek Pengendalian Hipertensi Pada Lansia. Keperawatan FIKKES UNIMUS. 2020;1–2.
Sukmawaty MN. Pengaruh Edukasi Gaya Hidup Sehat Dengan Metode Daring Terhadap Pengetahuan Pencegahan Hipertensi Dini Pada Siswa Di Sma Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat. 2021;9(1):42–6.
Unduhan
Telah diserahkan
diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Kesehatan Komunitas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium